Sukses

1 Pasukan Perdamaian PBB Tewas, 8 Terluka dalam Serangan di Kawasan Ekstremis di Mali Utara

Liputan6.com, Bamako - Seorang pasukan perdamaian PBB tewas dan 8 lainnya terluka akibat serangan militan di wilayah Timbuktu, Mali utara, daerah di mana ekstremis terus beroperasi, kata PBB.

Pasukan penjaga perdamaian adalah bagian dari patroli keamanan yang menjadi sasaran pertama oleh alat peledak improvisasi dan kemudian oleh tembakan langsung di kota Ber, kata juru bicara PBB Stephane Dujarric dikutip dari VOA (10/6/2023).

Dujarric mengatakan penjaga perdamaian yang tewas pada Jumat 9 Juni 2023 adalah yang kesembilan yang meninggal di Mali tahun ini.

"Kehilangan tragis ini adalah pengingat nyata akan risiko yang dihadapi pasukan penjaga perdamaian di Mali dan tempat-tempat lain di seluruh dunia sementara tanpa lelah bekerja untuk membawa stabilitas dan perdamaian bagi rakyat Mali," katanya.

Mali telah diperintah oleh junta militer sejak kudeta tahun 2020 terhadap presiden terpilih, Ibrahim Boubacar Keita.

Mereka telah menghadapi serangan oleh kelompok-kelompok ekstremis bersenjata yang terkait dengan al-Qaeda dan ISIS sejak 2013.

Pada tahun 2021, Prancis dan mitra Eropanya yang terlibat dalam perang melawan ekstremis di utara Mali menarik diri dari negara itu setelah junta membawa tentara bayaran dari Grup Wagner Rusia.

Amerika Serikat memperingatkan pemerintah militer Mali pada bulan April bahwa akan "tidak bertanggung jawab" bagi PBB untuk terus mengerahkan lebih dari 15.000 pasukan penjaga perdamaiannya kecuali negara Afrika barat itu mengakhiri pembatasan, termasuk mengoperasikan pesawat pengintai, dan melaksanakan komitmen politik menuju perdamaian dan pemilihan umum pada Maret 2024.

Peringatan itu muncul ketika Dewan Keamanan PBB mempertimbangkan tiga opsi yang diusulkan oleh Sekretaris Jenderal Antonio Guterres untuk masa depan misi penjaga perdamaian: meningkatkan ukurannya, mengurangi jejaknya, atau menarik pasukan dan polisi dan mengubahnya menjadi misi politik. Mandatnya saat ini berakhir pada 30 Juni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Penjaga Misi Perdamaian PBB di Mali Utara

Tahun lalu, dua penjaga perdamaian Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Mali (MINUSMA) tewas dan lima lainnya terluka akibat ledakan ranjau di Mali utara.

MINUSMA mengatakan hal tersebut pada Selasa (5/7/2022) dalam sebuah pernyataan.

Tragedi itu terjadi ketika sebuah kendaraan lapis baja dari konvoi logistik PBB menabrak ranjau di rute dari Tessalit ke Gao, kata pernyataan itu, seraya menambahkan pasukan intervensi cepat dikirim ke lokasi tersebut.

MINUSMA mengutuk keras serangan tersebut dengan mengatakan bahwa itu mungkin merupakan kejahatan perang di bawah hukum internasional.

Mereka juga menyatakan keprihatinan atas "seringnya penggunaan alat peledak improvisasi yang dimaksudkan untuk melumpuhkan operasi misi PBB dan untuk menghalangi kembalinya perdamaian dan stabilitas di Mali," kata pernyataan itu.

Kepala MINUSMA El-Ghassim Wane memberikan penghormatan kepada pasukan penjaga perdamaian "yang tewas dalam pelayanan perdamaian di Mali dalam pencapaian misi mereka."

MINUSMA pada 27 Mei melaporkan kehilangan 258 pasukan penjaga perdamaian sejak didirikan di Mali pada 2013.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini