Sukses

Pertemuan Petinggi Negara ASEAN di Tengah Tensi Ketengangan AS-China hingga Isu Myanmar

Para pemimpin negara-negara anggota ASEAN sudah melakukan pertemuan puncak pada Selasa (5/9) di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemimpin negara-negara anggota ASEAN sudah melakukan pertemuan puncak pada Selasa (5/9) di Jakarta. Kelompok negara di kawasan Asia Tenggara ini berupaya untuk merespons dengan cepat segala isu, seperti krisis di tengah meningkatnya ketegangan AS-Tiongkok dan sengketa wilayah di Laut China Selatan.

Berbicara pada upacara pembukaan, Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo, ketua blok tersebut tahun ini, mengatakan bahwa tantangan masa depan “semakin berat” di tengah ketegangan geopolitik di seluruh dunia.

“Tetapi ASEAN telah sepakat untuk tidak menjadi wakil kekuatan mana pun, dan bekerja sama dengan siapa pun demi perdamaian dan kemakmuran,” tegas Jokowi.

“Kita tidak seharusnya menjadikan kapal kita (ASEAN) sebagai arena persaingan yang saling merusak.”

Pembicaraan selama tiga hari tersebut menampilkan serangkaian pertemuan tingkat tinggi termasuk KTT Asia Timur, yang dihadiri oleh lebih banyak pemimpin dari kekuatan regional seperti Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Pertemuan tersebut juga menyoroti debut diplomatik Perdana Menteri baru Kamboja Hun Manet, yang bulan lalu menggantikan ayahnya, Hun Sen.

Namun Presiden AS Joe Biden melewatkan pertemuan tersebut, meskipun ia akan menghadiri KTT G20 di India akhir pekan ini yang diikuti dengan kunjungan kenegaraan ke Vietnam. Washington malah mengutus Wakil Presiden Kamala Harris untuk menghadiri sesi terkait ASEAN.

“Sayangnya, platform ASEAN bukan lagi satu-satunya yang berperan dan kekuatan pertemuannya tidak sekuat sebelumnya, karena kelompok-kelompok minilateral dan forum-forum lain memberikan peluang serupa,” kata Sharon Seah, peneliti senior di think tank yang berbasis di Singapura, dikutip dari laman Nikkei Asia, Minggu (10/9/2023).

Ketidakhadiran Biden menimbulkan pertanyaan atas keterlibatan Washington di kawasan ini, sementara China meningkatkan pengaruhnya sebagai investor besar dalam proyek-proyek infrastruktur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joe Biden Tak Hadiri KTT ASEAN

Seorang diplomat senior mengatakan, keputusan Gedung Putih disambut dengan “kejutan” dan “kekecewaan” dari Indonesia, ketua ASEAN tahun ini.

Bahkan ketika ASEAN memperdalam hubungannya dengan Tiongkok, blok tersebut menghadapi sejumlah tantangan keamanan dengan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, terutama di Laut Cina Selatan.

Beijing mengklaim sebagian besar perairan tersebut sebagai miliknya meskipun ada klaim yang tumpang tindih dengan beberapa negara Asia Tenggara.

Tiongkok baru-baru ini juga mengungkapkan peta teritorial baru, yang mencakup “sembilan garis putus-putus” yang kontroversial, sebuah klaim yang mencakup hampir seluruh perairan yang disengketakan dan kemudian dibatalkan di pengadilan internasional.

Di antara anggota ASEAN, Malaysia, Filipina dan Vietnam memprotes peta “standar” baru Tiongkok.

Selama dua dekade terakhir, ASEAN dan Tiongkok telah merundingkan kode etik Laut Cina Selatan yang mengikat secara hukum, namun hingga kini belum terwujud.

Meskipun kedua belah pihak sepakat pada Juli 2023 untuk menyelesaikan perjanjian tersebut dalam waktu tiga tahun, sengketa wilayah yang mendasarinya tidak menunjukkan tanda-tanda penyelesaian.

Di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan tantangan keamanan, ASEAN berupaya menyederhanakan proses pengambilan keputusan selama krisis.

3 dari 4 halaman

Isu Geopolitik Berjalan Cepat

Dalam pengarahan pada tanggal 28 Agustus, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan bahwa para pemimpin akan membahas aturan prosedur baru untuk memfasilitasi pengambilan keputusan tanpa perlu mengubah Piagam ASEAN.

Saat ini, belum ada proses yang jelas untuk menangani isu-isu kritis, termasuk apakah akan melibatkan kepala negara.

Jika masalah tidak terselesaikan, maka masalah tersebut akan dibiarkan pada levelnya masing-masing, meskipun dalam keadaan darurat, menurut para analis.

Seah dari ISEAS-Yusof Ishak Institute mencatat bahwa masalah geopolitik “berkembang sangat cepat” dan berdampak langsung pada kawasan.

Kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan adalah contoh di mana ASEAN harus segera bersatu dan merumuskan tanggapan, kata Seah.

“Dalam suasana ketegangan AS-Tiongkok yang semakin meningkat, kita dapat memperkirakan akan terjadi lebih banyak perkembangan yang mengharuskan ASEAN lebih gesit dalam proses pengambilan keputusannya,” kata Seah, seraya menambahkan bahwa blok tersebut dapat mengambil pendekatan tanpa ragu-ragu untuk masalah-masalah penting dan mendesak.

Agenda ini “sangat progresif,” kata Aleksius Jemadu, seorang profesor di Universitas Pelita Harapan Indonesia.

Ada beberapa permasalahan di ASEAN yang “terhenti atau sangat lambat penyelesaiannya karena kendala beberapa anggota saja,” ujarnya.

Salah satu tantangan kritisnya adalah kebuntuan di Myanmar yang diperintah oleh militer. Bahkan dua tahun setelah diadopsinya 5 Point Consencus, yang menyerukan diakhirinya kekerasan dan dialog antara militer dan oposisi, hanya ada sedikit kemajuan dalam implementasinya.

Selama pertemuan para menteri luar negeri ASEAN, Retno Marsudi mengatakan bahwa blok tersebut akan melakukan “tinjauan komprehensif” mengenai implementasi 5PC.

“ASEAN hanya dapat maju dengan kekuatan penuh jika kita dapat memastikan solusi damai dan abadi di Myanmar,” kata Marsudi saat membuka pertemuan.

 

4 dari 4 halaman

Terobosan Thailand untuk Myanmar

Berharap adanya terobosan, Thailand pada Juni 2023 mengadakan pertemuan informal bekerja sama dengan rezim militer Myanmar yang mencakup tujuh negara anggota, serta Tiongkok dan India.

Pada Juli 2023, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr., dalam pertemuan bilateral, membahas pemberian “fleksibilitas” kepada negara-negara tetangga dalam berinteraksi dengan rezim secara informal.

Selain masalah keamanan, KTT tahun ini akan menjadi KTT pertama yang menyelenggarakan acara unggulan yang disebut Forum Indo-Pasifik ASEAN, yang akan melibatkan pemerintah dan sektor swasta dalam upaya mendorong lebih banyak kerja sama ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

“Konsep negara-negara lain tentang Indo-Pasifik terutama berfokus pada masalah keamanan, dan ini juga penting,” kata Retno.

“Tetapi yang sama pentingnya untuk ditekankan adalah perlunya kerja sama konkrit dan kolaborasi inklusif.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.