Sukses

4 Manfaat Oatmeal Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa lebih baik pilih oatmeal yang memberikan banyak keuntungan bagi tubuh. Oatmeal memiliki manfaat untuk lindungi tubuh dari penyakit jantung. Namun, tahukah Anda oatmeal juga memiliki berbagai manfaat lain bagi tubuh? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Health.com, Senin (17/11/2014):

2 dari 5 halaman

Manfaat 1

1. Mengecilkan pori-pori

Seorang dermatolog di New York, Amerika Serikat, Amy Wechsler, menyulap oatmeal menjadi sebuah masker. Bukan masker untuk menutup hidung dan mulut, melainkan masker untuk kesehatan wajah. Oatmeal ini dapat membantu membersihkan wajah dengan mengeluarkan kotoran dari pori-pori.

Cara membuat masker:

1. Campurkan 1/2 cangkir oatmeal, 1/2 cangkir air panas, dan 1/4 cangkir madu ke dalam mangkok.

2. Biarkan masker hingga dingin.

3. Setelah dingin, oleskan masker secara merata ke wajah.

4. Diamkan selama sekitar 10 menit hingga sedikit mengering.

5. Kemudian, bilas wajah sampai bersih.

3 dari 5 halaman

Manfaat 2

2. Membantu Program Diet

Ganti segala macam makanan berbahan jenis nasi, ketan, atau gandum dengan oatmeals baik untuk kudapan, pancake, roti, dan makanan pokok sehari-hari. Perut pun menjadi tidak mudah merasa lapar. Sebab, oatmeal memiliki kandungan serat 2 kali lebih banyak, tetapi memiliki kalori lebih sedikit.

4 dari 5 halaman

Manfaat 3

3. Lebih Berenergi

Pernahkah mencoba memakan oatmeal sebelum berolahraga? Percayalah bahwa oatmeal mampu membuat Anda merasa lebih berenergi. Penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa makanan yang mengandung oatmeal bisa meningkatkan daya tahan tubuh bila dimakan sekitar tiga jam sebelum olahraga. Oatmeal dapat memicu tubuh untuk membakar lemak di otot lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Manfaat 4

4. Membantu Mencegah Kanker

Memakan oatmeal sebagai menu sarapan bisa membantu mencegah kanker payudara. Sebuah studi yang diungkapkan dalam `International Journal of Epidemiology` menunjukkan bahwa wanita yang sedang masa sebelum menopause bisa mengurangi resiko kanker payudara sekitar 41 persen jika rajin mengkonsumsi oatmeal sebagai salah satu menu diet kaya serat.