Sukses

Konser Henk Kraaijeveld Quintet, Grup Musik Jazz Asal Belanda Pukau Penonton Indonesia di Erasmus Huis

Pada Selasa, 1 Agustus 2023, pukul 19.30, di Erasmus Huis, Jakarta, telah berlangsung konser Henk Kraaijeveld, penyanyi dan penulis lagu jazz ternama asal Belanda. Ia hadir bersama band nya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa, 1 Agustus 2023, pukul 19.30, di Erasmus Huis, Jakarta, telah berlangsung konser Henk Kraaijeveld, penyanyi dan penulis lagu jazz ternama asal Belanda.

Ia hadir bersama band jazznya yang terdiri dari pianis dan penulis lagu Daan Herweg, pemain bas Thomas Pol, pemain drum Roberto Pistolesi, dan pemain saksofon Yoran Aarssen.

"Saya sangat senang berada di Indonesia, ini adalah kali kedua saya berkunjung ke sini. Semuanya luar biasa, orang-orangnya baik, dan makanannya enak. Saya berharap bisa menghibur serta berbagi pengalaman baru, menikmati keindahan musik bersama penonton," ujar Kraaijeveld kepada Liputan6.com.

"Saya sangat senang banyak orang datang, terutama ini kali pertama saya tampil dengan band ini di Jakarta. Fakta ini membuat saya sangat terharu dan tak sabar untuk tampil," pemusik asal Belanda itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Perkenalan Band dan Musik Belanda ke Masyarakat Indonesia

Konser ini menampilkan lagu-lagu dari album terbarunya, "Patches of the Sky," termasuk sebuah lagunya yang bercerita tentang kisah cinta Saidjah dan Adinda yang tragis, diambil dari novel terkenal “Max Havelaar” karya penulis Belanda, Multatuli.

Tak hanya itu, Kraaijeveld dan band juga menampilkan beberapa penampilan spesial, seperti lagu "Tersiksa Lagi" karya Rafika Duri dan lagu anak legendaris, "Burung Kakak Tua".

Konser ini merupakan upaya dari Erasmus Huis untuk memperkenalkan band dan musik Belanda ke masyarakat Indonesia. Dan acara ini menjadi penutup dari keseluruhan 3 konser Henk Kraaijeveld yang diadakan oleh Erasmus Huis, yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Jazz Gunung Bromo pada 21 Juli 2023 dan di Rumah Adat Melayu Pontianak pada 25 Juli 2023.

3 dari 4 halaman

Sukses Menghibur 430 Lebih Penonton Jakarta

Jaef de Boer, Wakil Kepala Departemen Kebudayaan dan Komunikasi Kedutaan Belanda di Indonesia, menyatakan lewat siaran tertulisnya, Rabu (2/8/2023), "Indonesia dikenal dengan selera musik dan festival musiknya yang bagus, terutama selera mereka akan musik jazz. Oleh karena itu Erasmus Huis sangat senang dapat mengundang Henk Kraaijeveld Quintet dan dapat mempersembahkan salah satu penampil jazz Belanda terbaik untuk penonton Indonesia."

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap konser ini luar biasa, lebih dari 430 penonton berhasil mendapatkan tiket konser gratis ini dan rela mengantre lama demi penampilan penyanyi jazz yang bercerita lewat lirik-liriknya itu. 

"Aku tahu informasinya dari Instagram, terus tertarik karena memang suka musik jazz. Tadi sudah mengantre dari jam setengah enam sore," ujar Vita, salah satu penonton.

4 dari 4 halaman

Suvenir Wayang untuk Henk Kraaijeveld Quintet

Konser berlangsung meriah, para penonton ikut bernyanyi bersama dan memberikan tepuk tangan. Acara ditutup dengan pemberian souvenir wayang oleh Erasmus Huis kepada Henk Kraaijeveld Quintet, serta kesempatan bagi para penggemar untuk berfoto bersama dan mendapatkan tanda tangan mereka.

"Saya sangat senang bisa mempromosikan musik dan band Belanda, ini luar biasa. Promosi itu sangat penting untuk musisi. Jadi, dengan bantuan Kedutaan Besar Belanda mengundang kami dan menyelenggarakan ini, saya merasa sangat bersyukur," ungkap Kraaijeveld.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.