Sukses

Tak Hanya Flu, Stres pun Dapat Menular

Stres dapat terjadi pada diri kita karena menular dari orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa stres dapat menular seperti halnya flu? Tim Psikolog dari Saint Louis University mengklaim, stres dapat terjadi pada diri kita karena menular dari orang lain. Dalam studi tersebut, para peneliti menunjukkan bahwa ada beberapa situasi mengapa stres dapat menular.

Untuk menguji teori ini, para peneliti mengambil sekelompok peserta dan meminta beberapa orang untuk melakukan percakapan di depan umum atau memberikan tantangan aritmatika mental, sementara yang lain mengamatinya.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (2/7/2014) para peneliti mengukur kadar kortisol dan enzim saliva yang berhubungan dengan stres. Para peneliti menemukan bahwa respons stres pada saksi mata sebanding dengan perwakilan yang berbicara, baik berpasangan  dan tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin.

Profesor dari Departemen Psikologi di Saint Louis Unversity, Tony Buchanan, mengatakan, stres dapat ditularkan melalui hal-hal seperti nada suara, ekspresi wajah, postur tubuh, dan bahkan bau.

"Anda dapat memperoleh respons tersebut hanya dengan duduk dan menonton orang lain yang sedang berada di bawah tekanan psikis," kata dia menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini