Sukses

Joe Biden Sampaikan Pesan Duka untuk 3 Korban Tewas Tabrakan 2 Helikopter di California

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pesan duka untuk keluarga korban kecelakaan dua helikopter pemadam kebakaran di California.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pesan duka untuk keluarga korban kecelakaan dua helikopter pemadam kebakaran di California.

Pesan duka ini disampaikan Biden saat menyampaikan arahan terkait kecelakaan dua helikopter pemadam kebakaran di California.

"Dia (Joe Biden) dan ibu negara berdoa untuk keluarga petugas pemadam kebakaran yang kehilangan nyawa saat dengan berani berusaha memadamkan kebakaran," kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada wartawan, dikutip dari laman AP, Selasa (8/8/2023).

Bendera di State Capitol diperintahkan dikibarkan setengah tiang untuk menghormati mereka.

“Tragedi mengerikan ini mengingatkan bahaya yang dihadapi petugas pemadam kebakaran pemberani kita setiap hari saat bekerja untuk menjaga keamanan komunitas. Kami berutang rasa hormat dan terima kasih kami yang terdalam dan akan selalu menghormati keberanian dan pengorbanan mereka," kata Gubernur Gavin Newsom dalam sebuah pernyataan.

Kecelakaan pada Minggu sore di padang pasir sekitar 85 mil (137 kilometer) timur Los Angeles melibatkan Sikorsky S-64E yang besar dan Bell 407. Sementara Sikorsky yang lebih besar mendarat dengan selamat.

"Sayangnya, helikopter kedua jatuh dan secara tragis ketiga anggota tewas," kata Kepala Cal Fire Wilayah Selatan David Fulcher pada konferensi pers Senin (7/8) pagi.

Helikopter Bell digunakan untuk observasi dan koordinasi, kata Fulcher. Sikorsky dapat menjatuhkan air atau penahan api. Fulcher mengatakan, dia tidak tahu apakah itu dimuat pada saat kecelakaan itu terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita Para Korban Kecelakaan

Para korban adalah Cal Fire Assistant Chief Josh Bischof, 46, Kapten Cal Fire Tim Rodriguez, 44, dan pilot kontrak Tony Sousa, 55, kata badan pemadam kebakaran, dikutip dari laman AP, Selasa (8/8/2023).

Bischof selama 24 tahun dinas pemadam kebakaran dan Rodriguez selama 19 tahun, kata petugas pemadam kebakaran.

Bischof, yang tinggal di Menifee, baru-baru ini dipromosikan menjadi asisten kepala dan bekerja di Pusat Operasi Wilayah Selatan di Pangkalan Cadangan Udara Maret, kata pensiunan Kepala Batalyon Kebakaran Don Camp.

“Hal besar yang menonjol tentang Josh adalah integritas dan karakternya,” kata Camp kepada Riverside Press-Enterprise.

"Dia teguh," kata Camp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.