Sukses

Intip Uniknya 6 Perayaan April Mop di Seluruh Dunia, Mulai dari Meneror dengan Ikan Kertas hingga Perang Makanan

Kini sudah masuk bulan April, banyak negara merayakan April Mop. Berikut adalah enam perayaan April Mop di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang memisahkan manusia, tetapi satu hal yang tidak mengenal batas budaya adalah keinginan manusia untuk melakukan beberapa trik kecil yang konyol.

April Fools’ Day atau Hari April Mop memiliki sejarah global yang mengejutkan, untuk liburan yang sepenuhnya ditujukan untuk penipuan ringan atau candaan. Meski hingga saat ini latar belakang sejarah yang mendukung adanya perayaan ini masih simpang siur.

Dirayakan tiap 1 April, kalimat "April Mop!" sering terdengar dan dirayakan serentak di seluruh dunia dengan membuat kebohongan guna menjahili orang lain.

Banyak negara pun merayakan April Mop secara berbeda-beda. Berikut adalah enam perayaan unik April Mop di seluruh dunia, dilansir dari CNN, Sabtu (1/4/2023).

1. Di Prancis, mereka meneror Anda dengan ikan kertas

Sementara asal-usul Hari April Mop tidak diketahui dengan suara bulat, sejarawan cukup yakin bahwa orang Romawi Kuno, Eropa Barat, dan orang-orang dari Kepulauan Inggris memiliki banyak kaitan dengan itu.

Di Prancis, tradisi lama adalah menempelkan ikan kertas di punggung orang lain, seperti tanda "tendang saya" yang ditinggikan. Sedikit kenakalan yang tidak berbahaya ini disertai dengan frasa Poisson d'Avril yang berarti, Ikan April.

Seperti yang dicatat oleh salah satu situs Prancis, ini bukan tren terbaru atau apa pun, tetapi jika orang-orang dermawan, mungkin mereka akan menertawakan upaya Anda.

Yang cukup menarik, ikan juga dianggap sebagai simbol keberuntungan di banyak wilayah di dunia, dan penting dalam banyak tradisi Tahun Baru. Jika Anda benar-benar ingin pergi ke lubang kelinci April Mop, satu teori asal apokrif menunjukkan bahwa ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian saat ini di tahun 1500-an, orang berpikir akan lucu untuk bercanda merayakan "Tahun Baru" yang lama, dan mengolok-olok orang yang lupa perubahan hari itu. Hari Tahun Baru yang lama itu adalah 1 April.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Di Amerika Latin, Anda memiliki sedikit peluang untuk dijahili

Sebagian besar Amerika Latin merayakan El Dia de los Inocentes atau Hari Orang-orang Tak Bersalah, pesta Katolik akhir Desember dengan asal-usul yang sangat tidak konyol yang entah bagaimana menjadi hari lelucon dan candaan.

Jadi untuk budaya-budaya itu, hari yang harus diwaspadai adalah 28 Desember. Namun, di Brasil, 1 April masih merupakan hari iseng pilihan, dan mereka langsung mengejarnya dengan menyebutnya Dia das Mentiras atau Hari Kebohongan.

3. Di salah satu bagian Spanyol, mereka mengadakan perang makanan

Di Ibi, Alicante, Spanyol, mereka menandai El Dia de los Inocentes dengan mengadakan pertarungan makanan di seluruh kota, lengkap dengan strategi militer dan pengetahuan sejarah.

Tradisi itu bernama Els Enfarinats dan dilaporkan berusia lebih dari 200 tahun dan melibatkan "pengambilalihan" gaya militer pura-pura, di mana para penguasa baru dapat membuat undang-undang aneh yang harus dipatuhi orang lain. Jika tidak, mereka akan terkena denda dan uangnya disumbangkan. Sedikit melempar tepung dan sedikit menari.

3 dari 4 halaman

4. Iran punya perayaan April Mop tertua

Iran dapat membanggakan tradisi April Mop tertua dengan ketaatannya pada Sizdah Bedar, yang juga memiliki elemen permainan iseng. Itu dirayakan pada hari ketiga belas Tahun Baru Persia yakni pada tanggal 1 atau 2 April.

Sizdah Bedar, yang dikatakan telah dirayakan sejak abad ke-5 SM, diterjemahkan sebagai "menyingkirkan 13", sehingga memiliki suasana takhayul yang tepat. Itu juga dianggap sebagai festival musim semi, yang terkait dengan beberapa pendahulu April Mop lainnya, seperti perayaan Hilaria Romawi kuno.

5. Di Skotlandia, mereka mengerjai orang "bodoh"

Apakah satu Hari April Mop tidak cukup? Secara historis, di Skotlandia, mereka merayakan penyiksaan atau pesta selama dua hari. Pertama, ada Hunt the Gowk Day, yang sebenarnya tidak seburuk kedengarannya. Gowk adalah istilah untuk sejenis burung, tetapi juga slang untuk "bodoh", dan pada hari tersebut, orang Skotlandia yang mengerjai mengirim gowk alias orang yang mereka anggap bodoh untuk membuang waktu mereka.

Tidak hanya itu, selalu ada kesempatan untuk dipermalukan keesokan harinya, yaitu Tailie Day atau Hari Tailie. Hari Tailie adalah untuk lelucon yang berhubungan dengan derrière yang sebagian besar tidak berbahaya, seperti menyematkan ekor pada seseorang atau menempelkan tanda di punggung mereka.

6. Di Polandia, mereka ada ungkapan kata terakhir

Prima Aprilis, atau 1 April, berlangsung hampir sama di Polandia seperti di tempat yang merayakan April Mop lainnya.

Namun, penelitian memang menemukan ungkapan perpisahan yang fantastis untuk orang iseng yakni Prima Aprilis, uważaj, bo się pomylisz! (Hari April Mop, hati-hati, Anda bisa salah!)

 

4 dari 4 halaman

Fakta-fakta Soal April Mop

April Mop adalah sebuah tradisi atau perayaan yang diperingati pada tanggal 1 April. Tradisi April Mop ini seringkali dilakukan dengan cara berbohong untuk membuat lelucon untuk menundang tawa orang disekitar.

Sejarah April Mop ada banyak teorinya. April Mop adalah perayaan yang memiliki sejarah cukup misterius. Ada banyak versi cerita mengenai awal mula April Mop.

Namun, salah satunya adalah, sejarawan menghubungkan April Mop dengan festival seperti Hilaria, yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret. Perayaan itu semula dirayakan oleh pengikut kultus Cybele.

Perayaan Hilaria melibatkan orang-orang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim. Perayaan Hilaria sendiri disebut terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Ada juga spekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara, ketika alam menipu orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.