Sukses

5 Januari 1972: Presiden AS Richard Nixon Arahkan NASA Bikin Pesawat Luar Angkasa

Pada 5 Januari 1972, Presiden AS Richard Nixon mengarahkan NASA untuk membangun pesawat luar angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang, pesawat luar angkasa pada tahun 1980-an mencerminkan program luar angkasa Amerika Serikat.

Meskipun masa kejayaan Apollo telah berlalu dan tragedi Challenger terjadi, pesawat ulang-alik tersebut menunjukkan gagasan bahwa akses ke luar angkasa akan terbuka untuk semua, bukan hanya para astronot dari misi Apollo.

Melansir dari Inverse, meskipun pesawat ulang-alik mulai beroperasi pada tahun 80-an, ide awalnya terbentuk 52 tahun lalu pada tanggal 5 Januari 1972. Pada saat itu, Presiden AS Richard Nixon menyatakan bahwa prioritas NASA bukanlah mengirim manusia ke Mars atau tempat yang lebih jauh, tetapi untuk membuka akses ke luar angkasa secara aman dan terjangkau.

"Pesawat ulang-alik luar angkasa akan memberi kita akses rutin ke luar angkasa dengan mengurangi biaya dan waktu persiapan," ujar Nixon dalam pidatonya saat mengumumkan Program Pesawat Ulang-alik.

Nixon menyatakan bahwa perubahan dalam teknologi penerbangan akan meningkatkan keamanan perjalanan dan tidak terlalu menuntut penumpang, memungkinkan para pekerja luar angkasa untuk 'melayang' di angkasa.

Dilihat dari perspektif abad ke-21, pesawat luar angkasa tidak mampu memenuhi harapan yang diungkapkan oleh Nixon 52 tahun lalu.

Tragedi Challenger dan Columbia semakin menegaskan kegagalan program pesawat ulang-alik, meskipun belum tepat untuk menyebutnya sebagai kegagalan mutlak.

Meski mahal, pesawat ulang-alik yang dapat digunakan kembali telah berhasil mengirimkan banyak kargo dan satelit penting ke orbit, mendukung pembangunan Stasiun Luar Angkasa Internasional, mendorong misi Galileo ke Jupiter, serta merawat Teleskop Luar Angkasa Hubble yang sudah tua.

Meskipun fokusnya bergeser dari eksplorasi luar angkasa, pesawat ini memberikan landasan yang lebih luas untuk memahami pengalaman astronot dalam ruang hampa dan pandangan baru terhadap Bumi itu sendiri.

Dari awal hingga akhirnya, pesawat luar angkasa telah mengubah cara kita melakukan perjalanan ke luar angkasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-usul dari Pesawat Ulang-alik Luar Angkasa

Nixon bukanlah orang yang mengawali gagasan program pesawat luar angkasa secara tiba-tiba. Ide ini telah ada dalam perencanaan pihak militer, kontraktor, dan NASA dalam beberapa waktu sebelumnya.

Konsep "pesawat luar angkasa" yang bisa digunakan kembali sudah menjadi perbincangan mereka bertahun-tahun sebelumnya sebelum akhirnya disampaikan kepada presiden.

"Jika Anda melihat foto Administrator NASA, James Fletcher berbicara dengan Nixon, mereka memiliki model yang cukup berkembang," ujar Kurator Sejarah Luar Angkasa Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional Jennifer Levasseur kepada Inverse. "Mereka sedang melihat sesuatu yang terlihat cukup dekat dengan apa yang kita dapatkan pada akhirnya."

Ide tentang pesawat luar angkasa telah ada dalam budaya populer sejak zaman komik Buck Rogers pada tahun 1930-an. Menurutnya, Angkatan Udara Amerika Serikat dan Boeing telah berusaha membangun konsep serupa pada awal tahun 1960-an yang kemudian mirip dengan pesawat ulang-alik bernama X-20 Dyna-Soar.

"Kendaraan ini akan masuk dan mendarat seperti pesawat terbang. Sayapnya pendek dan gemuk. Pesawat ini dimaksudkan untuk datang tanpa tenaga listrik," jelas Levasseur, dan meskipun X-20 dibatalkan pada tahun 1963, pengetahuan yang diperoleh dari upaya tersebut akan menginformasikan konsep pesawat ulang-alik yang akhirnya mendapat persetujuan Nixon.

"Kami tidak melihatnya dimuat di halaman depan surat kabar, Apollo berada di depan dan tengah," ungkap Levasseur.

Ia menambahkan, "Tetapi NASA dan kontraktor serta militer, bekerja di belakang layar untuk menghasilkan konsep-konsep baru."

3 dari 4 halaman

Perjalanan Pesawat Ulang-alik: Antara Kesuksesan dan Kegagalan

Pesawat ulang-alik, meski dapat digunakan kembali, pada beberapa titik mungkin telah berkontribusi pada kegagalan program ini. Mesin pertama kali terbang sepuluh tahun setelah Nixon mengumumkannya pada tahun 1981, dan menjadi rutin dalam penerbangan luar angkasa - yang pada akhirnya menjadi masalah.

Pada awal tahun 80-an, pesawat ulang-alik menggunakan kapasitas kargo yang luas untuk meluncurkan banyak satelit dan muatan ke luar angkasa. Pada tahun 1983, misalnya, misi STS-7 membawa Sally Ride, wanita Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Namun, menurut Levasseur, "Ketika Anda mencapai kesuksesan tanpa hambatan, ini bisa menciptakan kepuasan diri yang berlebihan."

Ketika komisi penyelidik ditugaskan untuk menyelidiki kecelakaan pesawat ulang-alik Challenger dan Columbia, mereka mencatat bahwa ada peringatan dari para ahli di NASA tentang masalah yang berpotensi fatal bagi kedua pesawat itu.

Pada tahun 1986, kegagalan cincin-O pada salah satu roket padat menyebabkan kecelakaan Challenger saat peluncuran. Sementara itu, kehilangan sebagian busa dari tangki bahan bakar eksternal saat peluncuran merusak sayap Columbia, yang kemudian mengakibatkan panas masuk yang melalui sistem perlindungan termal pesawat saat kembali ke Bumi.

"Secara retrospektif, para astronot mengetahui masalah yang ada pada pesawat ulang-alik tersebut," kata Levasseur.

4 dari 4 halaman

Mengurai Kegagalan Pesawat Ulang-alik

Kerentanan penguat roket padat yang pada akhirnya menyebabkan kehancuran Challenger sudah dicatat sejak tahun 1972 dalam dokumen yang meninjau perbandingan antara penguat padat dan cair untuk pesawat ulang-alik yang masih baru.

Sebelum penerbangan ulang-alik pertama pada tahun 1981, para astronot menyuarakan kekhawatiran tentang kemungkinan kehilangan ribuan ubin keramik yang melapisi badan pesawat ulang-alik, mirip sisik naga, yang berfungsi melindungi dari panas saat kembali ke atmosfer.

Menurut Levasseur, mengharapkan lebih dari 20.000 ubin tersebut untuk selalu berfungsi sempurna dalam setiap misi merupakan kelemahan mendasar. Kompleksitas komponen semacam itu membuat kendaraan tersebut rentan.

Ia mengatakan bahwa kesadaran operasional bisa mengurangi kompleksitas fisik, dan kegagalan institusional akhirnya yang bertanggung jawab atas bencana pesawat ulang-alik tersebut. Kepatuhan terhadap jadwal, yang bertujuan membuat penerbangan luar angkasa menjadi rutin, menyebabkan peluncuran Challenger meskipun sebenarnya seharusnya tidak terbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini