Sukses

Segera Cuci Pakaian Olahraga Usai Dipakai

Usai berolahraga segera cuci pakaian agar tak menimbulkan bau.

Liputan6.com, Jakarta Usai jogging, yoga, pilates, bersepeda dan aneka bentuk olahraga lain segera cuci celana dan pakaian yang tadi dikenakan. Menurut Journal of Applied and Environmental Microbiology, keringat berlebih yang menempel di pakaian jika dibiarkan lama menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri penyebab bau tak sedap bernama Micrococcus.

Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta 26 orang sehat yang memakai pakaian olahraga katun, sintetis, dan campuran katun sintetsi berlari selama satu jam. Sesudah itu, pakaian olahraga disimpan dalam kantong.

Setelah 28 jam, tujuh peserta diminta mencium baju yang disimpan tadi. Apa hasilnya? Pakaian yang berbahan sintetis lebih bau dibandingkan jenis bahan lain seperti katun dan campuran katun-sintetis. Setelah diteliti, kadar bakteri Micrococcus di dalam bahan sintetis ditemukan paling banyak seperti dilaporkan Good Housekeeping, Kamis (25/9/2014).

Memang tak disebutkan apa dampak pencucian pakaian olahraga yang telat terhadap kulit. Namun, tak ada salahnya juga kan usai berolahraga untuk segera mencuci pakaian. Pembakaran kalori dalam tubuh makin sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini