Sukses

Volodymyr Zelensky Hadir Virtual di KTT G20, Desak Pemimpin Dunia Bantu Akhiri Invasi Rusia ke Ukraina

Presiden Ukraina mendesak diakhirinya invasi dari Rusia, dan disampaikan di depan para pemimpin dunia.

Liputan6.com, Denpasar - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memberikan pidatonya di KTT G20, yang disampaikan secara virtual. 

Satu hal yang menjadi poin utamanya adalah tentang desakan kepada negara G20 untuk membantu mengakhiri krisis perang yang terjadi antara Ukraina dengan Rusia

"Saya ingin perang Rusia yang agresif ini berakhir dengan adil dan berdasarkan Piagam PBB dan hukum internasional. Bukan "entah bagaimana" - menurut rumusan yang tepat dari Sekjen PBB Antonio Guterres," ujarnya tegas lewat video yang ditampilkan di hadapan para pemimpin dunia pada KTT G20, Selasa (15/11/2022). 

Ia juga mengatakan bahwa Ukraina merupakan negara yang berkompromi dengan kedaulatan, wilayah, dan kemerdekaannya.

"Kami menghormati aturan dan kami adalah orang-orang yang menepati kata-kata kami," katanya. 

"Ukraina selalu menjadi pemimpin dalam upaya pemeliharaan perdamaian, dan dunia telah menyaksikannya. Dan jika Rusia mengatakan bahwa mereka ingin mengakhiri perang ini, biarkan mereka  membuktikannya dengan tindakan," sambungnya lagi. 

Bahkan lebih lanjut, Zelensky menyampaikan bahwa Ukraina menjadi penipu jika tidak membuktikannya dengan tindakan.

"Jika tidak ada tindakan nyata untuk memulihkan perdamaian, itu berarti bahwa Rusia hanya ingin menipu kalian semua lagi, menipu dunia dan membekukan perang tepat ketika kekalahannya menjadi sangat penting," tambah Zelensky. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi dan Presiden Erdogan Bahas Solusi Damai Konflik Rusia-Ukraina

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). Jokowi menyampaikan apresiasi kepada Turki yang terus berkontribusi agar G20 tetap dapat bekerja.

Sebagai dua pemimpin dunia yang sama-sama menaruh perhatian kepada upaya penyelesaian konflik Rusia-Ukraina, kedua presiden juga bertukar pikiran mengenai apa yang dapat dilakukan bersama untuk mencari solusi damai dan untuk mencegah dampak negatifnya secara global. Khususnya, terhadap keamanan pangan dan energi.

3 dari 4 halaman

Ekonom: Perang Rusia-Ukraina Harus Dibahas dalam KTT G20 Bali

Pakar ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal, mengatakan selain tiga isu prioritas yang dibahas dalam KTT G20, juga ada isu yang seharusnya penting dibicarakan yakni terkait perang Rusia-Ukraina.

“Juga menjadi topik seharusnya dibicarakan meskipun tidak secara ekspilist karena topiknya sensitif, yaitu perang antara Rusia dan Ukraina. Bagaimana pun kalau kita bicara bisnis, inikan suatu hal yang sifatnya universal ada kepentingan ekonomi disitu,” kata Fithra Faisal kepada Liputan6.com, Selasa (14/11/2022).

4 dari 4 halaman

Kontribusi G20

Menurutnya, ketika melihat kondisi geopolitik Rusia-Ukraina, seharusnya negara-negara G20 atau pelaku bisnis yang ada di G20 turut berkontribusi untuk mendamaikan kedua negara tersebut jika memang pendekatan lewat negara atau institusi itu sulit.

“Bagaimana kalau orang-orang bisnis terlihat disitu. Mungkin pendekatan business to business di G20 ini bisa membuat tensinya mereda,” ujarnya.

Di sisi lain, mungkin orang-orang kaya asal Rusia ada yang sudah tertekan dan bisa diajak untuk berdiskusi demi kelangsungan ekonomi jangka panjangnya. Karena jika begini terus akan berdampak luas terhadap kepentingan ekonomi bagi Rusia-Ukraina maupun ekonomi seluruh negara.

“Siapa tahu orang-orang kaya Rusia yang sudah mulai tertekan juga itu bisa diajak ngobrol secara langsung dan tidak langsung, bagaimanapun mereka punya kepentingan ekonomi,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.