Sukses

25 Agustus 2018: Kebakaran Hotel di Kota Timur Laut China Tewaskan 19 Orang, 100 Petugas Dikerahkan

Sebanyak 19 orang tewas dalam kebakaran hotel yang terjadi pada Sabtu pagi, 25 Agustus 2018 di Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang di China bagian timur laut. Departemen pemadam kebakaran setempat yang mengkonfirmasi insiden ini pada saat itu.

Liputan6.com, Harbin - Sebanyak 19 orang tewas dalam kebakaran hotel yang terjadi pada Sabtu pagi, 25 Agustus 2018 di Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang di China bagian timur laut. Departemen pemadam kebakaran setempat yang mengkonfirmasi insiden ini pada saat itu.

Kebakaran mematikan ini bermula pada pukul 04.36 pagi hari kejadian, di Hotel Beilong Hot Spring Leisure di Distrik Songbei. 

Melansir dari XinHua Net, petugas pemadam kebakaran berhasil mengungsikan lebih dari 80 orang dan menyelamatkan 20 lainnya yang terjebak di dalam hotel. Kebakaran pun akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 7:50 pagi.

Petugas pemadam kebakaran menemukan 18 jenazah di lokasi kejadian dan satu orang dinyatakan meninggal di rumah sakit setelah upaya pengobatan gagal. Ada total 23 orang terluka sedang yang dirawat di rumah sakit setempat. 

Kebakaran ini melalap area sekitar seluas 400 meter persegi.

Lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran dan 30 mobil pemadam kebakaran dikirim bertugas ke tempat kejadian.

Kementerian Manajemen Darurat telah mendorong upaya penyelamatan dan penyelidikan penuh, serta mengirim tim kerja ke Harbin untuk memandu penyelidikan. Pemerintah kota sedang meluncurkan inspeksi keselamatan di seluruh kota.

Khyungse, wakil direktur biro pengendalian kebakaran Kementerian Manajemen Darurat, mengatakan bahwa insiden ini dan beberapa kebakaran mematikan lainnya dalam bulan itu, Agustus di tahun 2018 mencerminkan masalah seperti kelalaian tanggung jawab di beberapa tempat.

Pejabat tersebut menuntut pemeriksaan keselamatan untuk mencegah kebakaran, terutama di hotel, rumah sakit, panti jompo, taman kanak-kanak, sekolah, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, serta obyek wisata.

Departemen pemadam kebakaran setempat harus siap sepenuhnya di periode rawan kebakaran ini, kata Khyungse, sambil menekankan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi dan patroli yang lebih intens di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.