Sukses

Korban Tewas Akibat Tabrakan Dua Kereta di Yunani Jadi 36 Orang

Tabrakan antara kereta penumpang dengan kereta barang terjadi pada Selasa (28/2/2023) malam, di Tempi, Yunani tengah, dekat Kota Larissa.

Liputan6.com, Athena - Petugas masih mencari korban selamat pasca tabrakan langsung antara dua kereta di Yunani.

"Setidaknya 36 orang tewas ketika sebuah kereta penumpang yang membawa lebih dari 350 orang bertabrakan dengan kereta barang pada Selasa (28/2/2023) malam, di Tempi, Yunani tengah, dekat Kota Larissa," kata Dinas Pemadam Kebakaran Yunani seperti dilansir CNN, Rabu (1/3/2023).

Sementara itu, 66 orang dirawat di rumah sakit, dengan enam di antaranya berada di unit perawatan intensif.

Lembaga penyiaran publik milik negara ERT melaporkan bahwa dua kereta yang terlibat dalam tabrakan maut itu sedang berjalan di jalur yang sama selama beberapa kilometer sebelum insiden itu terjadi.

"Kereta penumpang berpindah jalur dan beralih ke jalur kargo sebelum bertabrakan dengan kereta barang," sebut ERT.

Menteri Kesehatan Yunani Thanos Plevris pada Rabu pagi mengatakan bahwa proses identifikasi korban telah dimulai.

"Seperti yang Anda pahami, ini adalah proses yang menakutkan bagi orang tua dan kerabat yang ada di sini. Kami akan membantu mereka semampu kami," ungkap Plevris di luar rumah sakit di Larissa.

Plevris mengakui terdapat sejumlah kesulitan dalam proses identifikasi. Dia menambahkan, "Mereka yang terluka berada dalam kondisi yang relatif baik."

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dilaporkan tengah menuju lokasi tabrakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Tewas Diperkirakan Bertambah

"Upaya pemulihan sedang dilakukan, dengan fokus pada gerbong pertama kereta penumpang," ungkap Dinas Pemadam Kebakaran Yunani.

Korban tewas pun diperkirakan akan bertambah.

Kereta penumpang tengah menempuh rute dari Athena ke Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani, ketika kecelakaan terjadi.

Juru bicara Dinas Kebakaran Yunani Vassilis Varthakogiannis mengatakan bahwa 194 penumpang telah dibawa dengan selamat ke Thessaloniki dan 20 orang dipindahkan dengan bus ke Kota Larissa.

"Setidaknya 150 petugas pemadam kebakaran termasuk unit penyelamatan khusus dengan 17 kendaraan dan 30 ambulans terlibat dalam operasi penyelamatan," tambah Varthakogiannis. "Semua tindakan petugas pemadam kebakaran yang beroperasi di lokasi dipusatkan pada tiga gerbong kereta pertama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.