Sukses

Segera Imunisasi Bayi Anda dengan Vaksin Malaria!

Kemenkes menghimbau para orangtua untuk memberikan imunisasi secara rutin kepada bayi dan balita untuk mencegah penyakit malaria.

Liputan6.com, Jakarta Demi memeringati Hari Malaria yang jatuh 25 April 2014, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar Pekan Imunisasi mulai hari ini sampai dengan 30 April 2014.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya Kemenkes melindungi bayi dan balita dari penularan malaria. "Ini untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi dan balita akibat malaria dan penyakit lain yang dapat dicegah dengan imunisasi. Serta mendorong peningkatan cakupan imunisasi rutin," kata Direktur Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof. Tjandra Yoga Aditama, ditulis Rabu (23/4/2014).

Prof Tjandra mengimbau masyarakat menggunakan kelambu saat tidur untuk menghindari gigitan nyamuk penular malaria. "Selain imunisasi, tidur dengan kelambu masih menjadi upaya efektif untuk mencegah penularan malaria akibat gigitan nyamuk malaria," kata Prof. Tjandra.

Selain pekan imunisasi, dalam rangka memperingati hari malaria Kemenkes akan mengadakan acara di tanggal 26 April 2014. Acara yang bertema bebas malaria, prestasi bangsa ini akan bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia.

"Untuk acara puncak ada penyerahan sertifikasi eliminasi malaria oleh Menkes kepada 212 perwakilan kabupaten atau kota di Indonesia. Seminar malaria juga akan dilaksanakan pada 26 April di Jakarta yang bekerja sama dengan PB IDI," kata Prof Tjandra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini