Sukses

Paus Fransiskus: Aborsi Sangat Mengerikan

Menurut Paus, orang tak hanya membuang makanan dan barang-barang yang masih digunakan. Tapi juga manusia.

Setelah mengecam para koruptor, Paus Fransiskus kembali mengeluarkan kecaman. Kali ini untuk praktik aborsi atau pengguguran janin dalam kandungan.

Paus menyebut, aborsi adalah tindakan "mengerikan" yang menyepelekan nilai kemanusiaan. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam pidato "State of the World". Di depan para diplomat untuk Vatikan.

"Ini sangat mengerikan, bahkan untuk membayangkannya sekalipun, bahwa ada anak-anak korban aborsi yang tak akan pernah melihat cahaya," kata Paus, seperti dimuat BBC, Selasa (14/1/2014).

"Dan sayangnya, apa yang kini dibuang sia-sia oleh orang bukan hanya makanan dan benda-benda yang seharusnya bisa digunakan kembali. Tapi juga manusia, yang dianggap tak perlu ada."

Beberapa bulan yang lalu Paus Fransiskus mengakui ia tak banyak bicara soal isu-isu seperti aborsi dan kontrasepsi. Mantan Kardinal Argentina itu menjelaskan ia merasa tidak perlu untuk berbicara tentang pertanyaan-pertanyaan kontroversial "sepanjang waktu".

Masih terkait aborsi, Paus pernah menelepon perempuan yang hamil di luar nikah. Perempuan itu bernama Anna Romano, yang mengirim surat pada Paus menceritakan soal kisahnya hamil di luar nikah tapi memutuskan untuk tidak mengaborsi bayinya.

Sebelumnya, Paus Fransiskus menyampaikan khotbah berapi-api melawan korupsi. Ia bahkan mengutip ayat Injil yang menyebutkan Yesus menyampaikan bahwa sejumlah pendosa pantas diikat ke batu dan dilemparkan ke laut.

Menurutnya, umat Kristiani yang menjalani 'kehidupan ganda', menyumbang uang ke gereja dari hasil mencuri uang rakyat adalah pendosa yang harus dihukum.

"Yesus berkata: Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut," kata Paus mengutip Injil Lukas dalam Perjanjian Baru. (Ein/Sss)

Baca juga:

Paus Fransiskus Menelepon Perempuan yang Hamil di Luar Nikah
Paus Fransiskus: Koruptor Pantas Diikat Batu dan Dilempar ke Laut
Perangi Korupsi, Paus Fransiskus Terancam Dibunuh Mafia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.