Sukses

22 Pemuda Palestina dapat Basiswa dari Kemhan RI, Prabowo Subianto Ucapkan Selamat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut kedatangan 22 Kadet Palestina calon mahasiswa Unhan RI pada Rabu (8/11/2023) di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut kedatangan 22 Kadet Palestina calon mahasiswa Unhan RI pada Rabu (8/11/2023) di Jakarta.

Informasi tersebut disampaikan dalam akun Instagram resmi Kementerian Pertahanan RI @kemhanri.

Dalam unggahan tersebut tampak proses serahterima yang dilakukan oleh Duta Besar Palestina Yang Mulia Dr. Zuhair S.M Al-Shun dan Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza, di Kemhan, Jakarta, Rabu (8/11).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kementerian Pertahanan RI (@kemhanri)

"Sebagai bagian dari kerja sama antara Indonesia-Palestina, Menhan Prabowo memfasilitasi beasiswa S1 Unhan RI bagi pemuda pemudi Palestina untuk menempuh pendidikan pada program studi kedokteran militer, farmasi militer, teknik sipil, teknik tenaga listrik, teknik mesin dan rekayasa keamanan informasi," demikian tulisan dari unggahan itu.

Dalam keterangan tersebut Menhan Prabowo juga mengucapkan selamat datang kepada 22 calon Kadet Mahasiswa Unhan RI.

Prabowo menyebut atas nama pemerintah serta seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan rasa solidaritas penuh dan mutlak juga empati mendalam atas keadaan yang terjadi di Palestina saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksi Bela Palestina di Monas Jakarta

Pada 5 November 2023, Massa aksi bela Palestina memadati kawasan Monumen Nasional atau Monas, Jakarta Pusat. Seruan dukungan tersebut menyusul tindakan kekejaman Israel yang menewaskan ribuan jiwa rakyat Palestina.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (5/11/2023), sejak pukul 06.00 WIB kawasan Monas telah ramai masyarakat yang datang dari berbagai arah. Mereka memberikan suport dan dukungan kepada bangsa Palestina atas penjajahan Israel.

Terlihat massa aksi mengenakan pakaian serba putih dan hitam, dilengkapi berbagai atribut dengan warna selaras bendera Palestina. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak bahkan balita pun diajak orang tuanya untuk meramaikan aksi tersebut.

Para pedagang pun tidak mau ketinggalan momen. Mereka menjual atribut dan bendera Palestina untuk massa aksi.

Polda Metro Jaya sendiri telah menyusun skenario rekayasa lalu lintas pada aksi bela Palestina. Namun, penerapannya bersifat situasional.

"Rekayasa lalu lintas kita siapkan, tapi sifatnya situasional," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Jakarta, Sabtu 4 November 2023.

3 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan:

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Harmoni arah Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Suryopranoto.

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Harmoni.

3. Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan kedua arah Timur dan Barat dialihkan.

4. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur.

Adapun aksi bela Palestina juga akan dijaga oleh ribuan personel gabungan. "Total personel gabungan untuk pengamanan aksi sebanyak 3.448 personel," kata Trunoyudo.

Menurut dia, personel gabungan itu terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pemadam Kebakaran.

"Dari Polri 2.774 personel meliputi Polda Metro Jaya dan Polres, lalu unsur TNI 500 personel, dan Pemda DKI sebanyak 98 personel," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.