Sukses

Nekat Liburan 10 Hari dan Tinggalkan Balita di Rumah Sendirian hingga Meninggal, Ibu di AS Dipenjara Seumur Hidup

Seorang ibu di Ohio, AS menyebabkan anak perempuannya yang berusia 16 bulan meninggal setelah ditinggalkan sendirian di dalam area bermain di rumah selama 10 hari pada musim panas lalu. Alasannya pergi berlibur.

Liputan6.com, Ohio - Seorang ibu di Ohio, AS menyebabkan anak perempuannya yang berusia 16 bulan meninggal setelah ditinggalkan sendirian di dalam area bermain di rumah selama 10 hari pada musim panas lalu. Alasannya pergi berlibur.

Ia akhirnya dihukum seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat pada hari Senin, (18/3/2024). 

Kristel Candelario, 32 tahun, telah mengaku bersalah bulan Februari lalu atas pembunuhan berencana dan mengancam nyawa anak sebagai bagian dari kesepakatan dengan jaksa Cuyahoga County, yang menolak dua tuduhan pembunuhan dan satu tuduhan serangan berbahaya, mengutip dari apnews.com, Rabu (20/3/2024).

Pihak berwenang telah menyatakan bahwas Kristel Candelario meninggalkan putrinya, Jailyn, di rumah mereka di Cleveland ketika dia pergi berlibur ke Detroit dan Puerto Rico pada bulan Juni 2023. 

Ketika ia kembali 10 hari kemudian, dia menemukan bahwa anak perempuannya sudah tidak bernapas di dalam tempat main dan ia langsung menelepon 911

Penolong darurat menemukan bahwa Jaily 'sangat dehidrasi' dan menyatakan ia meninggal beberapa saat setelah petugas tiba. 

Autopsi akhirnya dilakukan oleh kantor pemeriksa media Cuyahoga County dan menemukan bahwa balita tersebut meninggal karena kelaparan dan dehidrasi parah. 

Hakim Pengadilan County Common Pleas, Brendan Sheehan mengatakan kepada Kristel Candelario bahwa dia melakukan 'pengkhianatan paling besar' dengan meninggalkan putrinya sendirian tanpa makanan.

"Sama seperti kamu tidak membiarkan Jailyn keluar dari tempatnya, begitu juga kamu seharusnya menghabiskan sisa hidupmu di dalam sel tanpa kebebasan," kata Breedan Sheehan.

"Satu-satunya perbedaan adalah, penjara setidaknya akan memberimu makanan dan cairan yang kamu tolak dari dia."

Kristel yang telah berjuang dengan depresi dan masalah terkait kesehatan mental mengatakan bahwa ia telah berdoa setiap hari untuk mendapatkan pengampunan.

"Ada begitu banyak rasa sakit yang saya miliki terkait dengan kehilangan bayi saya, Jailyn," katanya. "Saya sangat terluka dengan segala sesuatu yang terjadi."

"Saya tidak mencoba membenarkan tindakan saya, tetapi tidak ada yang tahu seberapa banyak saya menderita dan apa yang saya alami ... Tuhan dan putri saya telah mengampuni saya."   

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi dan Proses Investigasi

Sementara itu, mengutip dari people.com, Kristel Candelario diketahui meninggalkan putrinya yang berusia 16 bulan tanpa pengawasan di rumahnya di Cleveland dari tanggal 6 Juni hingga 16 Juni 2023.

Ketika dia kembali ke rumah sekitar pukul 8:00 pagi, dia menemukan putrinya tidak merespons dan segera menelepon polisi, yang kemudian menyatakan balita tersebut meninggal di tempat kejadian. Jailyn ditemukan di dalam area bermain Pack-N-Play di atas alas yang kotor oleh urin dan kotoran serta selimut yang kotor.

"Balita tersebut meninggal karena kelaparan dan dehidrasi parah akibat kelalaian medis anak," kata Dr. Elizabeth Mooney, wakil pemeriksa medis Cuyahoga County, dalam sidang Senin, (18/3/2024).

Menurut Dr. Elozabeth Mooney, anak berusia 16 bulan itu sangat kurus, "beratnya 13 pon atau sekitar 5 kg, 7 pon atau 3 kg lebih ringan dari kunjungan dokter terakhirnya kurang dari dua bulan sebelumnya."

Setelah penyelidikan, diketahui bahwa Kristel Candelario pergi berlibur ke Detroit dan Puerto Rico, sementara dia meninggalkan balitanya di rumah.

Dia ditangkap pada tanggal 17 Juni dan diadili atas tuduhan pembunuhan dan kejahatan terkait lainnya.

Jaksa Cuyahoga County, Michael C. O'Malley, mengatakan tentang vonis Candelario, "Hari ini, kita mengenang Jailyn — seorang bayi perempuan yang cantik yang diambil dari dunia ini karena keserakahan tak terbayangkan ibunya. Pikiran untuk pergi berlibur selama 10 hari dan meninggalkan anak Anda mati kelaparan di dalam Pack-N-Play-nya adalah tingkat kepedulian orangtua yang baru."

3 dari 4 halaman

Pembelaan

Pengacara Kristel Candelario, Derek Smith, mengatakan bahwa tidak ada yang mencoba memaafkan perilakunya tetapi bahwa Candelario sedang berjuang secara emosional dan merasa terlalu terbebani sebagai seorang ibu tunggal dari dua anak, demikian mengutip dari nbcnews.com. 

Kristel Candelario telah mencoba melukai dirinya sendiri sebelumnya pada tahun 2023 dan dia telah diberi obat antidepresan, yang tidak dia lanjutkan penggunaannya tanpa meredakan dosisnya seperti yang diperlukan, yang dapat menyebabkan efek samping, kata Derek Smith kepada pengadilan. Kristel Candelario "tidak berpikir dengan jelas," katanya.

"Saya tidak mencoba membenarkan tindakan saya, tetapi tidak ada yang tahu seberapa banyak saya menderita dan apa yang saya alami," kata Kristel Candelario melalui seorang penerjemah.

Asisten Jaksa Cuyahoga County, Anna Faraglia, mengatakan kepada pengadilan pada hari Senin (18/3/2024) bahwa Candelario meninggalkan Jailyn sendirian selama dua hari tepat sebelum dia pergi berlibur.

"Pikiran tentang anak ini mati setiap hari saat dia bersenang-senang — kemanusiaan tidak bisa menerima itu," kata Anna Faraglia.

"Dan itulah tindakan yang perlu dihukum. Dia meninggalkan putrinya dan meninggalkannya untuk mati," tambahnya. 

Dalam menjatuhkan hukuman terhadap Candelario, Hakim Pengadilan County Common Pleas Cuyahoga, Brendan Sheehan, mencatat bahwa polisi dan para profesional medis yang terlibat menyebutnya hal ini sebagai salah satu kasus paling mengerikan yang pernah mereka lihat.

"Ia mengejutkan orang di seluruh dunia ini, karena itu menentang salah satu tanggung jawab dasar manusia," kata Sheehan. Dia menyebutnya sebagai "tindakan pengkhianatan paling utama."   

4 dari 4 halaman

Kasus Ibu bunuh Anak di Indonesia

Kejadian ibu 'membunuh' anak ini juga terjadi di Indonesia. 

Polisi mengungkap kasus meninggalnya seorang anak laki-aki berusia 5 tahun yang diduga dibunuh ibu kandungnya sendiri, Selasa (10/5/2022). Pembunuhan itu dilakukan di sebuah kamar hotel di Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, Rabu (11/5/2022) mengatakan, korban berinisial KA diduga tewas setelah dibekap oleh ibu kandungnya RS (34), yang merupakan warga Banyumanik.

Dari pemeriksaan awal, kata Irwan, pelaku diduga memiliki masalah dalam keluarganya yang berkaitan dengan keuangan.

"Pelaku diduga menggunakan uang tabungan tanpa seizin suaminya, hingga akhirnya pergi dari rumah bersama korban," katanya.

Irwan menjelaskan saat berada di hotel, pelaku RS berencana untuk mengakhiri hidup bersama anaknya. Pelaku diduga membekap mulut dan hidung korban hingga meninggal dunia. Namun, upaya bunuh diri pelaku gagal dilakukan dengan menggunakan air sabun dan menjerat leher dengan handuk.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Kasus ibu bunuh anak kandung berinisial KA tersebut terungkap saat petugas hotel memeriksa kamar tempat pelaku menginap. Petugas ingin mengonfirmasi apakah penghuni kamar tersebut akan keluar atau memperpanjang masa tinggal di kamar tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.