Sukses

Potret Menlu Retno Marsudi Kenakan Baju Adat Mamasa di Upacara HUT ke-78 RI

Mamasa berada di Provinsi Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) digelar pada Kamis (17/8/2023). Salah satu yang menarik adalah mengamati pakaian adat yang dikenakan saat Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengunggah potret dirinya bersama suami dalam balutan busana adat. Kali ini yang dipilih oleh Menlu Retno adalah pakaian adat dari Mamasa, Sulawesi Barat.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Retno Marsudi (@retno_marsudi)

Sebelumnya, Menlu Retno memilih busana adat Toraja, Sulawesi Selatan, saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2023 pada Rabu (16/8), di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani yang juga sahabat SMA Menlu Retno menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan mengenakan pakaian adat dari Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Adapun Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memilih baju adat daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng, Solo, Jawa Tengah, saat memimpin Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

"Presiden Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng," demikian pernyataan Sekretariat Presiden.

Ageman ini dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat di mana raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan sang raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulo-nya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

Presiden Jokowi terlihat memakai kemeja putih yang dilapisi jas bewarna hitam. Penampilan Presiden Jokowi dilengkapi dengan topi berwarna hitam, selempang berwarna emas, dan kain merah bermotif yang membalut jas hitamnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka dimulai pukul 08.30 WIB dengan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka.

Kemudian acara diikuti dengan pertunjukan kesenian dan Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada sore harinya akan dilakukan rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian pada pukul 15.45 WIB. Sementara itu, upacara penurunan Bendera Merah Putih berlangsung pada pukul 17.00 WIB.

Pihak istana dilaporkan mengundang 16.000 tamu undangan untuk hadir pada Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Sebanyak 8.000 tamu untuk upacara pagi hari dan sisanya pada upacara penurunan bendera sore hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakaian Adat Jokowi dalam Acara Kenegaraan

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengenakan busana adat khas Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, dan Ibu Negara Iriana tampil anggun dengan kebaya berwarna kuning saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023.

Presiden Jokowi memang acap kali mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di tanah air dalam acara kenegaraan. Dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2017, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Bugis berupa songkok Bugis berwarna emas dan sarung songket bernuansa oranye dan merah marun. Kemudian, dalam upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Istana Negara Tahun 2018, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Aceh.

Presiden Jokowi juga pernah mengenakan pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB), saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPR-DPD pada Agustus 2019.

Pada tahun 2020, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI. Sementara pada tahun 2021, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Baduy yang berasal dari Banten dan pada tahun 2022, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung.

Saat memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2021, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung. Sedangkan pada tahun 2022, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana memilih baju adat asal Buton, Sulawesi Tenggara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini