Sukses

17 Oktober 2015: Penembakan Mematikan di Festival ZombiCon, 1 Orang Tewas

Polisi langsung melakukan pencarian pelaku setelah aksi penembakan di festival bertema zombie, ZombiCon, pada Sabtu, 17 Oktober 2015.

Liputan6.com, Florida - Polisi langsung melakukan pencarian pelaku setelah aksi penembakan di festival bertema zombie, ZombiCon, pada Sabtu 17 Oktober 2015. Insiden ini mengakibatkan satu korban tewas, lima terluka, dan kekacauan di jalan-jalan pusat kota.

Para korban terluka di acara ZombiCon dan dirawat di rumah sakit dengan cedera yang tidak mengancam nyawa, menurut Letnan Polisi Victor Medico.

Ini adalah insiden kedua atas penembakan di pusat kota dalam satu minggu yang sama saat itu.

Melansir USA Today, Selasa (17/10/2023) ZombiCon sendiri adalah sebuah acara tahunan yang sudah memasuki tahun kesembilannya pada 2015 dan diperkirakan menarik lebih dari 20.000 orang.

Medico mengatakan, "Ada banyak saksi di sini, banyak orang yang mengambil foto dan video dengan ponsel mereka. Segala yang bisa membantu penyelidikan ini sangat dihargai."

Penembakan masal itu dimulai pukul 23:45, kata Medico. Kekacauan melanda ketika kerumunan dari ZombiCon berlarian melalui De Leon Plaza.

Jill Stancel, yang bekerja di sebuah barbershop di pusat kota, sedang menjual air kepada peserta ZombiCon ketika dia mendengar tembakan dan melihat orang-orang berlari.

"Kami berada di sini," katanya. "Banyak orang berlari sambil berteriak dan berusaha masuk ke toko."

Stancel mengatakan bahwa dia dan yang lainnya bersama suami dan kerabat lainnya ke toko, berlari ke bagian belakang toko, dan mengunci pintunya.

Mereka juga membiarkan delapan hingga sepuluh orang lainnya masuk. "Mereka berdiri di belakang sambil gemetar dan menangis," lanjutnya.

"Kami tidak tahu apakah itu nyata atau palsu," kata Haley Delmonte dari Naples kepada WBBH-TV.

"Kami mendengar tembakan tepat di depan saya. Melihat orang-orang berlari dan pikiran saya bingung. Itu sangat menakutkan. Kami berlari, lalu kami berhenti... apakah itu nyata?"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada 1 Korban Tewas

Korban tewas adalah Expavious Tyrell Taylor (20) dari Okeechobee.

Taylor, korban tewas satu-satunya, terdaftar sebagai mahasiswa di ASA College, sebuah perguruan tinggi junior di Miami. Ia bersekolah di Clewiston, Florida, sekitar satu jam perjalanan ke timur dari Fort Myers. 

Pelatih sepak bola sekolah menengahnya, Pete Walker, mengatakan Taylor tinggal bersama seorang bibi dan nenek di Okeechobee. 

Walker mengatakan bahwa Taylor "sedang berusaha untuk meraih sesuatu" setelah kehilangan kedua orang tuanya sebagai remaja. "Ini adalah cerita tragis tentang seorang pemuda yang kehilangan nyawanya karena hal yang tidak begitu berarti."

Pushing DaiZies, Inc., penyelenggara acara tersebut, mengunggah pernyataan di Facebook yang menyatakan kesedihan atas "apa yang terjadi dalam area" festival mereka.

"Kami sangat serius dalam menjaga keselamatan pengunjung kami dan mengambil langkah-langkah keamanan dengan mempekerjakan petugas keamanan dan polisi," demikian pernyataan tersebut. "Doa kami untuk keluarga dan individu yang terlibat dalam insiden ini."

Skye Tobias memberikan komentar di postingan tersebut, mengatakan bahwa dia berada dekat dengan tembakan tersebut.

"Kami mendengar tembakan tepat di depan saya," kata Tobias. "Melihat orang-orang berlari dan pikiran saya kacau. Itu sangat menakutkan."

 

3 dari 4 halaman

Langkah Keamanan Dipertanyakan

Beberapa pengunjung acara mempertanyakan langkah-langkah keamanan.

"Mereka memeriksa saya dan tidak akan membiarkan saya membawa borgol palsu, tapi mereka membiarkan seorang pria membawa senjata masuk?! Bodoh," komentar Joelle Faith Filippone-Greaves.

Beberapa menit setelah penembakan, polisi menutup area kejadian dengan garis polisi dan mulai membersihkan bar dan jalan-jalan pusat kota. 

Petugas bersenjata berpatroli di sekitar area kejadian dan memerintahkan orang-orang yang berkumpul untuk meninggalkan daerah tersebut.

Kantor Sheriff County Lee mendirikan pusat komando di dekatnya dan deputi membantu petugas polisi Fort Myers dalam mengamankan kerumunan ZombiCon.

Wali Kota Fort Myers, Randall Henderson, mengatakan penembakan pada Sabtu akan mempercepat rencana pemasangan kamera pengawasan video di pusat kota. 

"Sayangnya, kami sedang menuju ke arah itu. Kami perlu lebih waspada untuk menjaga keamanan warga," katanya.

Rencana sudah dalam perjalanan, kata Henderson. "Ini akan mempercepat kemajuannya."

Penembakan itu terjadi di seberang jalan dari Ford's Garage, sebuah bar hamburger. 

Kathy Parsley, direktur operasional Kearn's Restaurant Group, yang memiliki Ford's dan beberapa restoran lain di pusat kota, mengkonfirmasi bahwa mereka memiliki kamera pengawasan. Dia mengatakan bahwa rekaman dari kamera-kamera tersebut telah diberikan kepada polisi.

Henderson menyebut penembakan itu sebagai kejadian acak dan mengatakan bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah kejahatan semacam itu.

4 dari 4 halaman

Penembakan Massal di Baltimore AS

Penempakan massal di tempat yang ramai juga pernah terjadi di sisi lain AS.

Penembakan massal mengguncang Baltimore, Maryland, Amerika Serikat (AS), pada Minggu (2/7/2023) pagi, waktu setempat. Dua orang tewas dan 28 lainnya terluka, termasuk sekitar 14 anak.

Korban tewas adalah pria usia 20 tahun dan perempuan usia 18 tahun. Sementara itu, sembilan orang dilaporkan masih dirawat di rumah dengan sejumlah luka tembak hingga Minggu sore waktu setempat.

BBC melansir, Senin (3/7/2023), tiga di antara korban luka berada dalam kondisi kritis.

Penjabat Komisaris Departemen Kepolisian Baltimore Richard Worley mengungkapkan bahwa 14 di antara korban luka berusia di bawah 18 tahun. Polisi sendiri masih berusaha memastikan usia para korban.

Adapun tersangka penembakan belum ditangkap dan motif belum diketahui. Worley mendesak masyarakat untuk memberikan informasi terkait tragedi penembakan Baltimore.

"Kami memastikan ada lebih dari satu (tersangka). Namun, kami belum dapat memastikan berapa banyak," kata Worley seperti dikutip dari Reuters.

Tragedi penembakan mengguncang Kota Baltimore saat awal liburan akhir pekan Fourth of July, di mana warga AS biasanya larut dalam perayaan melalui parade, barbeku, dan pesta kembang api.

"Ini adalah tindakan pengecut... Kami tidak akan berhenti sampai kami menemukan Anda. Hingga saat itu tiba, saya berharap bahwa dalam setiap napas yang Anda ambil, Anda memikirkan tentang nyawa yang telah Anda renggut," ungkap Wali Kota Baltimore Brandon Scott.

"Tragedi ini sekali lagi menyoroti dampak dan kebutuhan untuk menangani penyebaran senjata ilegal yang berlebihan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini