Sukses

Kapal `Muntahkan` Imigran ke Laut, 30 Tewas 110 Selamat

Akibat kapal berlayar kelebihan muatan, 30 imigran Haiti meregang nyawa karena tercebur ke laut.

Akibat kapal berlayar kelebihan muatan, 30 imigran Haiti meregang nyawa karena tercebur ke laut pada Selasa 26 November. Sementara puluhan lainnya berhasil diselamatkan.

"Kapal mereka berlayar kelebihan beban dan terbalik di Staniel Cay, Bahama," ujar juru bicara Penjaga Pantai AS Mark Barney seperti dilansir CNN yang dimuat Liputan6.com, Rabu (27/11/2013).  

Menurut keterangan dari pihak berwenang, dari foto dan video yang dirilis oleh pihak penjaga pantai menunjukkan banyak orang berdesakan di perahu yang masih berada di atas air. Yang lainnya berpegangan di setiap sisi di atas Samudra Atlantik.

"Sekitar 110 orang berhasil diselamatkan," tutur Mark.

"Kapal seluas 12 meter itu berlayar pada Senin malam sekitar 15 mil laut barat daya dari Staniel Cay. Menumpahkan penghuninya ke laut," tambah Mark.

Angkatan Pertahanan Kerajaan Bahamas saat ini telah bekerja dengan penjaga pantai Amerika Serikat untuk menyelamatkan para korban. Sedangkan awak pesawat dari penjaga pantai mengirimkan makanan, persediaan rakit untuk penumpang perahu ketika mengangkat 13 korban dari air ke perahu.

Pada Selasa pagi waktu setempat, lanjut Mark, semua korban telah dibawa ke Bahama untuk perawatan medis.

"Perahu mungkin akan ditarik ke Bahama," tukas Mark. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.