Sukses

Kapal Tanker Minyak Terbakar di Lepas Pantai Malaysia, Tiga Awak Dilaporkan Hilang

Saat ini tidak jelas apakah telah terjadi dampak lingkungan yang meluas akibat kapal tanker minyak yang terdaftar di Gabon terbakar di lepas pantai Malaysia selatan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kapal tanker minyak yang terdaftar di Gabon terbakar di lepas pantai Malaysia selatan, kata otoritas maritim Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Upaya pencarian kemudian dilakukan untuk tiga awak yang dilaporkan hilang setelah peristiwa kebakaran terjadi. 

The Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA) atau Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) mengatakan telah menerima peringatan pada Senin 1 Mei 2023 pukul 16.00 waktu setempat tentang sebuah kapal tanker yang terbakar, sekitar 37,5 mil laut timur laut wilayah pesisir Tanjung Sedili di negara bagian Johor.

"Kapal tanker itu sedang berlayar dari China ke Singapura dengan 28 anggota awak ketika terbakar," kata MMEA seperti dikutip dari CNN, Selasa (2/5/2023).

Sebuah kapal patroli angkatan laut dikirim ke tempat kejadian untuk menyelamatkan mereka yang ada di dalamnya, tambah MMEA. "Untungnya, 23 awak berhasil diselamatkan oleh dua kapal di sekitarnya," kata Direktur MMEA Laksamana Pertama Nurul Hizam Zakaria.

"Sementara kami berhasil menyelamatkan dua awak, tiga lainnya masih hilang," tambahnya.

"Operasi yang sedang berlangsung akan mencakup penyelidikan untuk menentukan apakah ketiganya meninggalkan kapal tanker dan melompat ke laut, atau terjebak."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian 3 Awak Hilang Lewat Peringatan ke Kapal di Sekitar Lokasi

Otoritas maritim di negara tetangga Singapura mengatakan mereka menyiarkan peringatan ke kapal-kapal di sekitarnya untuk mencari tiga awak yang hilang. Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura mengidentifikasi kapal tanker itu sebagai MT Pablo.

Video yang beredar menunjukkan kapal tanker itu terbakar, dengan kepulan asap hitam membubung ke udara. Kapal lain terlihat di dekatnya.

Saat ini tidak jelas apakah telah terjadi dampak lingkungan yang meluas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini