Sukses

AS-China Sepakat Kerja Sama Wujudkan Pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping

Joe Biden dan Xi Jinping sangat diharapkan dapat bertemu di sela-sela KTT APEC yang berlangsung pada 15-17 November di San Francisco, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington - Amerika Serikat (AS) dan China sepakat bekerja sama untuk mencapai pertemuan puncak antara Joe Biden dan Xi Jinping bulan depan.

Hal tersebut diungkapkan para pejabat AS pada Jumat (27/20/2023), setelah pertemuan berjam-jam antara Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan sejumlah diplomat senior AS di Washington.

Dalam kunjungan pertama menteri luar negeri China ke Washington sejak tahun 2018, Wang Yi juga bertemu Biden selama satu jam. Pembicaraan tersebut digambarkan oleh Gedung Putih sebagai peluang bagus dalam menjaga jalur komunikasi tetap terbuka antara kedua rival geopolitik yang memiliki perbedaan kebijakan mendalam.

Pertemuan Wang Yi dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan selama dua hari berjumlah sembilan jam, kata para pejabat AS, menggambarkan interaksi ini sebagai pertemuan yang "jujur dan dalam".

Menurut para pejabat AS, Blinken dan Sullivan mengemukakan sejumlah kekhawatiran utama Washington, yaitu perlunya memulihkan saluran militer-ke-militer antara kedua negara, tindakan China di Laut China Timur dan Selatan, Taiwan, hak asasi manusia, aliran prekursor fentanil, dan kasus-kasus penahanan warga AS di China.

Area utama yang disebut menunjukkan momentum positif adalah pertemuan antara Biden dan Xi Jinping di sela-sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) bulan depan di San Francisco.

"Kami sedang melakukan persiapan untuk pertemuan semacam itu," kata salah satu pejabat senior pemerintah yang tidak ingin disebutkan namanya, seperti dilansir CNA, Senin (30/10).

"Tentu saja, para pemimpin China sering melakukan konfirmasi publik menjelang kunjungan mereka, jadi saya serahkan pada pihak China untuk mengetahui apakah dan kapan mereka membuat pengumuman tersebut."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dialog Harus Mendalam dan Komprehensif

Kementerian Luar Negeri China mengungkapkan, Wang Yi mengatakan kepada Biden bahwa tujuan kunjungannya adalah membantu membendung kemerosotan hubungan AS-China dengan fokus San Francisco. Tidak ada keterangan tambahan yang diberikan.

Sementara itu, mengenai pertemuan Wang Yi dengan Blinken dan Sullivan disebutkan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama demi mencapai pertemuan antara kedua kepala negara di San Francisco.

"China mementingkan harapan pihak AS untuk menstabilkan dan meningkatkan hubungan AS dengan China," kata Wang Yi dalam pertemuannya dengan Biden.

AS memandang keterlibatan langsung Biden dan Xi Jinping sebagai hal yang sangat penting dalam mengelola ketegangan karena berupaya mencegah hubungan berubah menjadi konflik.

"Bagian besar dari pertemuan yang diharapkan adalah kedua pemimpin akan duduk bersama dan melakukan pembicaraan mengenai tujuan strategis," kata pejabat AS.

Pada Kamis (26/10), Wang Yi mengatakan kepada Blinken bahwa kedua negara memiliki perbedaan pendapat dan memerlukan dialog mendalam serta komprehensif untuk mengurangi kesalahpahaman dan menstabilkan hubungan.

"Kita tidak hanya harus melanjutkan dialog, tapi dialog juga harus mendalam dan komprehensif," tegas Wang Yi.

Hubungan bilateral AS-China memburuk dengan cepat pada awal tahun setelah AS menembak jatuh balon mata-mata China.

3 dari 3 halaman

Konflik Timur Tengah

Perang Hamas Vs Israel mau tidak mau menambah dinamika baru dalam hubungan AS-China. Washington berharap Beijing dapat menggunakan pengaruhnya atas Iran untuk mencegah eskalasi perang yang lebih luas di Timur Tengah.

Para pejabat AS menyebutkan bahwa isu ini muncul selama pertemuan dengan Wang Yi, namun tidak jelas apakah Washington mampu mengajak Beijing berkomitmen menggunakan pengaruhnya untuk membantu mengatasi konflik.

"Kami menyatakan keprihatinan kami yang mendalam terhadap situasi ini dan menekan China untuk mengambil pendekatan yang lebih konstruktif dan hal itu tentu saja mencakup keterlibatan mereka dengan Iran, untuk mendesak ketenangan," kata salah satu pejabat senior pemerintah.

China mengutuk kekerasan dan serangan terhadap warga sipil dalam konflik tersebut. Wang Yi menyatakan tindakan Israel di luar jangkauan pembelaan diri dan dia tidak menyebut Hamas dalam komentarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini