Sukses

Dubes Tanzania Ajak Orang Indonesia Naik Gunung Kilimanjaro dan Lihat Migrasi Jutaan Hewan Wildebeest

Dubes Tanzania ungkap sejumlah lokasi turis andalan di negaranya. Suka mendaki? Kilimanjaro menanti.

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan Tanzania di Indonesia pada Kamis (22/6/2023) meresmikan kedutaan besar (kedubes) mereka. Duta Besar Tanzania untuk RI Macocha Tembele menyorot berbagai peluang baru dengan Indonesia, sehingga dirasa perlu membuka kantor kedubes. 

Sebelumnya, perwakilan Tanzania berada di Malaysia, baru tahun ini buka di Indonesia. Kedubes itu pun diresmikan pada Kamis ini oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Tanzania Stergomena Tax. 

Menlu Tax turut mempromosikan wisata Tanzania kepada masyarakat Indonesia. Dubes Tembele juga mengajak WNI untuk ke Tanzania yang memiliki Kilimanjaro.

"Kita punya Kilimanjaro, orang-orang yang suka hiking bisa berkunjung ke sana," ujar Dubes Tembele di Kedubes Tanzania.

Gunung Kilimanjaro adalah gunung api yang memiliki puncak tertinggi di Afrika. National Geographic mencatat puncak gunung ini mencapai 5.895 meter. 

Saat ini, kondisi gunung itu sedang tertidur, namun masih bisa erupsi kembali. World Wildlife Fund menyebut gunung itu sempat aktif 200 tahun yang lalu. Erupsi besar Kilimanjaro terakhir terjadi 360 ribu tahun yang lalu.

Migrasi Besar

Kawanan Wildebeest menyeberangi sungai di Masai Mara saat berimigrasi, Kenya (4/9/2015). Wildebeest bermigrasi hingga jarak ratusan kilometer demi menemukan padang rumput selama musim kering di Kenya. (AFP PHOTO/Carl de Souza)

Jika tidak ingin mendaki, ada wisata alam lain yang menarik, yakni menonton migrasi besar satwa di daerah Ngorongoro. Tiap tahun, satu juta lebih hewan wildebeest bermigrasi dari utara ke selatan. 

Wildebeest adalah hewan bertanduk khas Afrika. Situs While in Africa menjelaskan bahwa wildebeest bermigrasi bersama mamalia kaki empat lainnya seperti zebra, antelop, gazelle, eland, dan impala.

Pada September hingga Januari mereka bergerak dari utara ke daerah Ngorongoro di selatan, sebelum berputar lagi ke utara.

"Banyak orang berkunjung ke migrasi wildebeest yang merupakan migrasi terbanyak, terbesar di dunia. Lebih dari sejuta wildebeest bergerak dari utara ke selatan tiap tahunnya," ujar Dubes Tanzania.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedutaan Besar Baru

Sebelumnya dilaporkan, kantor baru Kedubes Tanzania itu berlokasi di Jalan Iskandarsyah II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya hanya sekitar 1 kilometer dari Sekretariat ASEAN.

Menlu Retno sedikit terlambat ke acara karena terjebak macet. Ia disambut di depan kantor Kedubes Tanzania oleh Menlu Tax dan Dubes Tanzania di RI Macocha Tembele. 

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dubes Tanzania yang kemudian diikuti oleh sambutan singkat kedua menlu. 

Usai memberikan pembukaan, kedua menteri lantas melakukan peresmian secara simbolis dengan membuka penutup plat tulisan Kedubes Tanzania, serta bersulang.

Turut hadir di acara pembukaan kedutaan besar Tanzania tersebut sejumlah diplomat Afrika, salah satunya adalah Duta Besar Kenya Galma Mukhe Boru.

Anggota DPR RI Fadli Zon juga terlihat hadir di acara tersebut. Para diplomat negara sahabat, serta Fadli Zon, turut diajak masuk ke kantor kedubes.

Sebagai informasi, Tanzania merupakan negara yang berlokasi di Afrika Timur. Negara itu berbatasan dengan Kenya, Mozambik, Zambia, Malawi, Uganda, Rwanda, dan Burundi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.