Sukses

Puji Gala Dinner KTT ASEAN di Depan Jokowi, Wapres AS Kamala Harris: Nyaris Semewah Pertunjukan Hollywood

Kamala Harris juga menyampaikan terima kasih atas kepemimpinan Jokowi dalam memimpin ASEAN tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jamuan makan malam atau gala dinner yang digelar oleh pemerintah Indonesia dalam perhelatan pertemuan tingkat kepala negara selalu berhasil menjadi sorotan. 

Setelah sebelumnya berhasil menggelar gala dinner untuk KTT G20 di Bali dan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengundang kepala negara untuk makan malam di tengah rangkaian KTT ke-43 ASEAN. Acara ini diselenggarakan di Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Rabu 6 September 2023. 

Acara yang dimulai sekitar pukul 19.00 itu menampilkan hiburan bagi para kepala negara dan delegasi dengan penampilan tari-tarian tradisional, representasi budaya dari setiap negara anggota ASEAN, pertunjukan video mapping yang menghiasi gedung pencakar langit hingga pesta kembang api. 

Pertunjukan itu lantas mendapat pujian dari para pejabat dan kepala negara, salah satunya Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris. 

"Seperti yang telah saya sampaikan semalam, jamuan makan, produksi, dan hiburannya nyaris melebihi apa pun yang bisa ditampilkan Hollywood," kata Kamala Harris di sela-sela KTT Asia Timur keesokan harinya, Kamis (7/9). 

"Jadi, saya ucapkan selamat kepada Anda dan semua yang telah bekerja keras untuk malam yang indah, dan pekan yang baik dan produktif," sambungnya.

Adapun pertunjukkan-pertunjukkan di Hollywood dikenal mewah dan spektakuler.

Pada kesempatan tersebut, Kamala Harris juga menyampaikan terima kasih atas kepemimpinan Jokowi dalam memimpin ASEAN tahun ini.

Mendengar pujian tersebut, Presiden Jokowi terlihat melemparkan senyumnya. 

Kepala negara lain yang juga terlihat begitu menikmati acara makan malam tersebut adalah Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao. Di akhir acara, ia bahkan berjoget di atas panggung bersama para pengisi acara.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sandiaga Uno Ikut Memuji

Pujian juga datang dari kalangan menteri Tanah Air. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga ikut memuji lewat unggahannya di sosial media. 

"Petjahhh! Video mapping KTT ke-43 ASEAN Jakarta pukau para tamu undangan yang datang," tulisnya di akun TikTok pribadinya @sandiagauno.

Pada gala dinner KTT ASEAN kali ini, para undangan disuguhi beragam makanan khas nusantara dari Sumatra Utara, Jawa, dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebagai makanan pembuka, para pemimpin menikmati sajian kepiting andaliman yaitu salad kepiting yang disajikan dengan saus dari rempah andaliman dan dilengkapi dengan potongan buah semangka, biji labu, dan bayam.

Untuk menu utama, para undangan disuguhi antara lain daging wagyu khas Lampung dengan saus kemiri chimichurri dan dilengkapi dengan kentang dan kecambah kubis. Adapun untuk menu penutup, para undangan menikmati pisang bumbu dengan cokelat, jasmine apple, dan matcha moss.

Selepas santap malam, para tamu undangan kemudian disuguhi beragam penampilan dari sejumlah musisi di Tanah Air. Penampilan tersebut terbagi menjadi empat segmen dengan masing-masing tema yaitu "The Sound of Indonesia, "The Soul of ASEAN", "The Wave of Tomorrow", dan "The Epicentrum of Growth".

3 dari 3 halaman

Sosok di Balik Suksesnya Gala Dinner KTT ASEAN

Sosok di balik suksesnya gala dinner tersebut tak lain dan tak bukan adalah Wishnutama, yang juga mengepalai acara gala dinner KTT G20 di Bali dan KTT ASEAN di Labuan Bajo. 

Dalam unggahan di Instagramnya, ia kembali mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas kesempatan untuk terlibat dalam acara tersebut serta kepada Kamala Harris yang telah memberikan pujiannya. 

"Terima kasih banyak Bapak Presiden @jokowi atas kesempatan, kepercayaan, dan apresiasi kepada kami semua yang terlibat untuk membuat perhelatan KTT Asean 2023," tulisnya. 

"Terima kasih banyak Ibu Wakil Presiden Amerika Serikat @vp @kamalaharris atas apresiasinya terhadap kerja keras dan upaya kami semua untuk menyukseskan #kttasean2023 di Indonesia," sambung unggahan tersebut. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by wishnutama (@wishnutama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini