Sukses

Rangkaian Kereta 13 Gerbong Celaka di Spanyol, 20 Orang Tewas

Kereta mengangkut lebih dari 200 penumpang, dengan rute Madrid menuju kota Ferrol di barat laut Spanyol.

Sebuah kecelakaan kereta api maut terjadi di barat laut Spanyol. Setidaknya 20 orang tewas, puluhan lainnya terluka. Demikian ujar pembantu senior perdana menteri kepada CNN, Kamis (25/7/2013).

Sementara penyelidik masih mencari tahu apa penyebab kecelakaan itu tersebut. "Berdasarkan penilaian awal, belum ditemukan dugaan yang mengarah pada aksi terorisme."

Gambar di lokasi kejadian menunjukkan, setidaknya satu gerbong kereta terbelah jadi dua, satu lainnya dalam kondisi terbakar. Hingga berita ini diturunkan, asap masih mengepul dari gerbong yang terbakar. Keseluruhan 13 gerbong dalam rangkaian kereta keluar dari rel.

Juru bicara perusahaan kereta api negara, Renfe mengatakan, kereta celaka di kelokan dekat Kota Santiago de Compostela.

Masih menurut juru bicara, kereta api cepat itu mengangkut lebih dari 200 penumpang, dengan rute Madrid  menuju kota Ferrol di barat laut Spanyol.

Saksi mata, Alen Perez (16), mengaku sedang berjalan di dekat perlintasan kereta api dan menyaksikan para penumpang saling membantu menyelamatkan diri, dibantu para saksi yang melintas.

Kendaraan operasional gawat darurat langsung didatangkan ke lokasi kejadian. Sejumlah jasad penumpang, juga sekitar 50 korban luka bergelimpangan di tanah.

Ini adalah kecelakaan kereta api terparah di Spanyol dalam 4 dekade terakhir. BBC mengabarkan jumlah korban jiwa bahkan telah mencapai angka 35 orang. Perdana Menteri Mariano Rajoy dilaporkan akan meninjau lokasi Kamis ini. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini