Sukses

Anne Hathaway Hadir Virtual di KTT B20 Bali, Suarakan Kesetaraan Gender untuk Dunia Lebih Baik

Anne Hathaway tegas soal pentingnya keterlibatan perempuan di dunia.

Liputan6.com, Denpasar - Aktris ternama Anne Hathaway hadir secara virtual dalam pertemuan KTT B20 Bali pada Senin (14/11/2022). Sebagai Goodwill Ambassador for UN Women, ia tegas soal kesetaraan gender dan perempuan yang tidak pernah jadi prioritas.

Bahkan, ia menyebut bahwa butuh waktu hingga 300 tahun lagi untuk mencapai kesetaraan gender. 

"Kemajuan bagi perempuan dan anak perempuan adalah kebalikan yang dramatis di banyak negara, hak dan kebebasan yang dialami perempuan dan anak perempuan untuk bekerja, untuk belajar, membuat pilihan atas tubuh mereka, tiba-tiba dicabut," ujarnya dalam salah satu panel di B20 Summit pada Senin (14/11/2022). 

Situasinya pun diperparah oleh pandemi COVID-19 yang rupanya memberi dampaik lebih bagi wanita. 

"Ada intensifikasi menakutkan dari kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan. Ancaman lain terhadap keselamatan perempuan adalah hilangnya peluang ekonomi secara seismik," sambungnya. 

Anne menyebutkan bahwa wanita kehilangan pekerjaan dengan tingkat yang lebih cepat daripada pria dan telah keluar dari dunia kerja lebih lama.

"Dan sekarang ketika harga bahan bakar dan pangan naik secara global, di tengah keadaan darurat iklim dan pendapatan perempuan yang kompleks dari militer, serta kontribusi mereka terhadap kesuksesan bisnis dan pemulihan pasar menjadi lebih penting dari sebelumnya. Ironisnya, pandemi juga menunjukkan kepada kita betapa kemajuan masa depan kita bergantung pada keterampilan dan kepemimpinan perempuan," sambungnya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tawarkan Solusi

Pada kesempatan itu, dia juga mengungkapkan beberapa hal rekomendasi yang dinilai bisa menjadi solusi. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diwakilinya mendorong penerapan solusi tersebut.

Di antaranya memprioritaskan penciptaan lapangan kerja yang ramah keluarga, di mana mencakup juga jam kerja yang fleksibel dengan menyediakan cuti melahirkan berbayar. Ditambah lagi, adanya fasilitas penitipan anak di rumah.

"Ini adalah saat ketika kita harus segera bertindak tidak hanya untuk memulihkan apa yang telah hilang bagi perempuan dan anak perempuan, tetapi juga untuk mengakhiri status quo yang berbahaya, yang membuat ketidaksetaraan terus berkembang. Taruhannya tidak bisa lebih tinggi. Dunia bukan hanya wanita. Ini solusi inovatif lebih dari sebelumnya," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Inklusivitas

Menurutnya, mengoptimalkan inklusivitas adalah kesempatan terbaik untuk sukses. Dia ingin kelompok perempuan memiliki kelas yang setara, termasuk di sektor pekerjaan.

"Saya mendorong Anda untuk menempatkan perempuan di jantung pertumbuhan dan pemulihan ekonomi. Jadilah arsitek masa depan yang lebih baik dengan melakukan apa yang belum pernah dilakukan orang lain secara efektif sebelumnya. Prioritaskan wanita untuk kebaikan semua," pungkas Anne Hathaway.

4 dari 4 halaman

Ingin Libatkan Peran Perempuan Lebih Banyak

Anne pun juga mendorong para peserta yang hadir untuk lebih melibatkan wanita dalam dunia.

"Situasinya pun kini mendesak Anda menempatkan perempuan di jantung pertumbuhan dan pemulihan ekonomi," katanya.

Dalam penutupnya, ia mengatakan bahwa keterlibatan perempuan yang lebih banyak akan membuat dunia jadi lebih baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.