Sukses

HUT ke-78 RI di Uni Emirat Arab Berlangsung Meriah, Diwarnai Lomba hingga Bendera Merah Putih Tampil di 16 Landmark

Lomba-lomba yang diselenggarakan KBRI Abu Dhabi untuk memeriahkan perayaan HUT ke-78 RI termasuk karaoke dan gaple.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan HUT ke-78 RI di Uni Emirat Arab (UEA) diwarnai dengan tampilnya bendera Merah Putih di setidaknya 16 landmark pada Kamis (17/8/2023) malam, salah satunya di Burj Khalifa.

"Ditayangkannya bendera Indonesia pada gedung-gedung ikonik tersebut menunjukkan kedekatan hubungan antara kedua negara," ungkap Duta Besar (Dubes) RI untuk UEA Husin Bagis dalam pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Tidak ketinggalan, KBRI Abu Dhabi juga menyelenggarakan upacara perayaan HUT ke-78 RI dan sejumlah lomba, di antaranya lomba bowling bersama masyarakat ASEAN dan diaspora Indonesia, lomba Young Entrepreneur Competition, memancing, tenis meja, catur, gaple, karaoke, badminton, dan lomba anak-anak.

"Pelaksanaan lomba-lomba untuk peringatan HUT RI merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya bagi KBRI Abu Dhabi. Namun, untuk tahun ini, perbedaannya adalah kami mengajak tidak hanya masyarakat Indonesia, melainkan juga masyarakat ASEAN mengingat tahun ini Indonesia memegang keketuaan ASEAN. Alhamdulillah kita juga bisa melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih yang pertama kalinya di gedung baru KBRI," kata Dubes Husin.

"Seluruh kegiatan untuk perayaan HUT ke-78 RI berjalan lancar berkat dukungan seluruh komunitas masyarakat Indonesia serta partisipasi aktif warga Indonesia di UEA dan kerja sama yang baik dari pihak terkait seperti MES dan KJRI Dubai."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan untuk Indonesia dan Hubungannya dengan UEA

Bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia, Dubes Husin pun mengungkapkan harapannya bagi tanah air tercinta.

"Harapan saya, tahun ini Indonesia akan terus maju, lebih kuat, dan sejahtera dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk Indonesia dan UAE, saya berharap kerja sama di berbagai bidang dapat terus ditingkatkan. Tahun ini kita sudah punya Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang akan mulai diimplementasikan sekitar bulan September 2023," tutur Dubes Husin.

"Sebelumnya berkat bantuan UEA, Indonesia juga sudah punya Indonesia Investment Authority (INA) yang insyaallah telah dan akan terus menarik berbagai investor global. Kita juga sudah punya kerja sama imam dengan UEA. Masyarakat Indonesia di UEA juga bisa melihat nama presiden kita pada Jalan Presiden Joko Widodo dan Masjid Joko Widodo di Abu Dhabi yang akan selesai dalam tahun ini. Sebaliknya di Indonesia, kita juga bisa melihat Jalan Tol MBZ dan Masjid Sheikh Zayed di Solo. Begitu dekatnya hubungan antar kedua negara yang didukung oleh hubungan persaudaraan kedua kepala negara. Ini adalah pertanda baik dan harus terus dipupuk," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.