Sukses

Joe Biden Tiba di Bali untuk KTT G20, Begini Reaksinya Saat Disambut Sandiaga Uno

Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Bali pada Minggu malam (13/11/2022) untuk menghadiri KTT G20.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah tiba di Bali dalam rangka menghadiri KTT G20 yang akan digelar pada 15-16 November mendatang. 

Biden tiba dengan pesawat kepresidenan AS, Air Force One di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, pada Minggu (13/11/2022). 

Setibanya di Bali, Biden disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno. Mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menparekraf menyambut presiden AS dengan pertunjukkan tarian Bali yang meriah. 

"Mewakili Bapak Presiden Republik Indonesia @jokowi, saya menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat @joebiden. Dengan meriah tari pendet dipertunjukkan. Dibawakan dengan sangat apik oleh Sanggar Badung Denpasar," tulis Sandiaga Uno di laman Instagram-nya, dikutip Senin (14/11/2022).

Sandiaga Uno mengungkapkan, Biden turut senang dan menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diterimanya. 

"Amazing, splendid, wonderful! ungkap Presiden Biden sebagai rasa terima kasih kepada para penari Bali," bebernya. 

Selain itu, Menparekraf juga menyampaikan pihaknya berharap kunjungan Presiden AS ke Indonesia juga bisa menghasilkan kerjasama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Demi terciptanya lapangan kerja dan mempercepat kepulihan ekonomi, kami atas nama pemerintah dan Bangsa Indonesia berharap akan lebih banyak kunjungan dan juga kerjasama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Sandiaga Uno.

"Bukan hanya kunjungan wisatawan Amerika Serikat yang meningkat, tapi juga produk ekonomi kreatif kita bisa dinikmati, terutama produk fesyen, kuliner dan kerajinan tangan," sambungnya.

"Selamat menikmati keindahan Pulau Dewata Bali selama KTT G20. Welcome to Wonderful Indonesia!," tutup dia.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi: Joe Biden dan Xi Jinping Konfirmasi Hadiri KTT G20

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan perkembangan terbaru terkait persiapan KTT G20 di Bali. Jokowi telah tiba di Bali usai kunjungan kerjanya di Kamboja dalam KTT ASEAN.

Menurut Jokowi, segala persiapan sudah matang. Selain itu kabar menggembirakan adalah soal kehadiran 17 kepala negara dari total 20 dalam keanggotaan G20.

"KTT G20 saya sudah dapat laporan 17 kepala negara hadir, ini sangat menggembirakan di masa sulit seperti ini. Apalagi Presiden Joe Biden (Amerika Serikat) dan Presiden Xi Jinping (China) akan hadir," kata Jokowi melalui siaran pers daringnya di Bandara Ngurah Rai Bali, Minggu malam (13/11/2022).

Jokowi berjanji, Indonesia akan membawa solusi untuk kebaikan atas krisis global dan pemulihan ekonomi pasca pandemi selama forum KTT G20 berlangsung.

Sebab, secara simbolik melalui tangan Jokowi, saat ini Indonesia juga sudah secara resmi memegang tanggung jawab sebagai ketua dari KTT ASEAN dari Kamboja. Dengan demikian, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah perhelatan senada yang akan dilangsungkan tahun 2023.

3 dari 4 halaman

Di Sela KTT G20 Joe Biden dan Xi Jinping Bakal Bertemu, Ini Fokus yang Akan Dibahas

Sejumlah pemimpin dunia bakal bertemu di sela-sela KTT G20 di Bali. Salah satunya adalah Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

"Presiden AS Joe Biden akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping 14 November mendatang di sela-sela KTT G20 di Bali," kata Gedung Putih Kamis 10 November 2022 seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (11/11/2022). 

Gedung Putih mengatakan ini adalah pertemuan tatap muka pertama setelah Joe Biden menjadi presiden.

"Para pemimpin akan mendiskusikan upaya untuk menjaga dan memperdalam jalur komunikasi, juga untuk "mengelola persaingan secara bertanggung jawab dan bekerja sama di mana kepentingan kita selaras, terutama pada tantangan transnasional," ungkap Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean Pierre dalam sebuah pernyataan.

Kedua pemimpin sebelumnya pernah bertemu sebelum Biden menjadi presiden. Mereka telah beberapa kali berkomunikasi melalui sambungan telepon dalam 22 bulan terakhir, namun pandemi COVID-19 dan keengganan Xi Jinping untuk bepergian ke luar negeri membuat mereka tak pernah bertemu secara langsung.

Pertemuan di sela-sela KTT di Bali itu dilakukan setelah Xi mencetak sejarah pada bulan lalu dengan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China untuk masa jabatan ketiga, yang otomatis membuatnya juga menjadi presiden China untuk periode ketiga.

Sementara itu, Joe Biden dapat menghadapi perjalanan yang lebih sulit selama dua tahun ke depan setelah pemilu paruh waktu Selasa lalu kemungkinan membuat Partai Republik merebut kendali salah satu atau justru kedua majelis Kongres AS.

4 dari 4 halaman

Pilih Gunakan Mobil The Beast

Joe Biden rupanya memilih untuk menggunakan mobil dinas kepresidenan AS bernama The Beast. Mobil ini juga disinggung-singgung sebagai kendaraan paling aman di dunia. Dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, mobil ini dapat menahan serangan bom yang menghancurkan dan bahkan tembakan senjata api.

Pintu berlapis baja setebal 8 inci - sama seperti Boeing 737 - dan disegel untuk menahan serangan biologis dan kimia. Jendelanya terbuat dari lima lapis kaca polikarbonat. Kamera pengintai malam hari terdapat di dalam grill, sementara ban diperkuat dengan kevlar dan dapat berjalan di atas velg bajanya.

Kendaraan besar ini, yang juga dikenal sebagai Cadillac One, bahkan lebih panjang dari dua SUV besar dan dicat hitam untuk menyamarkan rangkaian fitur keamanan berteknologi tinggi yang rumit.

Limusin Biden adalah model yang dipesan lebih dahulu yang dikirim pada tahun 2018 dan dibangun di atas sasis General Motors TopKick yang biasanya digunakan untuk kendaraan komersial seperti truk kecil. Armornya dikatakan terdiri dari aluminium, keramik, dan baja.

Kaca depan depan dapat menahan peluru yang menembus lapis baja atau .44 magnum dan bodyworknya kelas militer dan setebal 5 inci.

Undercarriage yang diperkuat dapat menahan bom di tepi jalan dan tangki bahan bakarnya tahan ledakan. Ada tujuh kursi: dua di depan untuk agen Secret Service dan empat di belakang.

Hanya jendela sisi pengemudi yang bisa dibuka dan di bagasi terdapat kotak darah Presiden untuk transfusi darurat. Tentu spesifikasi yang disebutkan tersebut hanya segelintir saja yang boleh diketahui oleh publik. Terdapat beragam fitur penting yang dirahasiakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.