Sukses

Kehilangan Indera Penciuman, Hidup Tinggal Sebentar Lagi

Sebuah penelitian di AS menerangkan bahwa ketidakmampuan menciuam suatu aroma menandakan lama hidup tinggal sebentar.

Liputan6.com, London Mereka yang kehilangan kemampuan untuk membaui aroma makanan atau bunga atau parfum, bisa jadi menderita penyakit yang serius. Pria dan wanita yang kehilangan kemampuan indera penciuman diperkirakan akan meninggal dalam rentang waktu sekitar lima tahun ke depan menurut sebuah studi baru-baru ini.

Peneliti dari University of Chicago menyatakan bahwa ketidakmampuan mencium aroma merupakan sebuah peringatan dini bahwa ada sesuatu yang salah dalam diri seseorang. Mereka percaya bahwa sebuah tes kecil tentang kemampuan penciuman bisa mengidentifikasi risiko kematian dini.

"Ini tidak secara langsung menyebabkan kematian, tapi pertanda atau peringatan dini bahwa ada sesuatu yang salah," terang dokter Pinto dari University of Chicago seperti dilansir Daily Mail pada Kamis (2/10/2014).

Salah satu kemungkinan mengapa ini bisa terjadi karena kesehatan saraf penciuman, yang membawa informasi tentang bau dari hidung ke otak menandakan kesehatan secara keseluruhann. Ketika kemampuan mencium sudah berkurang artinya ada masalah di salah satu bagian.

Namun, Anda tak perlu panik terlebih dahulu dengan hasil penelitian tersebut  karena masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan kebenarannya.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini