Sukses

Pistol Napoleon Bonaparte Dilelang Seharga Rp29,7 Miliar

Memorabilia Napoleon Bonaparte sangat dicari oleh para kolektor, termasuk topinya yang laku terjual miliaran rupiah pada akhir tahun lalu.

Liputan6.com, Paris - Dua pistol milik Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte, yang pernah dia gunakan untuk bunuh diri, telah dijual di lelang dengan harga 1,69 juta euro atau sekitar Rp29,7 miliar.

Senjata tersebut, yang dibuat oleh seniman senjata Paris Louis-Marin Gosset, awalnya diharapkan dapat terjual dengan harga 1,2 hingga 1,5 juta euro. Pistol tersebut dijual di rumah lelang Osenat pada Minggu lalu, berdekatan dengan Istana Fontainebleau di mana Napoleon mencoba bunuh diri setelah pengunduran dirinya pada tahun 1814.

Dilansir BBC, Senin (8/7/2024), penjualan senjata ini dilakukan setelah Kementerian Budaya Prancis baru-baru ini mengklasifikasikannya sebagai harta nasional dan melarang ekspor.

Hal ini berarti pemerintah Prancis sekarang memiliki 30 bulan untuk membuat penawaran pembelian kepada pemilik baru, yang belum disebutkan namanya. Selain itu, senjata tersebut hanya dapat meninggalkan Prancis secara sementara.

Senjata tersebut dilengkapi dengan emas dan perak, serta memiliki gambar profil Napoleon sendiri yang dicat.

Napoleon dikatakan ingin menggunakan senjata tersebut untuk bunuh diri pada malam 12 April 1814 setelah kemenangan pasukannya oleh pasukan asing, yang artinya dia harus menyerahkan kekuasaan.

Namun, pengawal besarnya Armand de Caulaincourt mengeluarkan bubuk dari senjatanya dan Napoleon malah meminum racun tetapi selamat. Dia kemudian memberikan pistol itu kepada Caulaincourt, yang kemudian mewariskannya kepada keturunannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koleksi Lain yang Dijual

Selain senjata, barang milik Napoleon yang juga dilelang adalah kotak asli pistol dan berbagai aksesoris termasuk tanduk bubuk dan berbagai batang tamping bubuk.

Juru lelang Jean-Pierre Osenat mengatakan bahwa "gambar Napoleon ketika berada di titik terendahnya" turut dijual bersama benda-benda tersebut.

3 dari 3 halaman

Topi Militer Napoleon Bonaparte Terjual di Pelelangan Seharga Rp30,8 Miliar

Salah satu topi hitam Napoleon Bonaparte yang ikonis terjual lebih dari 2 juta dolar AS atau setara Rp30,8 miliar dalam lelang di Prancis, Minggu, 19 November 2023. Penjualan ini memecahkan rekor topi militer dua sudut yang menjadi ciri khas Napoleon.

Dikutip kanal Lifestyle Liputan6.com, Kaisar Prancis itu disebutkan memiliki sekitar 120 versi topi baja bicorn. Menurut rumah lelang Osenat di Fontainebleau yang menjual topi tersebut, hanya tersisa sekitar 16 topi, dan sebagian besar kini disimpan di museum karena signifikansi historisnya.

Topi itu merupakan bagian dari koleksi milik industrialis Prancis Jean Louis Noisiez. Topi terbuat dari kain berang-berang hitam dan dihiasi dengan simpul pita tiga warna, atau roset militer.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.