Sukses

Bank Dunia Prediksi 10 Juta Orang di Pakistan Berisiko Jatuh ke dalam Jurang Kemiskinan

Lantaran pertumbuhan ekonomi yang lamban, Bank Dunia memprediksi 10 juta orang di Pakistan bisa terjebak ke dalam jurang kemiskinan.

Liputan6.com, Islamabad - Bank Dunia atau World Bank melaporkan gambaran ekonomi Pakistan yang diprediksi suram. Hal ini terdapat dalam laporan dua tahunannya.

Bank Dunia juga memperingatkan bahwa lebih dari 10 juta orang berisiko jatuh ke dalam kemiskinan, dikutip dari laman wionews.com, Senin (8/4/2024).

Kekhawatiran Bank Dunia berasal dari tingkat pertumbuhan ekonomi yang lamban sebesar 1,8 persen, ditambah dengan melonjaknya inflasi.

Laporan Outlook Pembangunan Pakistan yang diterbitkan dua kali setahun oleh Bank Dunia memberikan gambaran ekonomi yang suram, menunjukkan bahwa negara tersebut akan kehilangan hampir semua target makroekonomi utama.

Pemberi pinjaman internasional tersebut juga mengatakan bahwa Pakistan diperkirakan akan gagal mencapai target anggaran utamanya dan tetap mengalami defisit selama tiga tahun berturut-turut.

Sayed Murtaza Muzaffari yang menulis laporan utama tersebut mengatakan, meskipun pemulihan ekonomi masih baru, upaya pengentasan kemiskinan masih belum memadai.

Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan stagnan pada angka 1,8 persen dan tingkat kemiskinan tetap berada pada kisaran 40 persen, dengan sekitar 98 juta warga Pakistan sudah berjuang melawan kemiskinan, menurut laporan Bank Dunia.

Upah pekerja harian hanya meningkat lima persen secara nominal selama kuartal pertama tahun fiskal ini ketika inflasi berada di atas 30 persen.

Krisis biaya hidup yang berkepanjangan, ditambah dengan meningkatnya biaya transportasi, berpotensi menyebabkan peningkatan jumlah anak-anak putus sekolah dan tertundanya perawatan medis, terutama bagi keluarga-keluarga yang berada dalam kondisi tidak mampu, demikian peringatan Bank Dunia.

Pada saat yang sama, ia menambahkan bahwa ketahanan pangan masih menjadi kekhawatiran di beberapa wilayah negara ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rendahnya Pendapatan Warga

Di antara 43 distrik pedesaan di Khyber Pakhtunkhwa, Sindh, dan Balochistan, prevalensi kerawanan pangan akut juga diproyeksikan meningkat dari 29 persen menjadi 32 persen pada kuartal ketiga tahun fiskal ini.

“Pengentasan kemiskinan diperkirakan akan terhenti dalam jangka menengah karena lemahnya pertumbuhan, rendahnya pendapatan riil tenaga kerja, dan tingginya inflasi yang terus-menerus,” kata Bank Dunia.

Inflasi kronis tanpa adanya pertumbuhan substansial, serta ketidakpastian kebijakan, dapat menyebabkan ketidakpuasan sosial dan berdampak negatif terhadap kesejahteraan, demikian peringatan Bank Dunia.

Bank Dunia yang berbasis di Washington ini mengatakan bahwa pertumbuhan diperkirakan akan tetap berada di bawah potensi seiring dengan meningkatnya kerentanan sosial dan terbatasnya pengentasan kemiskinan dalam jangka menengah.

“Risiko sektor keuangan, ketidakpastian kebijakan, dan tantangan eksternal yang lebih kuat menimbulkan risiko yang signifikan terhadap prospek perekonomian,” tambahnya.

Defisit transaksi berjalan Pakistan menyempit menjadi 0,8 miliar dolar AS pada paruh pertama tahun fiskal berjalan dari 3,6 miliar dolar AS pada paruh pertama tahun fiskal lalu, hal ini disebabkan oleh pengendalian impor, penurunan permintaan dalam negeri, dan penurunan harga komoditas global, kata laporan tersebut.

3 dari 3 halaman

Penurunan Uang Resmi

Sementara itu, pengiriman uang resmi turun sebesar 6,8 persen tahun-ke-tahun pada paruh pertama tahun fiskal berjalan karena kekakuan nilai tukar pada awal tahun.

“Inflasi diproyeksikan akan tetap tinggi sebesar 26 persen pada tahun fiskal 2024 karena harga energi dalam negeri yang lebih tinggi, dan tidak adanya dukungan bagi rumah tangga miskin dan rentan yang memiliki tabungan terbatas dan pendapatan riil lebih rendah,” katanya.

Perekonomian Pakistan diperkirakan hanya tumbuh sebesar 1,8 persen pada tahun fiskal berjalan yang berakhir Juni 2024, padahal target resminya adalah 3,5 persen, kata Bank Dunia.

Untuk tahun fiskal berikutnya, Bank Dunia juga hanya memproyeksikan tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 2,3 persen, yang bahkan lebih rendah dibandingkan pertumbuhan penduduk rata-rata sebesar 2,6 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.