Sukses

12 Fakta Raja Baru Denmark Frederik X, Sosok Populer yang Fasih 3 Bahasa Asing

Jadi, siapa raja Denmark yang baru dan seperti apa dia? Berikut 12 fakta soal Raja Frederik X, yang kini jadi penguasa monarki tertua di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Frederik X telah dikenal sebagai Putra Mahkota Denmark sejak usia tiga tahun, namun pada Minggu 14 April 2024, ia resmi menjadi Raja Frederik X, penguasa monarki tertua di Eropa.

Transisi kerajaan Denmark dipicu beberapa pekan yang lalu oleh pengumuman mengejutkan dari Ratu Margrethe II pada Malam Tahun Baru, ketika dia mengungkapkan niatnya untuk turun tahta pada awal tahun 2024.

Berita bahwa ibu Frederik yang sangat populer – yang saat itu merupakan satu-satunya ratu yang berkuasa di dunia, setelah kematian Ratu Elizabeth II dari Inggris – akan melepaskan takhta mengejutkan warga Denmark di seluruh negeri.

Margrethe telah menjadi ratu terlama di Eropa setelah kematian Ratu Elizabeth II pada tahun 2022.

Margrethe dan Elizabeth II dikenal dekat, dan secara luas diasumsikan bahwa kepala negara Denmark, seperti sepupu jauhnya, memandang peran mereka sebagai pekerjaan seumur hidup. Namun, tampaknya pria berusia 83 tahun itu telah berubah pikiran dan mengundurkan diri tepat 52 tahun setelah dia naik takhta.

Jadi, siapa raja Denmark yang baru dan seperti apa dia?

Berikut 12 fakta raja baru Denmark, mengutip ITV, Selasa (15/1/2024):

1. Perwira Militer Berprestasi 

Frederik diketahui telah menjalani pelatihan militer ekstensif di ketiga cabang militer Denmark. Ia pun dilaporkan menjadi perwira militer yang berprestasi.

2. Olahragawan Cakap

Frederik juga telah menunjukkan dirinya sebagai olahragawan yang begitu bersemangat dan sangat cakap.

3. Anggota Kerajaan Pertama Ikut Kompetisi Ironman

Selama bertahun-tahun, ia telah berlari beberapa kali maraton – di Kopenhagen, Paris, dan New York – dan pada tahun 2013 ia menjadi anggota kerajaan pertama yang berkompetisi dalam Ironman, menyelesaikan dengan waktu 10:45:32.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Pecinta Lingkungan

Sama seperti rekannya dari Inggris, Raja Charles III, pria berusia 55 tahun ini juga sangat peduli lingkungan.

Sejak Kopenhagen menjadi tuan rumah perundingan iklim COP15 pada tahun 2009, ia terlibat erat dalam menyoroti bahaya perubahan iklim dan mempromosikan peran Denmark dalam masa depan yang lebih hijau.

"Putra Mahkota Frederik adalah orang yang jauh lebih informal dibandingkan ibunya," kata sejarawan Lars Hovbakke Sørensen.

"Di masa depan, dia perlu lebih menarik perhatian warga Denmark yang tidak tertarik pada olahraga, dengan menunjukkan minat pada isu-isu lain, jika dia ingin mempertahankan dukungan luas terhadap monarki."

5. Sosok Populer

Orang Denmark sangat bangga dengan keluarga kerajaan dan raja memainkan peran duta besar yang penting.

Frederik, yang berusia 55 tahun, juga "sangat populer", menurut Birgitte Borup, editor budaya di surat kabar Denmark Berlingske.

"Jajak pendapat menunjukkan dukungan yang sangat meyakinkan dari rakyat Denmark," kata Birgitte Borup kepada CNN. "Ratu Margrethe melayani monarki dengan baik."

6. Sosok Membumi

Birgitte Borup, editor budaya di surat kabar Denmark Berlingske mengatakan Frederik akan menjadi "raja yang berbeda, menjelaskan bahwa dia "sangat membumi dan tertarik pada olahraga sedangkan ibunya lebih terpandang secara budaya."

Dia menambahkan bahwa "tantangan utamanya mungkin adalah cara dia berkata-kata," karena dia "tidak dikenal pandai melakukan gaya bebas di depan orang banyak."

 

3 dari 5 halaman

7. Namanya Diambil dari Tradisi

Lahir pada tahun 1968, Frederik André Henrik Christian merupakan anak pertama dari Margrethe dan mendiang suaminya, Pangeran Henrik, yang meninggal pada tahun 2018.

Nama depannya dipilih sesuai dengan kebiasaan kerajaan Denmark bahwa pewarisnya diberi nama Frederik atau Christian. Saudara satu-satunya, Pangeran Joachim, lahir pada tahun 1969.

8. Pangeran Pesta

Tumbuh di hadapan publik bukanlah hal yang mudah bagi anggota kerajaan muda yang pemalu.

Ia menerima pendidikan dasar di Krebs’ Skole, sebuah sekolah swasta elit di Kopenhagen, sebelum melanjutkan ke sekolah berasrama di Normandia, Prancis.

Frederik merasa tidak nyaman dengan perhatian media dan cemas dengan nasibnya.

Pada awal 1990-an, banyak yang melihatnya sebagai "pangeran pesta" yang menyukai mobil cepat.

 

4 dari 5 halaman

9. Anggota Kerajaan Denmark Pertama Peroleh Gelar Master

Masa kuliahnya di Universitas Aarhus membantu merehabilitasi reputasinya dan pada tahun 1995 ia menjadi anggota kerajaan Denmark pertama yang memperoleh gelar master.

Studi ilmu politiknya mencakup satu tahun di luar negeri, di Harvard, di mana ia terdaftar dengan nama samaran Frederik Henriksen – mengacu pada ayahnya.

10. Fasih 3 Bahasa Asing

Selama berada di AS, Frederik – yang juga fasih berbahasa Prancis, Inggris, dan Jerman – memperoleh gelar diplomatik dengan bertugas di misi Denmark di PBB selama beberapa bulan pada tahun 1994.

11. Bertemu Sang Pujaan Hati di Pub Sydney Australia

Frederik melupakan masa lajangnya ketika dia bertemu dengan eksekutif penjualan Australia Mary Elizabeth Donaldson.

Pasangan ini bertemu di sebuah pub Sydney yang ramai pada tahun 2000, ketika putra mahkota berada di Australia untuk Olimpiade Musim Panas 2000.

5 dari 5 halaman

12. Menikah dan punya Empat Anak

Empat tahun kemudian, pada 2004, pasangan Frederik dan Mary Elizabeth Donaldson menikah dalam sebuah upacara mewah di Katedral Kopenhagen.

Mereka sekarang memiliki empat anak: Christian, 18 tahun, yang menjadi putra mahkota baru Denmark setelah ayahnya naik takhta, Isabella yang berusia 16 tahun, dan si kembar berusia 13 tahun, Vincent dan Josephine.

Pasangan ini telah mencoba memberikan anak-anak mereka pendidikan yang lebih informal dibandingkan Frederik dengan menyekolahkan mereka ke sekolah negeri biasa.

Masyarakat Denmark juga memuji Mary, yang dipuji karena ketenangan dan komitmennya terhadap tujuan sosial.

Menurut Borup, Mary akan menjadi "aset terbesar monarki" di tahun-tahun mendatang.

"Dia tidak terlahir sebagai bangsawan, tetapi Anda pasti mengira dia terlahir sebagai bangsawan. Dia membawa dirinya dengan anggun dan merupakan perwakilan yang luar biasa bagi bangsa Denmark," kata Borup.

"Dia dikenal selalu siap, dan dia melakukan beberapa tugas penting, seperti menyoroti kekerasan dalam rumah tangga."

"Ketika Mary dan Frederik bertemu di Australia, ada cerita bahwa dia beruntung bertemu dengan seorang pangeran dongeng. Saya pikir waktu telah menunjukkan bahwa dia lebih beruntung," pungkas Borup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini