Sukses

Choi Siwon dan Dita Karang Meriahkan Resepsi Hari Kemerdekaan Indonesia di Seoul

Resepsi tersebut sekaligus merayakan peringatan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan yang ke-50 dengan tema: "Persahabatan Lebih Erat dan Kemitraan Lebih Kuat."

Liputan6.com, Seoul - Semarak perayaan HUT ke-78 RI masih terasa hingga saat ini, terlebih di KBRI Seoul yang baru menyelenggarakan resepsi diplomatik peringatan kemerdekaan Indonesia pada Kamis 31 Agustus 2023. 

Acara yang diselenggarakan di Hotel Lotte Seoul tersebut sekaligus merayakan peringatan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan yang ke-50 dengan tema: "Persahabatan Lebih Erat dan Kemitraan Lebih Kuat". 

Dalam keterangan resmi dari Kedutaan Besar Indonesia di Seoul yang diterima Jumat (1/9/2023), disebutkan bahwa resepsi itu dihadiri oleh sekitar 700 tamu undangan. Terdiri dari pejabat pemerintah, parlemen, korps diplomatik, pengusaha, akademisi hingga Friends of Indonesia

Turut memeriahkan acara tersebut, anggota girlband K-pop Secret Number, Dita Karang asal Indonesia, yang hadir sebagai Representative Icon untuk Peringatan 50 Tahun Persahabatan Indonesia Korea dari KBRI Seoul. Selain itu, anggota grup K-pop Super Junior, Choi Siwon, juga turut hadir sebagai Duta Korsel untuk peringatan 50 tahun persahabatan Indonesia-Korea Selatan. 

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto menyampaikan kemajuan perkembangan Indonesia serta capaian kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, khususnya dalam status Kemitraan Strategis Khusus di berbagai sektor. 

"Penguatan kerja sama antara kedua negara yang berorientasi masa depan diharapkan berekembang, termasuk melalui kontribusi investor Korea dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)," ujarnya. 

Acara resepsi juga semakin meriah dengan pertunjukan angklung oleh Saung Angklung Mang Udjo dan kelompok Tari Tradisional Indonesia (KTTI) binaan KBRI Seoul. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahfud MD Turut Hadir

Tamu kehormatan sekaligus perwakilan pemerintah Korea Selatan yang hadir dalam acara tersebut adalah Kim Gi Hyeon, anggota National Assembly dan Ketua People Power Party yang berkuasa, sekaligus Ketua Komite Persahabatan Parlemen Korea-Indonesia. 

Dalam sambutannya, Hyeon menyampaikan dukungan terhadap hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan di berbagai bidang, serta harapan agar kemitraan kedua negara semakin maju dalam waktu 50 tahun mendatang. 

Selain itu, Menko Polhukam RI Mahfud MD, yang tengah melakukan kunjungan ke Seoul juga hadir dalam acara tersebut. Ia meyakini, Indonesia dan Korea Selatan memiliki modalitas yang kuat dan unik dalam kemitraannya, karena adanya kesamaan nilai-nilai demokrasi, ekonomi hingga penegakan hukum internasional.

Mahfud berharap, kerja sama kedua negara tidak hanya berorientasi pada isu global tetapi juga meliputi isu bilateral yang menjadi prioritas seperti ketahanan energi, pangan infrastruktur hingga pembangunan IKN. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.