Sukses

4 Bayi Terlahir 'Istimewa', Punya Buntut Ala Dewa Hanuman Hingga Belalai Mirip Dewa Ganesha

Beberapa bayi di dunia terlahir unik dan memiliki bentuk tubuh yang tak biasa bahkan langka. Sejumlah orang bahkan mengaitkannya dengan sosok suci nan agung seperti Dewa, atau karakter di kisah dongeng anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa beberapa bayi di dunia terlahir unik dan memiliki bentuk tubuh yang tak biasa bahkan langka?

Beberapa orang bahkan mengaitkan kondisi tersebut dengan sosok suci nan agung seperti dewa, atau karakter di kisah dongeng anak-anak.

Berikut ini beberapa anak yang terlahir 'istimewa', dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023):

1. Anak di India Memiliki Ekor Seperti Dewa Monyet Hanuman, Dijadikan Objek Pemujaan

<p>Ilustrasi Dewa Hanuman yang dikaitkan dengan ekor di tubuh anak di India.</p>

Seorang anak laki-laki di India lahir dengan "ekor" yang membuatnya dianggap sebagai dewa monyet Hindu, Hanuman. 

Anak tersebut bernama Arshid Ali Khan yang dikenal sebagai Balaji. Ia lahir dengan ekor sepanjang 10 sentimeter, pernah menjadi objek pemujaan di desanya, di luar Chandigarh, India, saat itu. 

Ratusan orang pernah datang untuk memujanya. Bahkan banyak dari mereka yang meninggalkan uang tunai atau hadiah sebagai bentuk berkat dilansir dari Mirror, Selasa 10 Oktober 2023.

Bagian tak biasa dan langka yang tumbuh di bagian belakang tubuh Balaji ini disebut "ekor," muncul selama perkembangan janin di dalam rahim dan seharusnya menghilang secara alami seiring berjalannya waktu. Kendati demikian bagian tersebut tak kunjung menghilang.

Kondisi Balaji yang tak normal lantas membuat dokter menyarankan agar keluarganya menghilangkan ekor tersebut. Namun pihak keluarga merasa ragu melakukan proses tersebut.

Seiring pertumbuhannya, ekor 'Dewa Hanuman' milik Balaji menyebabkan kaki dan jemarinya bengkok. Ia dikabarkan kesusahan untuk berjalan tanpa bantuan. 

Balaji pun lantas menjalani operasi pengambilan ekornya selama tujuh jam di Rumah Sakit Fortis Mohali di Punjab secara gratis. Meskipun tidak bisa memperbaiki kelainan pada kakinya, operasi ini diharapkan memberikan Balaji kesempatan untuk menjalani kehidupan normal dan mengejar cita-cita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bayi Terlahir Memiliki Ekor dan 'Bola' di Brazil

Beberapa dokter dikejutkan dengan kasus langka seorang bayi laki-laki yang lahir dengan ekor, sebuah kelainan bawaan yang langka. Kejadian ini tercatat dalam sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam Journal of Pediatric Case Surgery Reports.

Menurut penelitian, ekor ini mulai tumbuh di dalam rahim, seiring dengan perkembangan embrionik pada umumnya, dilansir The New York Post, Selasa (10/10/2023). 

Bayi yang tidak disebutkan namanya ini menjadi salah satu dari sedikitnya 40 kasus yang terdokumentasi dalam sejarah, di mana bayi lahir dengan bagian ekor.

Dilaporkan bahwa ekor bayi tersebut, meskipun unik, terdiri hanya dari jaringan dan lemak setelah kelahiran. Sebaliknya, banyak bayi lainnya dilahirkan dengan ekor palsu yang terdiri dari tonjolan tulang dan rawan.

Meskipun bayi ini tidak mengalami komplikasi pada anggota tubuhnya, keluarga memilih untuk mencabut ekor dan "bola" tersebut. Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai alasan dan prosedur operasi tersebut dilakukan.

3 dari 4 halaman

3. Bayi India Terlahir dengan Belalai di Wajah Mirip Dewa Ganesha

Bayi unik lainnya berjenis kelamin laki-laki di India terlahir dengan wajah disebut-sebut mirip Dewa Ganesha. Peristiwa langka ketika seorang wanita dari Kota Alwar melahirkan anaknya yang memiliki belalai, terjadi pada 31 Juli 2023 pukul 21.30.

Kabar kelahiran di rumah sakit di Dausa, Rajasthan ini sontak memicu perhatian. Orang-orang dikabarkan berkerumun hendak melihat bayi yang disebut titisan Ilahi tersebut.

Dilansir dari India Today Selasa (3/10/2023), bayi langka ini memperlihatkan ciri-ciri fisik tidak biasa pada tubuhnya termasuk memiliki belalai yang disebut-sebut mirip dengan rupa Dewa Ganesha.

Staf rumah sakit, yang memberikan bantuan selama persalinan, terkejut melihat bentuk fisik bayi "Dewa" ini. Namun, bayi tersebut tak bertahan lama, ia menghembuskan nafas terakhirnya hanya 20 menit setelah lahir.

Dr. Shivaram Meena, Kepala Petugas Medis (CMO) rumah sakit Distrik Dausa, memberikan penjelasan tentang kemungkinan penyebab kejadian ini. Selain kemungkinan kelainan genetik, ia mengungkapkan bahwa beberapa kasus melibatkan bayi dengan ciri-ciri aneh ini dapat diakibatkan oleh kelainan kromosom.

Baca selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

4. Bocah di Amerika ini Punya Kaki Seperti Putri Duyung

Jika di India ada bayi laki-laki terlahir dengan wajah disebut-sebut mirip Dewa Ganesha -- memperlihatkan ciri-ciri fisik tidak biasa pada tubuhnya termasuk memiliki belalai, di Inggris ada bayi 'putri duyung'.

Mungkin adalah kisah dongeng favorit sebagian anak-anak di dunia. Namun, bagaimana jadinya jika seorang anak terlahir dengan bentuk kaki seperti putri duyung?

Adalah Noelle Spivey, seorang asisten dokter gigi berusia 35 tahun dari Lubbock, Texas, Amerika Serikat, yang melahirkan "putri duyung" cilik itu.

Dilansir Metro pada Minggu (8/10/2023), Noelle mendapati bahwa putrinya, Blaire, memiliki kelainan janin langka yang dikenal sebagai sirenomelia pada pemindaian kehamilan 12 minggu. Bayi tersebut terlahir dengan kakinya menghadap ke belakang dari lutut dan menyatu satu sama lain, memberikan kesan seperti kaki putri duyung.

Prognosis atau prediksi yang diberikan dokter tidak dapat memastikan sampai kapan Blaire dapat bertahan hidup setelah terlahir di dunia. Sebagai seorang ibu, Noelle lantas merasa putus asa mendengar kabar tersebut.

Baca selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini