Sukses

Kaleidoskop 2023: 11 Kecelakaan Kereta Mengerikan dan Mematikan di Dunia, Korban Tembus 288 Orang

Berikut beberapa peristiwa kecelakaan kereta paling mematikan di dunia pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2023, transportasi kereta masih menjadi tulang punggung dari infrastruktur transportasi global.

Namun, di balik kemajuan teknologi dan upaya keselamatan yang dilakukan, kecelakaan kereta yang menggemparkan masih terjadi, mempertanyakan keandalan sistem transportasi yang kita andalkan.

Pada bulan Februari, kebakaran besar dilaporkan terjadi setelah insiden kereta kargo tergelincir di Amerika Serikat (AS), memicu kebakaran besar dan perintah evakuasi ribuan warga.

Dalam rentang waktu yang dekat, Yunani mengumumkan masa tiga hari berkabung nasional setelah bencana kereta api di Tempi, Yunani tengah, di mana puluhan orang kehilangan nyawa.

Di pertengahan tahun, terjadi kecelakaan kereta di India. Peristiwa ini adalah kecelakaan kereta terburuk di India abad ini, ratusan orang tewas dalam insiden ini.

Beberapa saat setelahnya muncul beberapa insiden, salah satunya adalah kecelakaan kereta di Pakistan yang penyebab kecelakaannya dikatkan dengan tindakan terorisme.

Kereta bawah tanah di China juga mengalami kecelakaan di akhir tahun ini. Tabrakan terjadi pada jam sibuk antara dua kereta bawah tanah di Beijing, China, menyebabkan 102 orang menderita patah tulang.

Selengkapnya, berikut beberapa peristiwa kecelakaan kereta paling mematikan di dunia pada 2023 dirangkum Liputan6.com dalam kaleidoskop:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Kereta Kargo AS Bawa Bahan Kimia Tergelincir Picu Kebakaran, 2.000 Warga Diminta Evakuasi Diri

Kebakaran besar dilaporkan terjadi setelah insiden kereta kargo tergelincir di Amerika Serikat (AS).

"Sebuah kereta kargo tergelincir di Amerika Serikat, memicu kebakaran besar dan perintah evakuasi," kata para pejabat dan laporan pada Sabtu 4 Februari 2023 seperti dikutip dari AFP.

Sejauh ini tidak ada korban luka atau korban jiwa yang dilaporkan, setelah kereta 50 gerbong itu keluar jalur pada Jumat 3 Februari malam waktu setempat, di dekat perbatasan negara bagian Ohio-Pennsylvania.

Kereta sedang mengirimkan kargo dari Madison, Illinois, ke Conway, Pennsylvania, ketika tergelincir di East Palestine, Ohio, AS.

Menurut media setempat, beberapa ledakan terdengar saat gerbong kereta terus terbakar hingga Sabtu 4 Februari. Temperatur yang rendah menghambat upaya tersebut, karena truk pemadam kebakaran yang memompa air membeku.

Baca selengkapnya di sini...

3 dari 12 halaman

2. Tabrakan 2 Kereta Tewaskan 36 Orang, Yunani Berkabung 3 Hari hingga Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Yunani mengumumkan masa tiga hari berkabung nasional setelah bencana kereta api di Tempi, Yunani tengah, di mana puluhan orang kehilangan nyawa pada Selasa 28 Februari 2023 malam.

Dikutip dari GreekReporter, Rabu (1/2/2023), masa berkabung tiga hari ini mulai berlaku mulai hari ini, 1 Maret hingga 3 Maret 2023 dengan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung publik dan penangguhan acara publik.

Partai politik juga menangguhkan kampanye mereka untuk pemilihan umum yang diperkirakan akan diadakan pada bulan April.

Sebuah kereta penumpang dan kereta kargo terlibat dalam kecelakaan maut di Tempi dekat kota Larissa di Yunani Tengah, yang mengakibatkan sedikitnya 36 nyawa melayang dan lebih dari 60 orang luka-luka.

Ini adalah bencana kereta api terburuk dalam sejarah negara itu.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 12 halaman

3. Kereta Penumpang di Belanda Tergelincir Tewaskan 1 Orang, Rute Den Haag dan Leiden Ditangguhkan

Sebuah kereta penumpang tergelincir di Belanda barat. Peristiwa itu mengakibatkan sedikitnya satu orang tewas dan sekitar 30 orang terluka - beberapa dalam kondisi serius.

Layanan darurat mengatakan kecelakaan dini hari itu terjadi setelah kereta yang mengangkut sekitar 50 orang menabrak peralatan konstruksi di dekat Desa Voorschoten. Laporan sebelumnya mengatakan ini terjadi setelah tabrakan dengan kereta barang.

 Tim penyelamat dan petugas medis sekarang bekerja di tempat kereta tergelincir, membantu yang terluka.

Menurut laporan BBC, kecelakaan itu terjadi pada Selasa (4/4/2023) sekitar pukul 03.25 waktu setempat (01.25 GMT).

Gambar-gambar dari tempat kecelakaan kereta yang beredar menunjukkan gerbong terbalik dan kepulan asap mengepul di langit malam.

Baca selengkapnya di sini...

5 dari 12 halaman

4. Kecelakaan Kereta Terburuk di India Abad Ini, Korban Tewas 288 dan Odissa Umumkan Hari Berkabung Nasional

Jumlah korban kecelakaan kereta di India terus bertambah.

Mengutip laporan BBC, Sabtu (3/6/2023), 288 orang diketahui tewas dengan 850 orang lainnya terluka dalam tabrakan kereta api di negara bagian Odisha di timur India, kata pihak berwenang.

Sudhanshu Sarangi, direktur jenderal Dinas Pemadam Kebakaran Odisha, membenarkan bahwa jumlah korban tewas mencapai 288 orang.

"Lebih dari 200 ambulans dikirim ke tempat kejadian di Distrik Balasore," kata kepala sekretaris Odisha Pradeep Jena.

Jena juga mengatakan bahwa lebih dari 100 dokter tambahan telah dikerahkan.

Satu kereta penumpang diperkirakan tergelincir sebelum ditabrak oleh yang lain di jalur yang berdekatan pada Jumat 2 Juni malam.

Baca selengkapnya di sini...

6 dari 12 halaman

5. Kecelakaan Kereta Pakistan Tewaskan 15 Orang, Dugaan Aksi Terorisme Mengemuka

Kecelakaan kereta api di Pakistan menewaskan 15 orang ketika transportasi tersebut melakukan perjalanan dari kota pelabuhan Pakistan selatan Karachi ke Abbottabad.

Kereta tersebut dilaporkan tergelincir di kota Nawabshah di provinsi Sindh pada Minggu 6 Agustus 2023 waktu setempat, menurut menteri kereta api Pakistan dikutip dari Al Jazeera, Minggu (6/8/2023).

"Ini kecelakaan yang cukup besar. Tim penyelamat telah tiba di lokasi dan setidaknya 15 penumpang tewas," kata Khawaja Saad Rafique kepada wartawan pada hari Minggu, menambahkan bahwa "tim penyelamat telah dikirim ke lokasi".

"Akan terlalu dini untuk berbicara tentang penyebab kecelakaan itu, yang bisa menjadi kesalahan mekanis atau tindakan terorisme," kata Rafique.

Sekitar 50 orang terluka dalam kecelakaan itu, Muqarrab Khan, seorang perwira polisi setempat dari distrik Sanghar Sindh, mengatakan kepada kantor berita DPA.

Baca selengkapnya di sini...

7 dari 12 halaman

6. Kereta Barang Vs Truk Pikap Thailand Tabrakan, 8 Orang Tewas

Tabrakan kereta terjadi di Thailand. Sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

"Delapan orang tewas pada hari Jumat (4 Agustus) ketika sebuah kereta barang menabrak truk pikap yang mencoba melintasi rel di Thailand tengah," kata agen kereta api Thailand seperti dikutip dari AFP, Jumat (4/8/2023).

Kecelakaan kereta itu terjadi sekitar pukul 02.20 waktu setempat di perlintasan tidak resmi di Provinsi Chachoengsao, sebelah timur Bangkok, kata State Railway of Thailand dalam sebuah pernyataan.

"Pengemudi kereta telah membunyikan klakson peringatan saat dia mendekati penyeberangan tetapi tidak dapat berhenti dan menabrak truk yang mengangkut ikan," kata pernyataan itu.

"Masinis kereta mengikuti protokol dengan membunyikan alarm tiga kali, tetapi jaraknya yang dekat membuat masinis kesulitan menghentikan kereta tepat waktu," tambah pernyataan itu.

Baca selengkapnya di sini...

8 dari 12 halaman

7. Kereta Hazara Express di Pakistan Tergelincir, 30 Orang Tewas Saat Gerbong Terbalik

Sedikitnya 30 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka ketika sebuah kereta tergelincir di Pakistan selatan, kata seorang juru bicara kepolisian setempat.

Beberapa gerbong Hazara Express terbalik di dekat stasiun kereta Sahara di Nawabshah, sekitar 275 km (171 mil) dari kota terbesar Karachi.

Penumpang yang terluka dipindahkan ke rumah sakit terdekat. Tim penyelamat berusaha membebaskan orang-orang dari reruntuhan yang bengkok.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan puluhan orang di lokasi kecelakaan, dengan beberapa penumpang keluar dari gerbong yang terbalik, dikutip dari laman BBC, Senin (7/8/2023).

Seorang penumpang yang selamat mengatakan kepada BBC Urdu bahwa dia telah melihat banyak wanita dan anak-anak tergeletak di tanah.

Baca selengkapnya di sini...

9 dari 12 halaman

8. Kecelakaan Kereta Keluar Rel di Bihar India, 4 Orang Tewas dan 21 Gerbong Tergelincir

Kecelakaan kereta melanda India, sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia akibat insiden tersebut.

"Sedikitnya empat orang tewas dan beberapa lainnya terluka ketika sebuah kereta ekspres tergelincir di negara bagian Bihar, India," media dan pejabat setempat melaporkan seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (12/10/2023). 

Kereta dari stasiun Anand Vihar Terminal di Delhi keluar dari rel pada Rabu 11 Oktober sekitar pukul 21:35 waktu setempat (16:05 GMT) saat melaju menuju Persimpangan Kamakhya di Assam, surat kabar Times of India melaporkan.

"Empat korban telah dikonfirmasi dan operasi penyelamatan sedang dilakukan. 21 gerbong tergelincir,” kata Tarun Prakash, manajer umum East Central Railway, seperti dikutip Times of India. Kantor berita ANI juga menyebutkan jumlah korban tewas sebanyak empat orang.

Kendati demikian sejauh ini penyebab tergelincirnya kereta api belum diketahui secara pasti.

Menteri Perkeretaapian India Ashwini Vaishnaw mengatakan di media sosial bahwa operasi penyelamatan di lokasi tergelincirnya kereta telah selesai.

Baca selengkapnya di sini...

10 dari 12 halaman

9. Dua Kereta Tabrakan di Bangladesh, 17 Orang Tewas dan 100 Lainnya Terluka

Kecelakaan yang menimpa dua kereta terjadi di Kota Bhairab, Bangladesh, pada Senin 23 Oktober 2023. Peristiwa itu mengakibatkan 17 orang tewas dan 100 orang lainnya terluka.

"Kami telah menemukan 17 jenazah. Lebih dari 100 orang terluka," ujar pegawai pemerintah Bhairab Sadiqur Rahman, seperti dikutip CNA, Selasa (24/10). 

Pejabat setempat juga khawatir jumlah korban tewas akan bertambah.

"Jumlah korban tewas akan bertambah," kata Rahman, menyebut bahwa tim penyelamat masih melihat korban tewas yang tertimpa gerbong kereta.

Proses penyelamatan korban kecelakaan kereta terus dilakukan pasca-kejadian. 

"Kami telah menyelamatkan sedikitnya dua orang dalam keadaan hidup dari gerbong yang terbalik," kata Nazmul Haque, seorang sukarelawan Bulan Sabit Merah, kepada wartawan. 

Pejabat setempat menyebut bahwa kecelakaan itu menyebabkan sebuah kereta barang menabrak sebuah kereta penumpang yang melaju dari arah berlawanan, sehingga menggelincirkan dua gerbong penumpang.

"Kecelakaan itu terjadi setelah satu kereta memasuki jalur yang sama dengan kereta lainnya," kata Rahman. 

Baca selengkapnya di sini...

11 dari 12 halaman

10. Tabrakan Kereta di India Sebabkan 13 Orang Tewas dan 50 Lainnya Terluka

Sedikitnya 13 orang tewas dan sekitar 50 lainnya terluka setelah dua kereta penumpang bertabrakan di Negara Bagian Andhra Pradesh, India, pada Minggu (29/10/2023). Ratusan pekerja darurat berada di lokasi untuk membersihkan reruntuhan.

Tabrakan kereta tepatnya terjadi di Distrik Vizianagaram pada Minggu malam. Kepala Humas Kereta Api Pantai Timur Biswajit Sahi mengatakan bahwa tabrakan kereta disebabkan oleh "kesalahan manusia" atau human error yang dipicu overshoot sinyal pada kereta kedua. Demikian seperti dilansir BBC, Senin (30/10).

Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan belasungkawanya dan mengatakan dia telah menghubungi menteri perkeretaapian.

"PM @narendramodi berbicara dengan Menteri Perkeretaapian Shri @AshwiniVaishnaw dan mengamati situasi setelah tergelincirnya kereta api antara ruas Alamanda dan Kantakapalle," tulis kantor PM Modi via X alias Twitter.

"Pihak berwenang menyediakan semua bantuan yang mungkin diberikan kepada mereka yang terkena dampak. Perdana menteri menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan dan berdoa agar korban luka segera pulih."

Baca selengkapnya di sini...

12 dari 12 halaman

11. Tabrakan Dua Kereta Bawah Tanah di China Sebabkan 102 Orang Patah Tulang

Tabrakan pada jam sibuk antara dua kereta bawah tanah di Beijing, China, menyebabkan 102 orang menderita patah tulang. Demikian laporan media pemerintah China seperti dilansir BBC, Sabtu (16/12/2023).

Lebih dari 500 orang dilarikan ke rumah sakit setelah insiden yang terjadi sekitar pukul 19.00 waktu setempat pada Kamis (14/12).

Tabrakan kereta terjadi saat hujan salju lebat, tepatnya ketika kereta menuruni jalur bawah tanah Changping. Hingga Jumat pagi, 423 orang telah keluar dari rumah sakit.

Kecelakaan kereta semacam itu disebut jarang terjadi di jaringan transportasi ibu kota China, namun badai salju telah menyebabkan jalur menjadi licin.

Hal itu kemudian memicu penurunan sinyal yang menyebabkan kereta pertama mengerem secara tiba-tiba, ungkap China Daily, mengutip otoritas transportasi Beijing.

Kereta berikutnya tidak dapat mengerem tepat waktu saat menuruni jalur, sehingga menyebabkan kereta terbanting ke bagian belakang kereta pertama.

Dua gerbong terakhir dari salah satu kereta terlepas. Tidak jelas kereta mana yang dimaksud.   

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.