Sukses

Penembakan di Parkiran Mobil Area Perbelanjaan Sydney Tewaskan 1 Orang, Diduga Gembong Kokain

Korban penembakan - berusia 40-an - menjadi sasaran di tempat parkir pada hari Selasa pukul 08.30 waktu setempat, menurut Kepolisian New South Wales. Dia meninggal di tempat kejadian.

Liputan6.com, Sydney - Peristiwa penembakan mengguncang wilayah Bondi Junction, Sydney, Australia.

"Seorang pria tewas setelah ditembak saat duduk di dalam mobil di salah satu distrik perbelanjaan tersibuk di Sydney," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Selasa (27/6/2023).

Korban penembakan - berusia 40-an - menjadi sasaran di tempat parkir pada hari Selasa pukul 08.30 waktu setempat, menurut Kepolisian New South Wales. Dia meninggal di tempat kejadian.

Pria tersebut belum teridentifikasi oleh pihak berwenang, namun media Australia melaporkan dia dicurigai sebagai tokoh dalam perdagangan kokain ilegal.

Polisi lokal dan detektif regu pembunuhan sedang menyelidiki penembakan di Australia tersebut.

Tiga TKP telah dibuat, dan dua mobil termasuk Porsche telah dikaitkan dengan penembakan tersebut.

Bondi Junction terletak kira-kira 2 km (1,2 mil) dari kawasan wisata Pantai Bondi yang populer.

Mengutip News.com.au, disebutkan bahwa korban pria itu ditembak dan dibunuh saat duduk di dalam Audi di dalam tempat parkir bawah tanah.

Polisi berusaha menyadarkan korban namun korban tewas di tempat kejadian.

Pelaku dilaporkan kabur dari lokasi penembakan. Dua pria dilaporkan terlihat melarikan diri dari tempat kejadian setelah penembakan, dengan mobil Porsche yang terbakar ditemukan di dekat James Street di Bondi Junction tak lama kemudian.

Polisi meyakini mobil itu, yang berada sekitar waktu yang sama dengan dugaan penembakan, terkait dengan lokasi penembakan.

Detektif juga meyakini kendaraan kedua yang terbakar, ditemukan 6 km jauhnya di McPherson Lane di Zetland, terkait dengan insiden fatal tersebut.

Mobil Holden Commodore benar-benar dilahap api antara pukul 08.30 dan 08.50 pagi ini, kata para tetangga kepada NCA NewsWire.

Penduduk setempat, Ulrich dan Keiran, yang garasinya berada di belakang jalur yang sepi, mengatakan setidaknya ada delapan ledakan saat mobil itu dilalap api yang tingginya mencapai 10 meter.

"Kami khawatir mungkin ada orang di dalam tapi terlalu panas untuk membuka pintu garasi," jelas Ulrich.

"Yang bisa kami lihat hanyalah asap mengepul dan api menyembur ke mana-mana."

Perburuan hingga dua tersangka penembak akan memasuki jam keenam, sementara helikopter terus memindai kota dari atas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unit Anti-Geng Dikerahkan, Garis Polisi Dibentangkan

Video yang diambil dari sebuah gedung di atas tempat kejadian pada Selasa pagi menunjukkan sesosok tubuh dimasukkan ke dalam tandu, dengan seorang wanita berkata: "Mereka memasang garis polisi sekarang, ini menakutkan, sekarang menjadi TKP semua orang."

Polisi NSW mengkonfirmasi tepat setelah jam 9 pagi bahwa operasi sedang berlangsung "menyusul laporan tembakan".

Unit Anti-Geng Raptor Squad membantu regu pembunuhan dalam penyelidikan.

Lusinan polisi menyisir tempat kejadian di Spring St, beberapa di antaranya berbicara dengan pemilik bisnis lokal yang akan tiba untuk bekerja sekitar waktu kejadian penembakan.

Garis polisi telah memblokir jalan dari sudut Newland Street ke Denison Street, di ujung jalur ritel sibuk yang membentang dari pusat perbelanjaan Westfield dan stasiun kereta Bondi Junction.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Korban Gembong Kokain?

Laporan News.com.au juga menyebut korban belum secara resmi diidentifikasi oleh polisi, tetapi kabarnya dia adalah Alen Moradian, gembong kokain berusia 48 tahun yang dianggap sebagai anggota kunci sindikat narkoba "Golden Gun".

Warga Bondi Junction dilaporkan tinggal di gedung di atas tempat parkir tempat dia dibunuh.

"Itu memiliki ciri pembunuhan kejahatan terorganisir yang kerap diperlakukan seperti itu," kata Inspektur Detektif Danny Doherty kepada wartawan pada Selasa sore waktu setempat.

"Kami percaya ini adalah penembakan yang ditargetkan terhadap identitas kejahatan terorganisir tingkat tinggi. Dia jelas menjadi target besar."

Inspektur Detektif Danny Doherty menggambarkan korban memiliki "sejarah kriminal yang luas" dan menjadi "pemain utama" dalam jaringan kejahatan terorganisir yang terkait dengan geng sepeda Comanchero.

Sebelumnya, Moradian mengaku bersalah mengimpor antara 40 dan 60 kilogram kokain murni dari AS pada tahun 2006. Dia dijatuhi hukuman penjara maksimum 16 tahun sembilan bulan pada tahun 2011, tetapi memenuhi syarat untuk dibebaskan pada Desember 2017 dengan mempertimbangkan waktu dia sudah menghabiskan di balik jeruji besi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini