Sukses

Temuan Fantastis, Terkuak Paus Sperma Tidur di Laut Secara Vertikal

Pemandangan yang sangat langka dan aneh, paus sperma tidur di lautan secara vertikal, mengambang tegak dan tidak bergerak di lautan lepas.

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan menjadi seorang penyelam dan menemukan sekelompok paus sperma yang tidur secara vertikal, tidak berenang seperti lumba-lumba dan lumba-lumba, tetapi mengambang tegak dan tidak bergerak di laut lepas. Jika Anda pernah menyaksikan pemandangan seperti itu, selamat, Anda telah melihat pemandangan yang sangat langka.

Melansir dari nspirement, Minggu (26/3/2023), diketahui bahwa pada tahun 2008 sekelompok tim ilmuwan dari Skotlandia dan Jepang menabrak sekelompok paus sperma yang sedang tidur secara vertikal di dekat permukaan air.

Keadaan paus tidur secara vertikal ini disebut "drift diving", bahkan mereka tidak menyadari kehadiran kapal yang lewat. 

Dengan mengamati paus itu, para peneliti yang berada di kapal menemukan bahwa hewan mamalia ini hanya menghabiskan sekitar 7% dari hari mereka buat tidur siang, untuk melakukan semburan sekitar 10 hingga 15 menit setiap kali. 

Untuk menangkap gambar paus tertidur secara vertikal, menjadi tantangan yang sulit. Karena hewan ini sangat besar dan sangat sulit untuk disinari oleh lampu strobo, yang sering digunakan oleh fotografer bawah air di kedalaman laut yang gelap.

Jika seorang fotografer tidak dalam posisi yang tepat untuk mengambil gambar dari pemandangan langka ini, maka tidak ada kesempatan kedua untuk mengambil gambar tersebut, dikarenakan paus tidak akan bertahan pada posisi yang sama cukup lama. 

Sekelompok paus sperma lain yang tidur secara vertikal juga terlihat oleh fotografer bernama Franco Banfi. Ia melihat enam paus sperma yang diam dan hanyut dalam posisi tegak di kedalaman sekitar 65 kaki atau sekitar 19 meter ketika sedang menyelam bebas, di bawah air tanpa alat bantu pernapasan pada 2017 lalu di lepas pantai Dominika -- sebuah pulau di Laut Karibia antara Martinique dan Guadalupe.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Paus Sperma

Paus sperma merupakan mamalia laut terbesar, dan dikenal sebagai cachalot, hewan ini memiliki ciri rahang bawah yang sempit dan kepala persegi yang besar.

Paus sperma merupakan paus bergigi dan predator terbesar di laut. Jantan dewasa rata-rata memiliki panjang sekitar 15 meter, tetapi beberapa diantara bisa mencapai sekitar 20 meter dengan kepala mewakili sepertiga dari panjang hewan ini.  

Mereka bisa menyelam sampai kedalaman 7.382 kaki, setara dengan 20 km ke dalam laut. Paus ini juga merupakan hewan mamalia laut ketiga yang menyelam paling dalam.

Mereka memiliki otak terbesar di Bumi, dan lima kali lebih berat dari manusia. Paus sperma bisa hidup sampai 70 tahun atau lebih. 

Dalam keadaan tertidur paus sperma bisa memiliki kehebatan tersendiri yaitu setengah terjaga dan setengah tertidur. 

Paus sperma ketika memasuki waktu tidur, pertama-tama mereka menurunkan kepalanya ke bawah, ke kedalaman beberapa kali dari tubuhnya, kemudian secara pasif mereka mengangkat kepala dan melayang lebih dekat ke permukaan.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Paus Sperma di Seluruh Dunia Mempraktikan Tidur Secara Vertikal

Paus sperma di seluruh dunia mempraktikkan posisi tidur vertikal ini, dan hanya mempunyai waktu yang sedikit untuk tidur, dibandingkan dengan mamalia lainnya. 

Para ilmuwan juga meyakini bahwa mereka tidur dengan satu mata terbuka dan setengah dari otak mereka terjaga, tidak hanya untuk mengontrol pernapasan mereka, tetapi juga untuk memastikan agar terhindar dari pemangsa, dan mempertahankan kontak sosial, untuk terus berenang ketika ada predator.

Fenomena ini disebut tidur gelombang lambat unihemispheric dan juga tercatat pada paus yang hidup di penangkaran. Sekelompok paus sperma diamati tidur secara vertikal, mengambang dalam keadaan seperti mati suri.

Selain itu, beda spesies beda juga bagaimana cara tidurnya, misalnya pada paus bungkuk yang ditemukan tidak bergerak di permukaan air selama sekitar 30 menit. 

Sebenarnya mereka tidak bisa bertahan lama seperti itu, karena mereka kehilangan terlalu banyak suhu tubuh saat mereka tidak aktif. Pembacaan elektroensefalogram (EEG) pada lumba-lumba hidung botol menunjukkan bahwa mamalia ini menghabiskan sekitar sepertiga waktunya untuk tidur.

4 dari 4 halaman

Daging Paus Bisa Dikonsumsi

Bicara soal paus, binatang air ini sejatinya bisa dikonsumsi, bahkan sebuah perusahaan perburuan paus Jepang meluncurkan vending machine atau mesin penjual otomatis yang menawarkan sashimi, steak, dan bacon paus di Yokohama pada Selasa 24 Januari 2023.

Langkah itu dilakukan dengan harapan dapat menghidupkan kembali penjualan makanan yang telah lama menurun dan dijauhi oleh banyak supermarket.

Mengenakan topi berbentuk paus, Presiden Kyodo Senpaku Hideki Tokoro menyapa calon pelanggan di "toko tak berawak” terbaru perusahaan – trio vending machine di Motomachi, distrik perbelanjaan kelas atas tempat butik mode dan toko roti artisan.

Perusahaan itu baru-baru ini mendirikan dua gerai serupa di Tokyo, berencana untuk membuka yang keempat di kota barat Osaka bulan depan, dan berharap untuk berkembang menjadi 100 lokasi selama lima tahun ke depan.

"Banyak supermarket besar yang takut dilecehkan oleh kelompok anti-perburuan paus sehingga mereka tidak menjualnya. Jadi banyak orang yang ingin makan paus tapi tidak bisa," kata Tokoro saat peluncuran mesin penjual otomatis. 

Baca selengkapnya disini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.