Sukses

19 Orang Warga Prancis Tewas dalam Serangan Hamas di Israel

Otoritas di Prancis mengatakan, 19 warga negaranya tewas dalam serangan Hamas pada 7 Oktober lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas di Prancis mengatakan, 19 warga negaranya tewas dalam serangan Hamas pada 7 Oktober lalu.

Sementara itu dilaporkan, ada 13 warga lainnya masih hilang atau kemungkinan disandera oleh kelompok militan tersebut, dikutip dari VOA Indonesia, Senin (16/10/2023).

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna menyampaikan hal itu saat tiba di Israel pada Minggu.

Ia bertekad “akan melakukan apa pun” untuk membebaskan para sandera, dengan mengatakan “Prancis tidak akan mengabaikan satu warga pun.”

Colonna juga mendesak agar PBB diizinkan mengatur pengiriman makanan dan bahan kebutuhan pokok lain bagi warga di selatan Gaza yang terpaksa mengungsi dan “serba kekurangan.”

Colonna mengatakan, Israel memang berhak membela diri melawan “keburukan Hamas dan bahaya yang ditimbulkannya,” tetapi ia juga memohon agar ada perlindungan bagi warga sipil Palestina.

“Tanggapan Israel harus tegas, harus adil, harus kuat. Kuat tapi adil,” ujarnya setelah melangsungkan pertemuan dengan sejumlah pejabat Israel.

“[Tanggapan Israel] akan adil jika mematuhi hukum internasional, khususnya hukum humaniter atau hukum kemanusiaan internasional, dan melindungi penduduk sipil,” kata Colonna. “Israel adalah negara demokrasi yang hebat, dan menghormati hukum adalah ciri khas negara demokrasi.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Israel Konfirmasi Hamas Menyandera 126 Orang

Juru bicara militer Israel Richard Hecht pada Minggu (15/10/2023) mengonfirmasi bahwa Hamas menyandera 126 orang. Sebelumnya, diperkirakan terdapat sekitar 150 tawanan Israel dan asing yang diculik dalam serangan Hamas pada Sabtu 7 Oktober.

Menurut para pejabat Israel, jumlah sandera yang diketahui telah dikurangi setelah sejumlah jenazah dari lokasi serangan Hamas di Israel selatan ditemukan dan diidentifikasi.

Di antara mereka yang disandera adalah jurnalis Israel Oded Lifshitz (83), yang diculik dari rumahnya di Kibbutz Nir Oz bersama rekannya Yocheved (85), yang disebut telah berkontribusi melalui kerjanya untuk perdamaian dan pengakuan hak-hak Palestina. Demikian seperti dilansir The Guardian, Senin (16/10).

Selama bertahun-tahun dia dilaporkan menulis untuk surat kabar sayap kiri Al Hamishmar dan pada tahun 1972 menjadi salah satu yang memimpin pembelaan terhadap penduduk Badui di Lembah Rafah yang diusir oleh otoritas pendudukan di Sinai.

Lifshitz disebut pula sebagai salah satu jurnalis pertama yang tiba di Sabra dan Shatila di Lebanon dan melaporkan pembantaian yang terjadi di kamp pengungsi Palestina di Beirut pada September 1982. Dalam beberapa tahun terakhir, dia menjadi sukarelawan untuk sebuah kelompok yang mengangkut pasien Palestina ke rumah sakit Israel dalam misi penyelamatan nyawa.

3 dari 4 halaman

Sandera termasuk Warga Negara Asing

Di antara mereka yang diyakini sebagai sandera adalah delapan warga negara Jerman, lima warga negara Amerika Serikat (AS), dua warga negara Meksiko, sejumlah warga Israel, dan hingga 10 warga negara Inggris.

Selama kunjungannya ke Israel dua hari lalu, pemimpin Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyampaikan kekhawatiran mengenai sandera yang merupakan warga negara Uni Eropa atau berkewarganegaraan ganda dan juga soal sekitar 1.000 warga negara Uni Eropa yang terjebak di Gaza.

Beberapa di antara warga Uni Eropa yang terjebak di Gaza bekerja dengan LSM dan lembaga pemerintah. Jumlah mereka belum diungkapkan dan meskipun terdapat diskusi di Brussel mengenai respons terkoordinasi, pengalaman menunjukkan bahwa setiap negara akan menggunakan upaya apapun yang mereka miliki untuk membebaskan warga negaranya.

Dikutip dari NBC News, Hamas melalui juru bicara sayap militernya Brigade Qassam, Abu Obeida, pada Senin (9/10) memperingatkan bahwa mereka akan membunuh satu sandera sipil setiap kali Israel menargetkan warga sipil di rumah mereka di Gaza tanpa peringatan.

4 dari 4 halaman

Israel Bersiap untuk Perang Tahap Selanjutnya

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu bersumpah untuk menghancurkan Hamas. 

Militer Israel mengatakan bahwa pasukannya bersiap melaksanakan berbagai rencana ofensif operasional di tengah meningkatnya ekspektasi akan adanya invasi darat ke Jalur Gaza.

"Pasukan Israel meningkatkan kesiapan operasional untuk tahap perang selanjutnya, dengan penekanan pada operasi darat yang signifikan," demikian pernyataan militer Israel seperti dilansir Politico.

Israel sebelumnya telah meminta warga Palestina untuk mengungsi ke selatan Jalur Gaza. Di daerah kantong tersebut, di mana kondisinya memburuk dan kematian akibat serangan udara Israel meningkat, warga sipil mengatakan mereka tidak aman berada di mana pun.

Di lain sisi, kelompok Hamas telah meminta mereka untuk mengabaikan pesan Israel.

Sementara itu, Axios yang mengutip pejabat AS dan Israel melaporkan bahwa Israel dan AS sedang mendiskusikan kemungkinan kunjungan Presiden Joe Biden ke Israel akhir pekan ini. Para pejabat Israel mengatakan Netanyahu mengundang Biden ke Israel melalui panggilan telepon mereka pada Sabtu (14/10).

Di Brussels, Uni Eropa memutuskan melipatgandakan bantuan kemanusiaannya ke Gaza ketika blok tersebut mendapat tekanan yang semakin besar untuk menerapkan kebijakan yang koheren mengenai krisis Israel-Gaza. Pendanaan kemanusiaan Uni Eropa ke Gaza disebut meningkat dari 25 juta euro menjadi 75 juta euro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.