Sukses

Kaisar Jepang Naruhito Akan Kunjungi Bekasi Hari Ini

Bekasi masuk dalam agenda kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Indonesia pada Selasa (20/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Kaisar Jepang Naruhito akan pergi ke Bekasi untuk agenda pada Selasa (20/6/2023). Rencananya, Kaisar Naruhito akan berkunjung ke universitas di Jakarta Timur dan SMK di kawasan industri Bekasi.

Berdasarkan agenda yang disampaikan Sekretaris Pers Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro, rombongan Kaisar Naruhito pada pagi hari akan lebih dahulu pergi ke Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta Selatan.

Setelahnya, rombongan akan mengunjungi Museum Nasional di Jakarta Pusat. Pada siang harinya, Kaisar Naruhito akan pergi ke Jaktim dan Bekasi. 

Universitas yang dituju adalah Universitas Darma Persada yang memiliki koneksi kuat dengan Jepang.

"Universitas tersebut dikelola sebuah yayasan yang didanai alumni-alumni dari Jepang yang sudah kembali dari Jepang ke Indonesia, maka kami kunjungi Universitas Darma Persada tersebut," ucap Shiojiri Kojiro melalui penerjemah dalam press briefing di Jakarta, Senin malam (19/6) 

Di Bekasi, Kaisar Naruhito akan mengunjungi SMK Mitra Industri M2100. SMK itu didirikan oleh Yoshihiro Kobi Utsman.

Kojiro menyorot bahwa SMK tersebut berada di kawasan industri. Ketika ditanya apakah Kaisar Naruhito akan membahas isu Electric Vehicles (EV), Kojiro mengatakan belum mendapatkan informasi yang pasti, namun ia berkata Kaisar Naruhito akan tertarik membahas banyak hal pada pertemuan di Bekasi. 

Pesona di Istana Bogor

Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melihat Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor Jawa Barat. (Fotografer Presiden Jokowi/Agus Suparto)Pada Senin (19/6), Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako bertemu Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Istana Bogor. Mereka diajak berkeliling istana, serta menikmati hidangan sembari diiringi musik tradisional Indonesia, seperti sasando. 

Shiojiri Kojiro menilai kunjungan Kaisar Naruhito ke Istana Bogor amat berkesan bagi pihak Jepang. 

"Menurut kami penyambutan pihak Indonesia, yaitu dari Presiden maupun Ibu Negara, itu penuh hospitality," jelas Kojiro. 

Pada Senin malamnya, Kaisar Naruhito juga mengadakan acara resepsi di Hotel Indonesia. Kojiro berkata ada 61 tamu penting yang diundang, beberapa di antaranya yakni Ketua DPR RI "Puan Maharani-san", Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Ketua APINDO Sofjan Wanandi, serta orang-orang Jepang yang tinggal di Indonesia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Kaisar Jepang yang Tertarik dengan Kebun Raya Bogor Usai Dengar Cerita Sang Ayah

Sebelumnya dilaporkan, ada yang berbeda saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/023). Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melihat Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Bukan tanpa alasan, Jokowi mengetahui Kaisar Naruhito sangat tertarik dengan Kebun Raya Bogor. Kaisar Naruhito sendiri mengetahui Kebun Raya Bogor usai mendengar cerita ayahnya, Kaisar Akihito, yang berkunjung pada 1962.

"Bapak Presiden mendapat informasi bahwa Kaisar Naruhito tertarik pada Kebun Raya Bogor, karena Naruhito kecil mendengarkan cerita langsung dari orang tuanya saat diantar jalan-jalan oleh Presiden Sukarno pada tahun 1962," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Senin (19/6/2023).

Untuk itu, Jokowi mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi Griya Anggrek yang berada di Kebun Raya Bogor. Kaisar Naruhito pun menunjukkan keantusiasannya saat mengunjungi Griya Anggrek.

Jokowi tampak menyupiri Kaisar Naruhito dan para pendamping, sambil berbincang akrab di perjalanan menuju Griya Anggrek. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sangat serius mendengar penjelasan soal koleksi anggrek yang ada di Kebun Raya Bogor.

Dia terlihat serius mendengarkan penjelasan dari Presiden Jokowi soal tanaman yang ada di Griya Anggrek. Tak hanya itu, Permaisuri Masako juga beberapa kali memotret tanaman yang ada di Griya Anggrek.

 

3 dari 3 halaman

Sambutan yang Hangat

Dalam kunjungan ini, Jokowi juga mengajak Kaisar Naruhito menanam pohon bersama yang merupakan agenda rutin apabila pemimpin negara berkunjung ke Istana Bogor. Adapun pohon yang ditanam, yakni pohon gaharu.

"Jadi menanam pohon, ke Kebun Raya, dan joint press statement menjadi rangkaian acara hari ini yang dihadiri Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako," tutur Bey.

Sementara itu, Kaisar Jepang Naruhito mengaku senang dapat mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya, sejak naik takhta pada tahun 2019. Dia juga mengungkapkan kegembiraannya diajak Jokowi melihat Griya Anggrek.

"Presiden dan istrinya baru saja memberi kami sambutan yang hangat, mengajak kami berkeliling melihat kebun raya dan juga memperlihatkan kami berbagai anggrek secara mendetail. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Anda," ujar dia.

"Akhirnya, saya ingin menyampaikan harapan yang tulus untuk kesehatan Presiden dan Ibu yang terus baik," sambung Kaisar Naruhito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.