Sukses

19 Film Rekomendasi Bagi Pecinta Dunia Jurnalistik, Spotlight Salah Satunya

Inilah pilihan film yang harus dilihat oleh semua penggemar jurnalisme berita.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman sekarang ini, calon jurnalis banyak belajar dari bentuk media lain, tidak hanya soal buku, atau teori. Mereka juga belajar melalui film-film yang berkaitan dengan dunia jurnalistik. Dalam artikel ini, Liputan6.com akan memberikan daftar film yang menggambarkan baik, dan buruknya jurnalisme.

Mulai dari penyamaran rahasia dan pertempuran di luar negeri, hingga permusuhan internasional dan pembunuhan berantai. Film-film ini menawarkan pandangan mendetail tentang industri jurnalisme dan orang-orang yang berusaha keras untuk menceritakan kisah-kisah penting mereka, yang dilansir dari decoder.com, Selasa (21/02/2023).

1. Spotlight (2015)

Film spotlight ini berdasarkan kisah nyata, di mana ada sebuah tim jurnalis investigasi di surat kabar AS The Boston Globe mengungkap pelecehan sistemik dan penganiayaan terhadap anak-anak di dalam Gereja Katolik dan Keuskupan Agung setempat. Memerangi birokrasi pemerintah, tekanan dari pejabat tinggi kota, kendala hukum, keyakinan agama pribadi dan kelelahan emosional sepanjang penyelidikan selama setahun, tim tetap teguh dalam mengejar kebenaran dan keadilan bagi para korban. 

2. All the President’s Men (1976)

Selain film Spotlight, film ini juga berdasarkan kisah nyata, yang menceritakan Carl Bernstein dan Bob Woodward, dua jurnalis investigasi yang meliput pembobolan di markas nasional Partai Demokrat AS, menemukan cerita yang jauh lebih besar. Sumber anonim bernama deep throat membagikan detail mengejutkan tentang pengawasan penyadapan, sabotase, dan penyalahgunaan kekuasaan yang mengarah langsung ke Gedung Putih.

3. Broadcast News (1987)

Film ini bercerita tentang Jane Craig, seorang produser berita penyiaran Amerika yang bekerja terlalu keras, merasa sakit hati dengan pergeseran industri dari jurnalisme yang keras ke cerita hiburan yang hampa. Kedatangan presenter berita Tom Grunnick menciptakan tantangan baru bagi Craig saat dia menemukan dirinya tertarik padanya, terlepas dari kekurangan profesionalnya, yang mengarah ke cinta segitiga di tempat kerja.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. The Year of Living Dangerously (1982)

Seorang koresponden asing pada tugas pertamanya, Guy Hamilton mendapati dirinya berada di Jakarta, Indonesia meliput penentangan yang meningkat terhadap Presiden Sukarno. Situasi memuncak ketika Hamilton mengungkap sebuah cerita yang bisa melambungkan kariernya tetapi membahayakan orang-orang terdekatnya.

5. The Post (2017)

Film ini berdasarkan kisah nyata, dengan bantuan orang dalam pemerintah AS, dua jurnalis menerbitkan dokumen rahasia pemerintah yang menguraikan keterlibatan AS dalam Perang Vietnam. Menanggapi rilis Pentagon Papers, perintah penahanan federal diajukan terhadap surat kabar tersebut dalam upaya untuk menghentikan perincian lebih lanjut agar tidak diketahui publik. 

6. The Killing Fields (1984)

Film ini juga berdasarkan kisah nyata, menceritakan seorang koresponden asing untuk New York Times, jurnalis Sydney Schanberg bekerja bersama penerjemah Kamboja dan jurnalis lokal Dith Pran selama perang Kamboja 1975 dan pembersihan "Tahun Pertama". Saat Khmer Merah mulai memusnahkan orang Kamboja yang "tidak diinginkan", Schanberg dan sesama jurnalis internasional berusaha menyelundupkan Pran ke luar negeri. 

7. Kill the Messenger (2014)

Wartawan berita Gary Webb dihubungi oleh Coral, seorang wanita yang mengklaim memiliki bukti bahwa pemerintah AS memfasilitasi perdagangan dan penjualan kokain untuk mendanai pemberontak Contra Nicaragua. Dengan bukti ini, Webb mulai mewawancarai pengedar narkoba, informan, dan pegawai pemerintah. Serangkaian tiga bagian dari temuannya diterbitkan, tetapi ketika karakternya dipertanyakan, begitu pula karyanya.

Berdasarkan kisah nyata.

3 dari 4 halaman

8. Shattered Glass (2003)

Wartawan Washington, D.C Stephen Glass berada di pusat skandal besar ketika terungkap bahwa banyak dari karyanya yang diterbitkan adalah palsu. Kemunculan Glass yang meroket, seorang dengan peraih prestasi yang tak henti-hentinya, terhalang ketika seorang jurnalis majalah Forbes memeriksa karyanya. 

Berdasarkan kisah nyata.

9. Goodnight and Goodluck (2005)

Sebuah tim jurnalisme penyiaran tahun 1950-an menggunakan program televisi mereka untuk membantah dan memprotes kampanye Senator AS Joseph Mc Carthy untuk menghilangkan kemiripan komunisme dari pemerintah. Saat warga AS menjadi sasaran dan diadili karena diduga memiliki hubungan komunis, tim terus melawan ketidakadilan melalui gelombang udara. 

Berdasarkan kisah nyata.

10. State of Play (2009)

Menyusul kematian mencurigakan seorang pria tunawisma dan kemudian asisten anggota Kongres AS, dua jurnalis mulai mengungkap petunjuk yang mengarah pada penutupan politik yang jauh lebih besar. Investigasi mereka mengarah ke perusahaan keamanan rumah swasta besar, dan jejak skema rahasia, operasi rahasia, dan pembunuh bayaran segera menyusul.

11.  Nightcrawler (2014)

Ketika pencuri kelas teri Lou Bloom menyaksikan kecelakaan mobil, dia melihat kru "stringer" berdesak-desakan untuk memfilmkan adegan itu dan memutuskan untuk mencoba menangkap konten yang layak diberitakan yang menggiurkan. Ketika dia mulai memalsukan adegan, merusak bukti dan menyabot orang lain, dia menggerakkan hasil yang mematikan.

12. Whiskey Tango Foxtrot (2016)

Bosan dengan kehidupan konvensionalnya, Kim Barker dengan sukarela melakukan perjalanan ke Kabul, Afghanistan untuk bekerja sebagai koresponden di depan kamera selama tiga bulan. Waktunya di zona perang mulai membelokkan rasa realitasnya, dan dilema etis mengganggu hati nuraninya. 

Berdasarkan kisah nyata.

4 dari 4 halaman

13. Capote (2005)

Saat meliput penyelidikan keluarga Kansas yang terbunuh, novelis Amerika Truman Capote mengembangkan hubungan emosional yang tak terduga dengan salah satu terdakwa. Sementara dia sangat membutuhkan kesimpulan dramatis untuk bukunya, wawancaranya dengan tahanan membuatnya berempati dengan pria yang hidupnya tergantung pada keseimbangan.

Berdasarkan kisah nyata. 

14. Frost/Nixon (2008)

Wartawan penyiaran Inggris David Frost mengatur wawancara empat bagian dengan mantan Presiden AS yang dipermalukan Richard Nixon. Bertekad untuk mendapatkan pengakuan tentang pengetahuan dan keterlibatannya dalam skandal watergate, Frost melibatkan Nixon dalam pertarungan kecerdasan, masing-masing orang membangun narasi strategisnya sendiri.

Berdasarkan kisah nyata.

15. Citizen Kane (1941)

Dengan nafas terakhirnya, Charles Foster Kane, sebuah penggabungan dan karikatur taipan media Amerika dunia nyata, mengucapkan kata "Rosebud". Seorang reporter memulai penyelidikan atas kematiannya dan dalam pencariannya menemukan kisah hidup Kane yang meyakinkan.

16. Zodiac (2007)

Sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an, San Francisco dicekam ketakutan saat zodiac killer mengejek polisi dan kantor berita lokal dengan panggilan telepon, surat, dan sandi. Dengan mengancam akan mengambil lebih banyak nyawa, pembunuh berantai mempertahankan ketenarannya dengan memaksa stasiun berita untuk menerbitkan pesan rahasianya. 

Berdasarkan kisah nyata.

17. Under Fire (1983)

Fotografer berita asing Russell Price meliput konflik di Nikaragua antara Presiden Somoza dan pemimpin pemberontak Rafael. Pemberontak memimpin Price ke sebuah garnisun di mana dia mengetahui bahwa Rafael telah terbunuh, tetapi para pemberontak meyakinkan Price untuk menyembunyikan pembunuhan tersebut dengan memalsukan gambar orang mati tersebut. Keberhasilan foto tersebut memicu dampak yang menyedihkan baik bagi upaya perang maupun integritas profesional Price.

18. Live from Baghdad (2002)

Pada musim panas 1990, CNN memilih penyiar berita asing Robert Wiener dan krunya untuk meliput invasi Irak ke Kuwait dan mengamankan wawancara dengan Saddam Hussein. Ketika Irak mengabaikan tenggat waktu PBB untuk mengevakuasi Kuwait, tim Wiener memasang empat kabel, saluran telepon pribadi ke markas CNN di Amerika Serikat, menjadi satu-satunya stasiun dengan tingkat komunikasi langsung.

19. The Paper (1994)

Editor berita yang terlalu banyak bekerja, Henry Hackett, menemukan sebuah penyamaran yang dapat menghancurkan kehidupan dua remaja tak bersalah yang dituduh melakukan pembunuhan. Obsesi Hackett yang semakin besar terhadap kasus tersebut membawanya, dan orang-orang terdekatnya ke jalan berbahaya yang bisa menjadi kesempatan terakhir untuk menyelamatkan anak laki-laki yang dituduh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.