Sukses

Kenapa Wanita Lebih Rentan Derita Pikun?

Wanita lebih rentan derita alzheimer dibanding pria berusia 65 tahun ke atas.

Liputan6.com, Jakarta Wanita lebih rentan derita alzheimer dibanding pria berusia 65 tahun ke atas. Usia harapan hidup turut memengaruhi kenyataan ini sehingga wanita bisa hidup lebih lama dibanding pria. 

Penjelasan tersebut disampaikan Direktur Utama Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD, KGer dalam acara 'Demensia: Bisakah Kita Mengurangi Risikonya?' di Erasmus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda, Jl. H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (10/9/2014)

"Usia harapan hidup wanita lebih tinggi dibandingkan pria. Karena sejumlah faktor seperti merokok dan gaya hidup tidak sehat, lebih sering dilakukan oleh pria," kata Dr. Heriawan.

Karena wanita lebih lama hidupnya, lanjut dia, berisiko 4 kali lebih besar percepatan terjadinya Alzheimer.

Tidak hanya itu, hormon pun turut memengaruhi seorang wanita berisiko alami Alzheimer. "Ketika wanita memasuki usia menopause, hormon estrogen yang dimilikinya menurun drastis," kata dia.

Sehingga, perlindungan terhadap pembuluh darah khususnya di otak menurun. Tidak heran bila pada akhirnya membuat kaum hawa lebih berisiko mengalami suatu kondisi yang belum ditemukan obatnya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini