Sukses

Kronologi Kecelakaan Pesawat Jatuh di Selangor Malaysia, Jumlah Korban Tewas 10

Berikut ini kronologi kecelakaan pesawat jatuh di Selangor Malaysia mengutip dari sejumlah sumber.

Liputan6.com, Selangor - Kecelakaan pesawat Malaysia tengah jadi sorotan. Pasalnya peristiwa tersebut menelan korban jiwa. Sedikitnya 10 orang tewas akibat pesawat jatuh di jalan raya di utara Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (17/8/2023).

"Untuk saat ini, saya dapat mengatakan setidaknya 10 orang tewas dalam kecelakaan pesawat Malaysia. Dua pengendara yang melintas – satu di mobil dan satu di sepeda motor – juga tewas bersama delapan orang yang berada di dalam pesawat,” kata kepala polisi setempat, Mohamad Iqbal Ibrahim seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (18/8/2023).

Jumlah korban tewas pesawat jatuh tersebut sejauh ini dinyatakan pihak berwenang 10 orang.

Berikut ini kronologi pesawat jatuh Selangor Malaysia mengutip dari sejumlah sumber:

Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) seperti dilansir CNN menyebutkan, "pesawat yang membawa enam penumpang dan dua awak pesawat itu berangkat dari Bandara Internasional Langkawi menuju Bandara Sultan Abdul Aziz Shah (Subang)".

"Kontak pertama yang dilakukan pesawat dengan Menara Pengawas Lalu Lintas Udara Subang terjadi pada pukul 14.47 waktu setempat dan izin pendaratan diberikan pada pukul 14.48."

Pernyataan yang sama kemudian menyebutkan kronologi bahwa "Pada pukul 14.51 waktu setempat, menara pengawas mengamati asap yang berasal dari lokasi kecelakaan tetapi tidak ada panggilan mayday yang dilakukan oleh pesawat."

Pesawat itu dilaporkan menabrak sebuah mobil dan sepeda motor, mengakibatkan masing-masing pengemudi tewas.

Laporan The Guardian menyebut Mohamad Syahmie Mohamad Hashim, mantan anggota angkatan udara Malaysia, mengatakan dia melihat pesawat terbang tidak menentu. "Tidak lama kemudian saya mendengar ledakan keras," katanya. "Saya melesat menuju lokasi dan melihat puing-puing pesawat. Saya juga melihat [sebuah] tubuh manusia terbakar. Saya tidak bisa berbuat apa-apa.”

Sejumlah saksi lain mengatakan pesawat Beechcraft Model 390 terbakar saat menghantam tanah di Elmina, dekat Shah Alam. Sebuah ledakan terdengar, kata mereka.​

Video singkat yang dibagikan di Twitter, yang sekarang dikenal sebagai X, menunjukkan api dan asap hitam mengepul dari lokasi kecelakaan pesawat, yang tertutup jelaga gelap. Puing-puing berserakan dan rumah-rumah terlihat di latar belakang.

Polisi mengatakan Johari Harun, seorang anggota majelis negara bagian di negara bagian Pahang tengah yang bertanggung jawab atas perumahan dan lingkungan, termasuk di antara penumpang pesawat yang tewas.

Otoritas penerbangan sipil Malaysia mengatakan enam penumpang dan dua awak pesawat berada di dalam pesawat saat jatuh.

Pesawat lepas landas dari pulau resor utara Langkawi dan menuju ke bandara Sultan Abdul Aziz Shah di barat ibu kota, Kuala Lumpur, kata kepala otoritas penerbangan sipil, Norazman Mahmud.

Biro Investigasi Kecelakaan Udara akan menyelidiki kecelakaan itu.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Identitas Korban Belum Diungkapkan

Dilansir Free Malaysia Today, pesawat Beechcraft Model 390 itu jatuh di Guthrie Highway, dekat Elmina, Shah Alam.

Kepala eksekutif CAAM Norazman Mahmud mengatakan bahwa pesawat nahas itu dioperasikan oleh Jetvalet Sdn Bhd dan berangkat dari Langkawi pada pukul 14.08 waktu setempat.

Kepala Polisi Selangor Hussein Omar Khan mengatakan pihaknya belum dapat mengungkapkan detail apapun saat ini.

"Kami memiliki manifes penerbangan, namun kami tidak dapat mengungkapkan detail apapun saat ini," kata Hussein, menambahkan bahwa mereka yang tercantum dalam manifes berusia 40-an dan 50-an.

3 dari 4 halaman

Detik-detik Pesawat Jatuh di Malaysia dan Tewaskan 10 Orang, Penumpang Diduga Sempat Foto Sebelum Berangkat

Penumpang pesawat jatuh di Jalan Raya Guthrie, dekat Elmina, Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada Kamis (17/8/2023), diduga sempat mengambil "foto terakhir" sebelum berangkat. Sebuah foto yang beredar di media sosial menunjukkan empat orang tampak duduk di kursi penumpang, salah satunya politikus Barisan Nasional Datuk Seri Johari Harun (54).

Dilansir kantor berita Bernama, Jumat (18/8), Datuk Seri Johari Harun merupakan Ahli Dewan Undangan Negeri (ADUN) Pelangai.

Video detik-detik pesawat jatuh telah beredar luas di media sosial. 

"Beberapa video dari pesawat jatuh kemarin di Elmina, Malaysia. 10 korban jiwa terdiri dari enam penumpang, dua kru, dan dua pengguna jalan," tulis pemilik akun media sosial X @eddymafjj.

 

4 dari 4 halaman

Kata-kata Terakhir Sang Pilot

"Adik sayang mama" adalah kata-kata terakhir Shahrul Kamal Roslan kepada ibunya Mahanum Ismail (67) sebelum pria yang berprofesi sebagai pilot itu tewas dalam insiden pesawat jatuh.

Mahanum mengaku bahwa kata-kata putranya itu terus berputar di benaknya.

"Dia adalah anak mama dan terakhir kali saya berbicara dengannya adalah ketika saya dirawat di rumah sakit (Tuanku Mizan Militer), sehari sebelum saya menjalani operasi … sebelum menutup telepon, dia mengatakan kepada saya bahwa dia menyayangi saya," kata Mahanum sambil menahan air mata di luar departemen forensik Rumah Sakit Tengku Ampuan Rahimah di Klang, Selangor, seperti dikutip dari CNA.

Mahanum mengatakan bahwa Shahrul Kamal meninggalkan istri dan empat putra yang berusia antara tiga dan 12 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini