Sukses

Umur Berapa Orang Resmi Disebut Tua?

Umur berapakah orang dibilang sudah tua? Sebuah penelitian sebelumnya mengungkapkan usia 68 yang bisa dibilang tua. Namun itu sudah bergeser

Liputan6.com, New York Umur berapakah orang dibilang sudah tua? Sebuah penelitian sebelumnya mengungkapkan usia 68 yang bisa dibilang tua. Tapi, sebuah penelitian baru memberikan jawaban yang berbeda. Orang belum dibilang tua hingga usia 80 tahun.

Penelitian ini ditugaskan situs perbandingan PayingTooMuch dengan menanyakan 2.000 orang Inggris yang usianya lebih dari 40 tahun umur berapa yang dianggap tua. Rata-rata responden menjawab 80 tahun.

Mereka yang berada di balik penelitian mengatakan perubahan sikap ini karena pensiun tertunda, gaya hidup yang lebih aktif, dan masih bekerja dengan sukses.  Contohnya saja sejumlah selebriti yang masih sangat aktif dan menjadi sorotan ketika usianya 80 tahun seperti Regis Philbin , Angela Lansbury dan Cloris Leachman.

"Ada saat ketika Anda dianggap tua segera setelah Anda pensiun, tapi usia tua sekarang mundur karena menjalani hidup lebih sehat dan lebih aktif hingga 70-an," kata Juru Bicara PayingTooMuch.com seperti dikutip dari HuffingtonPost, Kamis (22/5/20014).

Menurutnya, orang pensiunan saat ini tak lagi menghabiskan hari-harinya dengan duduk di kursi sambil merajut atau menonton film hitam putih.

"Bagi kebanyakan orang, pensiun menjadi awal dari bab baru dan pensiunan jalan-jalan keliling dunia, memiliki hobi baru dan dalam beberapa kasus lebih aktif dan menarik dibanding yang masih muda," katanya.

Survei baru juga menemukan bahwa satu dari lima orang Inggris meyakini bahwa orang bisa sampai 90 tahun sebelum mereka berpikir tua. Sebanyak 93 persen mangatakan `Anda hanya setua seperti yang Anda rasakan`.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.