Sukses

Sebelum Jadi Transgender Cantik, Nong Poy Sempat Benci Alat Kelaminnya Sendiri

Treechada Petcharat atau Nong Poy mengaku bahwa dirinya sempat benci dengan alat kelaminnya sendiri sebelum ia melakukan operasi transgender menjadi perempuan cantik.

Liputan6.com, Phuket - Treechada Petcharat atau lebih dikenal sebagai Nong Poy, menjadi perbincangan media sosial setelah mengumumkan di Instagram pribadinya bahwa ia akan menikah dengan konglomerat asal Thailand, Oak Phakwa Hongyok.

Nong Poy terkenal karena ia merupakan seorang perempuan transgender yang dijuluki sebagai yang tercantik di dunia.

Di negara asalnya, Thailand, Nong Poy menjadi ikon kesuksesan transgender yang bisa diterima di masyarakat. Ia juga bergelut di dunia entertainment cukup sukses sebagai aktris dan model.

Kisah masa kecil Nong Poy pun menjadi perhatian. Sebelum Nong Poy melakukan operasi menjadi perempuan, ia mengaku sempat membenci melihat alat kelaminnya sendiri.

Terlahir sebagai laki-laki, tetapi sejak usia muda, Nong Poy selalu merasa dirinya adalah perempuan.

Melansir dari News Beezer, Sabtmengaku u (11/2/2023), Nong Poy dari kecil suka berdandan dan bermain dengan mainan anak perempuan.

Di masa pubertas, Nong Poy merasa bahwa dirinya seharusnya adalah perempuan, bukan laki-laki.

"Di depan orang tua saya, saya harus berpura-pura menjadi laki-laki. Saya benci alat kelamin laki-laki," ungkap Nong Poy.

Awalnya orang tua Nong Poy tidak setuju dengan niat anaknya tersebut, tetapi dokter dan psikolog bersimpati dengan Nong Poy dan menyarankannya untuk segera dioperasi.

Melihat tekad operasi Nong Poy begitu kuat, orang tua pun lambat laun berubah pikiran.

Akhirnya Nong Poy memilih kebahagiaannya sendiri setelah bertarung dengan dirinya sendiri. Ia memutuskan untuk melakukan operasi kelamin di usia yang masih tergolong muda yakni 17 tahun. Ia saat itu masih bersekolah.

"Saya tidak akan pernah berpikir itu adalah proses konversi yang salah, jadi saya tidak merasa sakit," kata Nong Poy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beberapa Fakta Unik tentang Nong Poy

Pada usia 19 tahun, Nong Poy pernah memenangkan gelar Miss Tiffany's Universe pada 2004. Kemudian di tahun yang sama, ia menjadi Miss International Queen.

Ini adalah kontes perempuan transgender terbesar di dunia di mana para pesaingnya berasal dari berbagai negara.

Nong Poy juga pernah mencoba karirnya di industri film. Ia pun memulai debutnya sebagai aktris pada 2010 di film "With Love". Lalu, ia bermain di "The White Storm", "Insomnia Lover", "Witch Doctor", dan lainnya.

Tidak hanya memfokuskan diri ke dunia entertainment dan kecantikan, Nong Poy ternyata juga seorang ilmuwan yang saat ini bekerja dengan BIOMT.

Ia melakukan penelitian dan pengembangan produk inovatif dalam ilmu molekuler. Tempatnya meneliti memiliki pengalaman di berbagai bidang seperti bio-molekul, industri makanan, apoteker, rekayasa genetika, dan sebagainya.

Nong Poy juga ternyata seorang penggemar olahraga sepeda, yang dibuktikan dengan unggahan Instagram-nya. Nong Poy kerap bersepeda di Skylane Suvarnabhumi, yang merupakan jalur sepeda sintetis sepanjang 23,5 kilometer.

 

Baca selebihnya di sini...

3 dari 4 halaman

Perempuan Transgender Thailand Lainnya

Tidak hanya Nong Poy, masih ada perempuan transgender lainnya di Thailand yang populer dan cantik.

Woranun "Frame" Nalaworasakul adalah salah satunya. Ia pernah menghebohkan media sosial saat mengikuti wajib militer.

Penampilannya yang imut dan lugu membebaskan Frame dari dinas militer, tetapi ia mendapatkan banyak wawancara di TV Thailand.

Seorang transgender dengan latar belakang jurusan seni komunikasi, Frame yang berbakat menghasilkan serangkaian film pendek berjudul "Crazy Love" yang dibintangi oleh idola internet sebagai salah satu aktornya.

Ada juga Chananchida "Blossom" Rungpetcharat.

Blossom pernah berkompetisi di The Face Thailand Season 3, tetapi sayangnya tidak berhasil masuk ke salah satu dari tiga tempat teratas yang didambakan.

Namun, sebelum kompetisi itu, Blossom telah memukau para penggemar dan memenangkan hati sebagai runner-up pertama dalam kontes transgender paling bergengsi di Thailand, yakni Miss Tiffany's Universe pada 2013.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Pahami Transgender Lebih Dalam Lagi

Bicara soal Nong Poy dan perempuan transgender, mari telisik lebih jauh terkait transgender.

Arti dari kata 'transgender' mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Padahal, istilah ini telah dibicarakan oleh banyak orang dan menjadi topik diskusi di mana-mana. Transgender berkaitan dengan sikap seseorang terhadap gender mereka sendiri.

Transgender juga kerap kali dibahas dengan istilah lainnya seperti transeksual. Namun, penyebutan transgender lebih umum digunakan dalam masyarakat. Kamu juga perlu memahami makna dari istilah lainnya seperti transpuan, trans laki-laki, dan non-biner.

Transgender artinya seseorang merasa gendernya tidak sesuai dengan jenis kelamin saat lahir. Misalnya, seorang perempuan transgender terlahir dengan jenis kelamin laki-laki, tetapi orang tersebut merasa dirinya lebih terhubung sebagai seorang perempuan.

Sementara transpuan adalah transgender perempuan atau orang yang terlahir dengan alat reproduksi laki-laki, tetapi mengidentifikasi diri sebagai perempuan. Transpuan ini sering juga dikenal dengan sebutan waria.

Kemudian, orang dengan identitas gender tidak masuk dalam kategori pria atau perempuan disebut dengan non-biner atau genderqueer. Selain bukan termasuk pria atau perempuan, beberapa orang non-biner juga merasa ia adalah kombinasi antara laki-laki dan perempuan.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.