Sukses

Berapa Kali Anda Bisa Kenakan Pakaian Sebelum Dicuci? Begini Tanggapan Ahli

Beberapa dari kita mungkin ada yang memakai pakaian berulang kali karena nyatanya belum kotor. Namun, ada yang langsung mencucinya meskipun baru dipakai beberapa jam. Begini tanggapan para ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang ada yang memilih untuk memakai ulang pakaiannya beberapa kali karena belum kotor. Namun, ada yang langsung mencucinya meskipun baru dipakai sekali.

Jadi, bagaimana sebaiknya?

Berapa kali waktu yang tepat untuk mengenakan pakaian tanpa mencucinya, sering kali lebih didasarkan pada preferensi tiap individu atau asuhan seseorang dari kecil daripada nasihat profesional.

Namun, bagaimana dengan tanggapan para ahli terkait ini?

Melansir dari CNN Health, Kamis (9/2/2023), jawabannya adalah bergantung pada aspek pribadi seperti tingkat keringat dan gaya hidup, meskipun bagi banyak orang lainnya, faktor yang lebih abstrak mungkin ikut berperan, kata para ahli.

Keyakinan manusia tentang kebersihan pakaian sebagian besar karena sosial dan budaya, kata Dr. Anthony Rossi, asisten dokter kulit di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York, Amerika Serikat (AS) dan anggota dari American Academy of Dermatology.

"Orang-orang cenderung terlalu sering mencuci dan 'terlalu higienis', karena terutama di Amerika, kami memiliki kemewahan untuk dapat melakukan semua itu sepanjang waktu," jelas Rossi.

Menurut Manal Mohammed, dosen senior mikrobiologi medis di University of Westminster di London, Inggris, mngenakan kembali pakaian yang sama terutama pada hari-hari berturut-turut, berkaitan dengan menghindari kelelahan pengambilan keputusan, sehingga mengenakan pakaian yang sama melibatkan lebih sedikit pengambilan keputusan dan lebih sedikit stres setiap harinya.

Tidak tahu kapan harus mencuci pakaian dapat menimbulkan konsekuensi pada kedua ujung spektrum. Mencucinya terlalu jarang dapat menyebabkan masalah kulit atau infeksi, dan terlalu sering mencucinya dapat merusak pakaian Anda. Yang terakhir juga dapat mengakibatkan cucian yang tidak perlu dan penggunaan sumber daya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Item Paling Penting yang Harus Dicuci

Tidak ada aturan pasti berapa kali Anda boleh mengenakan pakaian lagi, tetapi para ahli mengatakan ada beberapa jenis pakaian yang harus dicuci setelah digunakan, yakni pakaian dalam, kaus kaki, celana ketat, legging, dan pakaian olahraga.

Nasihat ini juga berlaku untuk pakaian lain yang terkena noda, keringat, bau, atau kotoran yang terlihat, kata Manal Mohammed.

Jenis pakaian tersebut ada di "bagian tubuh kita yang memiliki banyak bakteri alami yang hidup di tubuh kita, seperti microbiome, (ragi) dan bakteri", kata Dr. Anthony Rossi.

"Kemudian dari aktivitas sehari-hari, kita berkeringat. Itu hanya menghasilkan kelembapan dan lingkungan tempat bakteri ini dapat tumbuh terlalu cepat," lanjutnya.

Rossi juga menambahkan bahwa pertumbuhan bakteri yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi, jamur, dan masalah kulit lainnya.

Selain bakteri dari keringat, pakaian yang dikenakan di pusat kebugaran atau olahraga dapat bersentuhan dengan bakteri seperti Staphylococcus aureus, yang mengakibatkan infeksi yang umum terjadi di komunitas dan rumah sakit. Infeksi tersebut bisa menjadi serius jika memasuki jaringan internal atau aliran darah.

Beberapa orang mungkin membiarkan pakaian olahraga mereka mengering melalui udara atau pengering, dengan maksud membuatnya aman untuk dipakai lagi keesokan harinya. Namun, pendekatan itu membuat situasi semakin buruk.

"Panas akan membuat bakteri tumbuh. Tidak cukup panas untuk mensterilkannya," ucap Rossi.

"Ini benar-benar mencuci dengan sabun dan air, dan terutama dengan air panas, karena itu akan membantu melonggarkan kotoran dan sebum itu dan benar-benar menghilangkan bakteri."

Mengenai mengapa Anda tidak boleh memakai kaus kaki lagi tanpa mencuci terlebih dahulu, infeksi jamur pada kaki dan jari kaki dapat merajalela, kata Dr. Jeremy Fenton, direktur medis untuk Schweiger Dermatology Group di New York dan instruktur klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai.

"Di dalam sepatu kita adalah lingkungan yang sempurna untuk membiakkan jamur. Panas, lembab, gelap."

Karena itu, sepatu atau sol sepatu harus dicuci di mesin cuci minimal sebulan sekali.

3 dari 4 halaman

Item Apa Saja yang Bisa Dipakai Ulang?

Untuk piyama, pakaian luar, celana jin, dan pakaian lainnya, berapa kali Anda dapat memakainya tanpa mencuci didasarkan pada prinsip yang sama untuk pakaian dalam atau pakaian aktif.

"Mengenai celana dan baju Anda, saya pikir itu semua adalah tingkat kenyamanan dan seberapa banyak Anda berkeringat sepanjang hari," kata Dr. Anthony Rossi.

"Banyak orang memakai kaus dalam. Kaos dalam akan menjadi sesuatu untuk dicuci, sedangkan baju atasan Anda sebenarnya tidak perlu dicuci," lanjutnya.

Jika Anda tidak memakai pakaian dalam, Anda perlu mencuci pakaiannya sebelum memakainya kembali karena bersentuhan dengan kulit kelamin, je;as Rossi.

Jika Anda biasanya mandi sebelum tidur, mengenakan pakaian dalam dan sedikit berkeringat saat mengenakan piyama, Anda bisa memakainya selama seminggu tanpa dicuci, kata para ahli. Namun, bila Anda tidak melakukan hal-hal ini, Anda harus mencucinya setiap saat.

Pakaian luar seperti mantel atau jaket, biasanya tidak perlu dicuci lebih dari satu kali dalam sebulan karena tidak menyentuh kulit.

"Kalau dipakai setiap hari, mungkin mencucinya dua minggu sekali," usul Rossi.

Seberapa sering mencuci celana jin juga bisa menjadi topik hangat. Sebab, banyak orang ingin menjaga keutuhan kain yang biasanya lebih kaku dan lebih tahan lama dibandingkan yang lain.

Bila celana jin tidak berkeringat, kotor atau ternoda, maka tidak perlu sering dicuci.

"Saya pribadi tidak mencuci celana jin saya terlalu sering," ucap Rossi.

Mohammed merekomendasikan mencuci celana jin setiap bulan, tetapi lagi-lagi, itu bergantung pada gaya hidup dan lingkungan Anda.

"Jika seseorang memberi tahu saya bahwa mereka mengenakan celana jin mereka selama berbulan-bulan dan tidak mencucinya dan mereka tidak memiliki masalah dengan kulit atau bau, saya rasa tak ada masalah sama sekali," kata Dr. Jeremy Fenton.

Menurut para ahli, ada pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri saat mempertimbangkan apakah akan mengenakan sesuatu lagi tanpa mencuci: Apakah baunya? Apakah saya memiliki kondisi kulit, seperti eksim, ruam, atau lesi kulit? Apakah terlihat kotor? Apakah berkeringat? Apakah saya memakai pakaian dalam dengan ini?

"Poin utamanya adalah jawabannya akan sangat bervariasi," kata Fenton.

4 dari 4 halaman

Tips Cuci Pakaian Dalam Agar Tak Mudah Rusak

Tidak semua orang mengikuti petunjuk perawatan pada pakaian yang telah diberikan oleh para produsen. Ini mungkin yang menjadi salah satu alasan mengapa kemeja baru yang baru dibeli terlihat jelek saat sudah dicuci.

Hal ini juga terjadi pada pakaian dalam yang Anda miliki. Mereka juga memiliki tata cara saat dibersihkan.

Ada dua tips terbaik untuk menjaga pakaian dalam dengan kondisi optimal, yakni mencucinya segera setelah digunakan dan mencucinya dengan tangan.

Saat baju renang terkena tabir surya, keringat, dan bahan kimia, itu merusak elastisitas spandeks: Klorin sebenarnya bisa menguning.

Mencucinya di mesin cuci, bagaimanapun, adalah pilihan yang buruk, karena bahannya mungkin tidak bertahan saat proses pengeringan.

Sebagai gantinya, rendam dalam air dingin selama 30 menit untuk menghilangkan keringat dan bahan kimia, lalu rendam kedua dengan sedikit deterjen, sekitar satu sendok teh. Cuka putih juga bisa digunakan. Pastikan untuk membalik setelan pakaian dalam dari dalam ke luar.

Setelah membilas, peras kelebihan air dan biarkan pakaian dalamnya mengering. Jangan digantung, karena dapat meregangkan serat. Letakkan saja di area terbuka.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.