Sukses

Foto Kamala Harris Tiba di Indonesia untuk KTT ASEAN Jakarta, Berikut Profil dan Biodatanya

Berikut ini sejumlah foto Kamala Harris tiba di Indonesia Selasa malam, beserta profil dan biodata singkatnya. Ia menggantikan Presiden AS Joe Biden untuk acara KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Kamala Harris telah tiba di Indonesia, Selasa 5 September 2023 malam. Ia akan menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-43 ASEAN di Senayan JCC Jakarta, Rabu (6/9/2023), mewakili Amerika Serikat.

Kedatangan Kamala Harris menggantikan Presiden AS Joe Biden yang absen pada perhelatan KTT ASEAN 2023.

Berdasarkan keterangan dari Sekretariat Presiden, Kamala Harris diketahui tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, pada Selasa 5 September 2023 sekitar pukul 22.00 WIB. Kedatangan Kamala Harris disambut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Sebagai informasi, KTT ke-43 ASEAN digelar pada 5 hingga 7 September 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi membuka penyelenggaraan KTT ASEAN.

Berikut ini foto Kamala Harris tiba di Indonesia Selasa malam:

1. Ini foto Kamala Harris di indonesia. Ia disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

<p>Kamala Harris sediri diagendakan hadir dalam rangkaian kegiatan KTT ASEAN di JCC pada Rabu (6/7). (AP Photo/Achmad Ibrahim, Pool)</p>

 2. Kamala Harris melihat tarian khas tradisional Indonesia.

<p>Pesawat yang membawa Kamala Harris mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 22.00 WIB. Dia kemudian disambut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (AP Photo/Achmad Ibrahim, Pool)</p>

3. Pesawat yang membawa Kamala Harris tiba pada Selasa malam tadi.

<p>Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris (kanan) berbincang dengan Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin saat penari tradisional tampil setibanya dia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Indonesia, Selasa (5/9/2023). Kamala Harris tiba di Indonesia untuk menghadiri KTT ke-43 ASEAN. (AP Photo/Achmad Ibrahim, Pool)</p>

4. "Saya menantikan untuk menghadiri serangkaian pertemuan puncak di Indonesia dengan mitra kami di seluruh Indo-Pasifik," kata Kamala Harris di akun Instagram vp.

<p>Wakil Presiden AS Kamala Harris tiba di Indonesia untuk KTT ASEAN. (Instagram Vp Kamala Harris)</p>

5. Di Instagram Kamala Harris mengatakan Amerika Serikat merupakan kekuatan besar di Pasifik, dan rakyat Amerika mempunyai kepentingan besar terhadap masa depan kawasan ini.

<p>Wakil Presiden AS Kamala Harris tiba di Indonesia untuk KTT ASEAN 2023. (Instagram Vp Kamala Harris)</p>

Berikut ini profil dan biodata Kamala Harris, Wakil Presiden AS:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Kamala Harris

Kamala Harris adalah Wakil dari Presiden Amerika Serikat ke-46.

Sebelum terpilih menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris adalah seorang senator Partai Demokrat. Ia mencetak sejarah sebagai wanita pertama dari kalangan kulit hitam yang menjadi wakil presiden AS.

Selain itu, Kamala Harris juga merupakan orang pertama keturunan Asia Selatan yang berhasil melenggang ke Gedung Putih sebagai wakil presiden.

Dikutip dari Britannica.com, Kamala Harris memiliki nama lengkap Kamala Devi Harris. Ia lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964. Saat ini, ia berusia 56 tahun. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Jaksa Agung pada 2011-2017.

Situs Business Insider menyebut Kamala Harris merupakan keturunan Jamaika dan India. Ayahnya yang bernama Donald Harris adalah seorang ahli ekonomi berdarah Jamaika. Sementara ibunya bernama Shyamala Gopalan, peneliti kanker dari India namun pindah ke Amerika Serikat pada usia 19 tahun untuk meraih gelar doktor di University of California, Berkeley.

Situs profil resminya menyebut ibu dari Kamala Harris adalah Shyamala Goppalan Harris yang merupakan seorang aktivis dan peneliti kanker. Shyamala lahir di Tamil Nandu, kemudian ia menuntut ilmu di University California di Berkeley (UC Berkeley). 

Shyamala menikahi Donald Harris, seorang imigran kulit hitam dari Jamaika. Keduanya bercerai saat usia Kamala Harris masih belia.

Kamala Harris merupakan cawapres keturunan kulit hitam pertama di AS. Ia pun mendapat dukungan dari mantan Presiden Barack Obama.

Pada 2017, Kamala Harris terpilih menjadi senator California. Ia menyebut prestasinya yakni melindungi pemilik rumah dari penyitaan, membela pernikahan LGBT, mendukung layanan kesehatan terjangkau, serta pro-lingkungan hidup.

Pada 2014, Kamala menikah dengan Douglas Emhoff. Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini bakal menjadi Second Gentleman atau Wakil Bapak Negara pertama Amerika Serikat.

Keduanya lalu menikah di gedung pengadilan di Santa Barbara akhir tahun itu dalam sebuah upacara yang diresmikan oleh saudara perempuan Kamala Harris, Maya.

Kamala memiliki dua anak tiri bernama Cole dan Ella. Ia dipanggil 'Momala' oleh anak-anaknya.

3 dari 3 halaman

Biodata Kamala Harris

Nama: Kamala Devi Harris

Lahir: 20 Oktober 1964, di Oakland, California.

Jabatan: Wakil Presiden Amerika Serikat. Sebelumnya Senator Junior dari California; duduk di komite Anggaran Senat, Keamanan Dalam Negeri dan Urusan Pemerintahan, Kehakiman, dan Intelijen. Jaksa wilayah wanita pertama dengan kulit hitam dan dari Asia Selatan di San Francisco.

Jaksa Agung California pertama dengan keturunan kulit hitam atau Asia Selatan. Wanita kulit berwarna pertama yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Pendidikan: Universitas Howard, Sekolah Tinggi Hukum Hastings

Pasangan: Douglas Emhoff (menikah 2014)

Keistimewaan dan Penghargaan: Dinobatkan sebagai salah satu dari 75 litigator wanita terbaik di California oleh surat kabar hukum The Daily Journal dan "Woman of Power" oleh National Urban League.

Dianugerahi Penghargaan Thurgood Marshall oleh National Black Prosecutors Association. Dinamakan Rodel Fellow oleh Aspen Institute. Namanya juga masuk dalam jajaran dewan Asosiasi Pengacara Distrik California.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini