Sukses

Baterai Mobil Listrik Meledak, 5 Kendaraan di Sydney Hangus Terbakar

Insiden terkait mobil listrik terjadi di Sydney. Beruntung tak ada korban jiwa.

Sydney - Ledakan baterai kendaraan listrik di Sydney menghancurkan lima unit mobil. Kebakaran dipicu oleh sebuah mobil listrik mewah. 

Dilaporkan ABC Australia, Senin (17/9/2023), petugas pemadam kebakaran mengonfirmasi percikan api menyebar dari baterai lithium-ion yang terlepas dari sebuah mobil mewah ke empat mobil terdekat yang terparkir di bandara sekitar pukul 20.30.

Inspektur Adam Dewberry dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan NSW mengatakan kebakaran akibat baterai sering terjadi, namun baterai kendaraan listrik tidak menjadi perhatian pihak berwenang.

Insiden terjadi pada Senin pekan lalu. 

"Baterai mobil listrik sangat berbeda dengan sistem pada perangkat yang lebih kecil, seperti skuter atau sepeda listrik," katanya.

"Kami tidak menemukan banyak kasus kebakaran akibat baterai kendaraan elektronik. Baterai kendaraan listrik umumnya memenuhi standar dan aturan yang jauh lebih ketat."

"Saya tidak tahu merek kendaraannya, tapi saya yakin pabrik-pabrik mobil akan tertarik menelusuri hal ini," ujarnya.

Tidak jelas mengapa baterai mobil listrik itu dikeluarkan dari mobil sebelum terjadi kebakaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Kebakaran Bisa Lebih Besar

Inspektur Adam mengatakan kebakaran yang lebih besar bisa saja terjadi.

"Tim aviasi berada di lokasi dengan sangat cepat dan mampu memadamkan api kebakaran. Bahkan ketika mereka berada dekat api... api menyebar dengan cukup cepat."

Tim pemadam kebakaran dan penyelamat memantau baterai tersebut semalaman, sebelum menyerahkan lokasi kejadian kembali kepada pihak penyelidik bandara.

Jika terjadi kebakaran baterai lithium-ion, petugas pemadam kebakaran akan mendinginkan baterai dan memasukkannya ke dalam wadah berisi air untuk mencegah api kembali menyala.

Alternatifnya, Inspektur Adam mengatakan, petugas pemadam kebakaran akan tetap berada di lokasi sepanjang malam jika terjadi percikan api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.