Sukses

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Dianugerahi Penghargaan Tertinggi Polandia

Polandia, seperti halnya Ukraina, telah lama mewaspadai ancaman Rusia dan menjauhkan Moskow dianggap sebagai tujuan bersama yang penting dari masing-masing negara.

Liputan6.com, Warsawa - Presiden Volodymyr Zelensky melakukan lawatan formal pertamanya ke Polandia pada Rabu (5/4/2023), sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari 2022. Dalam pertemuannya dengan Presiden Andrzej Duda di Warsawa, Zelensky dianugerahi penghargaan tertinggi Polandia, Order of the White Eagle.

Selama invasi Rusia ke Ukraina, Zelensky telah mengunjungi Amerika Serikat, Inggris, dan Belgia, di mana dia menghadiri KTT Uni Eropa pada Februari lalu. Sementara Polandia terlewat. Padahal negara itu digambarkan sebagai sekutu setia Kyiv, telah menampung lebih dari satu juta pengungsi Ukraina, dan memimpin desakan untuk mengirimkan lebih banyak pasokan militer ke Ukraina.

Tapi lawatan Zelensky ke Polandia juga cukup berbeda. Kali ini dia ditemani istrinya dan perjalanannya juga tidak dilakukan secara diam-diam.

"Anda belum meninggalkan Ukraina, Anda berdiri bersama kami bahu-membahu, dan kami berterima kasih kepada Anda. Kami percaya ini adalah hubungan yang bersejarah," ujar Zelensky seperti dilansir CNN Kamis (6/4), saat memberikan pernyataan bersama Duda.

"Sikap pribadi Anda kepada rakyat kami, jutaan orang Ukraina yang menemukan tempat berlindung di Polandia, yang merasa betah di sini, saya ingin berterima kasih kepada seluruh rakyat Polandia untuk semua itu dan juga untuk hari-hari serta minggu-minggu pertama ketika kami sangat membutuhkan bantuan."

Polandia, seperti halnya Ukraina, telah lama mewaspadai ancaman Rusia dan menjauhkan Moskow dianggap sebagai tujuan bersama yang penting dari masing-masing negara.

Dalam pernyataannya, Duda balik memuji Zelensky.

"Dia adalah pria yang unik; Anda, Volodymyr unik," kata Duda. "Setelah menerima mandat dari rakyat Anda, Anda tiba-tiba dipanggil ke misi unik yang tidak dapat diramalkan oleh siapapun."

"Tidak satupun dari kita setahun yang lalu, setelah invasi Rusia, dapat mengetahui apa yang akan terjadi pada Ukraina dan apa yang akan terjadi secara pribadi pada Anda... Kami tidak ragu bahwa sikap Anda hari ini akan menyelamatkan Ukraina dari agresi Rusia."

Selama kunjungannya, Zelensky dijadwalkan bertemu dengan perwakilan bisnis Polandia, relawan dan penyelamat, serta wali kota dari kota yang berbatasan dengan Ukraina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zelensky Hadiri KTT NATO di Vilnius?

Kunjungan Zelensky ke Polandia dilakukan di tengah kebuntuan pertempuran, yang dikabarkan secara umum terbatas di timur Ukraina dan macet dalam perang parit.

Ukraina sendiri sudah menerima pengiriman bantuan tank pertamanya dari Inggris, Jerman, dan sejumlah negara Barat, tapi Zelensky dinilai berhati-hati untuk memanfaatkan peningkatan kemampuan tempurnya.

Sementara itu, Rusia dikabarkan hanya membuat sedikit kemajuan selama beberapa bulan terakhir.

Polandia tercatat sebagai negara NATO pertama yang menjanjikan bantuan jet tempur ke Ukraina. Dan jet tempur tersebut dilaporkan telah tiba, tanpa diketahui berapa banyak yang dikirimkan.

Warsawa janji mengirimkan empat pesawat MiG-29.

Dalam perkembangan lain, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengindikasikan pada Selasa (4/4) bahwa Zelensky telah diundang ke pertemuan puncak NATO, yang akan berlangsung di ibu kota Lithuania, Vilnius, pada Juli.

"Ukraina independen yang kuat sangat penting untuk stabilitas kawasan Euro-Atlantik dan kami berharap dapat bertemu dengan Presiden Zelensky di KTT Vilnius pada Juli," kata Stoltenberg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini