Sukses

Keluarga Ini Panik Ada Ular Piton 3 Meter di Kamar Mandi, Biaya Usirnya Rp 4 Juta

Panik dirasakan keluarga ini ketika mereka menemukan ular piton sepanjang 3 meter di kamar mandi. Mereka pun berjuang mencari agen untuk membantu menyingkirkan ular tersebut.

Liputan6.com, Singapura - Ketika jeritan sang istri membangunkannya pada pukul 6.45 pagi, Goh menemukan penyusup tidak terduga yang merayap di pondok Dewan Perumahan mereka di Eunos, Singapura pada 30 Desember 2018.

Yang terjadi kemudian adalah drama dua jam di mana keluarga tersebut harus berurusan dengan ular piton batik sepanjang 3 meter di rumah mereka di lantai dasar, sembari menunggu bantuan datang.

Mengingat kejadian itu, Goh mengatakan bahwa istrinya berlari ke kamar mereka untuk membangunkannya.

"Ia bilang ada ular besar di kamar mandi. Saya pikir ia melebih-lebihkan atau salah mengira ular," katanya kepada The New Paper sebagaimana dikutip dari The Straits Times, Senin (10/4/2023).

Namun, ketika Goh memeriksa, ia sungguh melihat ular piton besar dan panjang melingkari balok di toilet. Goh berkata, "Saya terdiam. Saya berpikir, 'Bagaimana hal mengerikan ini bisa masuk ke rumah saya?'"

Pada saat itu, putri dan menantunya juga sudah bangun dan menghubungi Agri-Food and Veterinary Authority of Singapore (AVA) untuk meminta bantuan.

Pada saat yang sama, Goh juga menelepon Marine Parade Town Council (MPTC). Ia tercengang ketika diberitahu bahwa ia harus memanggil perusahaan pengendalian hama untuk menangani masalah tersebut.

"Seluruh keluarga saya panik dan bingung harus berbuat apa. Istri saya berlarian di sekitar rumah kami, dan kami takut ular itu akan memasuki aula kami."

Sementara itu, AVA memberitahu sang putri bahwa mereka akan mengirimkan bantuan.

Keluarga itu mencoba mencari perusahaan pengendalian hama saat ular piton itu bergerak dan melilit pipa limbah.

"Itu sangat kacau. Banyak perusahaan pengendalian hama tidak mengambil, dan beberapa mengatakan mereka tidak dapat menangani ular piton. Kami benar-benar kehabisan akal," cerita Goh.

Akhirnya, putrinya mendapat sebuah perusahaan yang setuju untuk membantu. Namun, ketika pegawainya muncul, ia mengatakan ular itu terlalu besar dan ia harus memanggil bala bantuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantuan Datang untuk Mengambil Ular Piton

Tim tiba sekitar pukul 08.00 dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menangkap ular piton yang kemudian dilepasliarkan di kawasan hutan.

Perusahaan pengendalian hama memberi tahu bahwa ular itu memiliki panjang 3 meter dengan diameter setidaknya 10 cm.

Juru bicaranya mengatakan keluarga itu diantar keluar dari rumah mereka karena itu adalah operasi yang berbahaya.

Goh membayar 400 dolar Singapura (sekitar 4 juta rupiah) untuk menyingkirkan ular piton itu.

"Kami merasa sangat tidak berdaya. Ular itu bisa saja menggigit kami. Nyawa kami bisa dipertaruhkan saat kami dibiarkan tak mendapat penanganan," ucap Goh.

"Jika ini terjadi lagi, kami harap kami dapat diarahkan ke tempat yang benar, atau mungkin seseorang dapat datang bersama kami sampai bantuan yang relevan tiba," lanjutnya.

Seorang juru bicara MPTC mengatakan bahwa Goh telah menelepon hotline Unit Layanan Pemeliharaan Penting (EMSU), yang menangani permintaan seperti penyelamatan lift, gangguan listrik dan pasokan air. Ia mengatakan AVA adalah otoritas yang tepat untuk menyerukan hal-hal yang berkaitan dengan gangguan hewan.

Juru bicara tersebut mengakui bahwa agen layanan pelanggan EMSU "dapat melakukan lebih baik dengan memberikan lebih banyak informasi untuk membantu penduduk dengan lebih baik dalam situasi itu".

"Kami bekerja sama dengan penyedia layanan untuk meningkatkan proses ini," tambahnya.

Seorang juru bicara AVA juga mengatakan telah segera menanggapi penampakan ular itu, dan segera menuju dalam perjalanan ke rumah Goh ketika putrinya menelepon untuk mengatakan bahwa ular itu telah ditangkap.

Wakil Kepala Eksekutif Acres Kalai Vanan mengatakan bahwa pemilik rumah harus menghindari menghubungi perusahaan pengendalian hama karena ada kasus hewan liar, seperti ular, terbunuh atau terluka karena penanganan yang tidak tepat.

"Mendapatkan perusahaan pengendalian hama untuk menangani mereka mengirimkan sinyal yang salah bahwa hewan-hewan ini adalah hama. Ular adalah hewan liar yang dilindungi undang-undang," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Ular Jagung Hebohkan Kru Kereta Api dan Polisi, Jadi Penumpang Gelap

Tidak hanya meneror sebuah rumah, seekor ular dilaporkan juga pernah membuat panik orang-orang di sebuah transportasi umum.

Melansir dari LAD Bible, ular berjenis corn snake yang dikenal tidak berbisa itu cukup mengagetkan para kru kereta api di Depot Kereta Selhurst di Croydon, London, Inggris.

Sekilas motif loreng dan cokelat ular jagung ini mirip dengan anakan ular piton. Namun, ular yang ditemukan di gerbong kereta yang sedang terparkir ini berhasil membuat takut, bahkan pihak kepolisian yang datang menangani masalah ini. 

"Polisi Transportasi Inggris lebih takut. Mereka tiba dan masuk gerbong, melihat ular itu dan pada dasarnya berlari keluar dari gerbong,” kata pakar reptil, Gareth North dari Kebun Binatang Mitcham.

Suhu Inggris yang sedang dingin-dinginnya jadi dugaan terkuat ular jagung ini bersarang di gerbong kereta entah berapa hari lamanya.

North mengatakan tentu ada kemungkinan bahwa ular itu bisa saja dibuang oleh pemiliknya. Mengingat ular sering dijadikan satwa peliharaan karena punya warna yang beragam. Fenomena itu telah ia saksikan sebagai lompatan besar karena orang tidak mampu merawat hewan peliharaan eksotis karena krisis biaya hidup.

Ia juga masih memberikan dugaan lain ular yang kerap memangsa tikus itu bisa naik ke dalam kereta. Salah satu diantaranya karena suhu dingin yang memang bukan habitat asli ular jagung. 

"Kami benar-benar tidak yakin bagaimana ular itu naik kereta. Mungkin ada beberapa alasan untuk itu. Kereta hangat dan pemanas menyala di kereta itu 24 jam setiap hari. Di tempat terbuka, ia akan mati karena terlalu dingin. Ia bukan asli negara ini," kata North.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Ular Kobra di Bawah Kursi Pilot Bikin Panik, Pesawat Langsung Mendarat Darurat

Ular lainnya turut mengundang panik ketika ditemukan di pesawat.

Ular kobra termasuk salah satu dari berbagai spesies ular yang sangat berbisa. Satu gigitan kobra konon dapat membunuh seseorang hanya dalam 30 menit.

Kemunculan seekor ular berbisa jenis kobra di bawah kursi pilot Afrika Selatan itu bahkan sampai memicu pendaratan darurat.

Dilansir dari UPI, Sabtu (8/4/2023), pilot bernama Rudolf Erasmus yang sedang menerbangkan pesawat pribadi membawa empat penumpang dari Bloemfontein ke Pretoria ketika ia menemukan dirinya dalam situasi yang mengingatkannya pada film "Snakes on a Plane".

Erasmus mengatakan bahwa ia merasakan sensasi dingin di bajunya. Namun, pada saat itu, ia mengira itu adalah botol airnya yang bocor.

"Ketika saya menoleh ke kiri dan melihat ke bawah, saya bisa melihat kepala ular itu mundur ke bawah kursi saya," kata Erasmus kepada NPR.

"Jika boleh sangat jujur, pada saat itu ada momen keheningan yang mencengangkan."

Erasmus membutuhkan beberapa saat untuk menyadari bahwa ia baru saja melihat ular kobra yang sangat berbisa di pesawat bersamanya.

Pilot itu dengan cepat mengatur pendaratan darurat di bandara terdekat, di Welkom, dan memberi tahu penumpangnya tentang tamu gelap yang tidak diundang.

"Anda seperti bisa mendengar jarum jatuh, karena suasananya langsung sangat hening dalam sekejap. Saya pikir semua orang membeku untuk beberapa saat," katanya kepada BBC.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.