Sukses

Tubuh Bocah 5 Tahun `Menyimpan` Merkuri Kadar Tinggi

Seorang bocah berusia lima tahun di barat daya China berada dalam kondisi kritis. Di tubuh bocah tersebut ditemukan merkuri yang berbahaya.

Liputan6.com, Beijing Seorang bocah berusia lima tahun di barat daya China berada dalam kondisi kritis. Di tubuh bocah tersebut ditemukan merkuri yang berbahaya.

Diagnosa rumah sakit menunjukkan, tingkat merkuri dalam darah bocah yang tak disebutkan identitasnya itu lebih dari 200 kali dibanding biasanya. Dan dalam urinennya terdapat lebihd ari 10 ribu kali daripada biasanya.

Menurut ayahnya, apabila merkuri tersebut tak segera disedot dari tubuh bocah tersebut maka sistem saraf pusatnya bisa rusak seperti dilapotkan Yunnan Information Daily, Selasa (1/4/2014).

Pada setengah tahun yang lalu, sang ayah menemukan jejak merkuri di dalam kotorannya.

"Kami pergi ke rumah sakit. Dari tes X-ray menunjukkan bahwa ada banyak merkuri dalam tubuhnya, kebanyakan di saluran pencernaan. Anak saya mengatakan kepada kami bahwa ia diberi makan oleh anak-anak lain di TK," kata ayah yang memberikan nama keluarganya, Yu.

Kondisi yang dialami bocah tersebut membuat tim dokte rharus memeras keluar merkuri dari pinggulnya.

Pada awal 2014, anak laki-laki di Kunming, Provinsi Yunnan, barat daya China, mengalami demam tinggi selama seminggu. Setelah dikonfirmasi, ada merkuri di bawah kulitnya yang membuat bokongnya menggembung sehingga harus segera dikeluarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.