Sukses

Ternyata Ada 5 Bintang Lebih Terang dari Matahari Saat Ini

Berikut bintang yang lebih terang dari matahari di alam semesta hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Matahari merupakan pusat tata surya Bima Sakti dan sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi. Matahari merupakan bintang besar yang terdiri dari gas yang memancarkan cahaya dari energi internalnya.

Menurut laman Ensiklopedia Britannica yang dikutip pada Selasa (05/03/2024), ada puluhan miliar triliun bintang penyusun alam semesta yang teramati, namun hanya sebagian kecil yang terlihat dengan mata telanjang.

Sejumlah bintang diketahui memancarkan cahaya sangat terang di rasi atau pola langit masing-masing. Jaraknya dari Bumi juga bervariasi, ada yang 97 tahun cahaya hingga 640 tahun cahaya dari Bumi.

Dikutip dari laman Astronomy Picture of the Day NASA, Selasa (05/03/2024), berikut bintang lebih terang dari matahari di alam semesta hingga saat ini.

1. Sirius

Sirius adalah bintang paling terang di alam semesta. Bintang sirius dikenal juga dengan nama Alfa Canis Major, hal tersebut dikarenakan Sirius berada dalam rasi bintang Canis Major.

Bintang yang dijuluki Dog Star ini berwarna putih kebiruan. Sirius juga sering disebut bintang pelangi karena sering berkedip di malam hari.

Sirius 20 kali lebih terang daripada matahari dengan ukuran yang juga dua kali lebih besar dari matahari. Namun, Sirius berjarak sekitar 8,7 tahun cahaya dari bumi, sehingga, tidak terlihat lebih terang daripada matahari dari bumi.

Namun, Sirius tetap bintang paling terang di langit malam. Sirius sebenarnya adalah sistem bintang kembar berupa Sirius A dan Sirius B.

Sirius A inilah yang merupakan bintang paling terang, sedangkan Sirius B sekitar 10.000 kali lebih redup daripada Sirius A.

2. Canopus

Nama bintang paling terang kedua di alam semesta adalah Canopus. Canopus dikenal juga dengan nama Alfa Cariane karena merupakan bintang paling terang dalam rasi bintang Carina.

Canopus berjarak sekitar 313 tahun dari bumi dan memiliki massa yang hampir sama dengan massa matahari. Canopus adalah bintang raksasa kuning-putih yang memiliki diameter sekitar 71 kali diameter matahari.

Suhu permukaan Canopus sekitar 7.350 Kelvin, menjadikannya bintang yang sangat panas. Canopus diperkirakan berusia sekitar 100 juta tahun.

Canopus memiliki luminositas sekitar 150.000 kali luminositas Matahari. Kecerlangan visualnya -0,74 dan termasuk ke dalam kelas spektrum A9II.

Canopus digunakan sebagai panduan dalam kontrol pesawat ruang angkasa karena jarak sudutnya dari matahari. Bintang ini juga tampk kontras kecerahannya di antara benda langit terdekat.

Canopus adalah bintang terang yang paling mudah terlihat di belahan bumi selatan. Ia kini juga sedang berada dalam masa pengembangan atau evolusi menjadi bintang raksasa merah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rigel Kentaurus

3. Rigel Kentaurus

Nama Bintang paling terang ketiga di alam semesta adah Rigel Kentaurus atau yang lebih dikenal sebagai Alfa Centauri. Alfa Centauri berjarak sekitar 4,3 tahun cahaya dari bumi dan berada dalam rasi bintang Centaurus selatan.

Rigel Kentaurus adalah bintang paling terang di rasi Sentaurus. Meskipun tampak seperti satu titik, bintang ini sebenarnya adalah sistem tiga bintang.

Rigel Kentaurus adalah bintang kekuningan, sedikit lebih masif dari Matahari dan sekitar 1,5 kali lebih terang. Rigel Kentaurus juga dikenal sebagai Rigil Kent atau hanya Rigil.

Nama tersebut memiliki asal usul yang sama dengan Rigel, nama raksasa super. Pada 2023, lima planet telah dideteksi dalam sistem Alpha Centauri.

Tiga planet ditemukan di Proxima Centauri dan dua lainnya mengorbit di Alpha Centauri B.

 

3 dari 4 halaman

Arcturus

4. Arcturus

Arcturus adalag bintang paling terang keempat di alam semesta. Arcturus berada dalam rasi bintang Bootes dan berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari bumi.

Arcturus adalah bintang raksasa merah yang berevolusi dan menua. Ukurannya 25 kali lebih besar dari matahari kita dan 110 kali lebih terang daripada Matahari.

Bintang ini berusia sekitar 7,1 milyar tahun dan bergerak sekitar 122 kilometer per detik mendekati tata surya kita. Arcturus terletak cukup jauh di utara kubah langit.

Bagi para astronom, bintang ini terlihat pada beberapa bagian malam hampir sepanjang tahun.

 

4 dari 4 halaman

Vega

5. Vega

Bintang plaing terang kelima adalah Vega. Vega dikenal juga sebagai Alfa Lyrae karena berada dalam rasi bintang Lyra yang membentuk segitiga musim panas.

Vega adalah bintang deret utama, artinya, ia membakar hidrogen di intinya untuk menghasilkan energi. Vega memiliki massa sekitar dua kali massa Matahari.

Vega adalah bintang yang sangat panas, dengan suhu permukaan sekitar 9.600 kelvin. Vega berjarak 25 tahun cahaya dari matahari dan memiliki ukuran sekitar tiga kali ukuran matahari.

Vega jauh lebih muda daripada matahari, diperkirakan baru berusia sekitar 455 juta tahun. Vega pernah menjadi bintang kutub utara sebelum digantikan oleh bintang Polaris, sekitar tahun 12000 Sebelum Masehi.

Vega bisa menjadi bintang kutub lagi, sekitar tahun 13727 lagi. Hal ini lah kenapa para astronom menyebut Vega sebagai bintang yang paling penting di langit setelah Matahari.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini